Home » Sumber informasi » Kaleidoskop 2019: Daftar Mobil Terbaru yang Meluncur Sepanjang Tahun (Part II)

Kaleidoskop 2019: Daftar Mobil Terbaru yang Meluncur Sepanjang Tahun (Part II)

Jakarta – Melanjutkan artikel Kaleidoskop Carmudi 2019 part I, berikut ini adalah rangkuman keduanya. Terdapat beberapa mobil terbaru pada 2019 yang mengalami penyegaran, pembaruan minor, maupun berstatus all-new di semester II yang dimulai pada Juli.

Juli

Audi Q8 akan dibekali mesin 3.0 liter TFSI dan disandingkan dengan motor elektrik.
  1. Pada 18 Juli – 28 Juli 2019, digelar ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang. Audi menghadirkan Q8, mobil dengan bodi bongsor yang masuk ke segmen Sport Utility Vehicle (SUV). Mobil ini telah dibenamkan mesin tipe V6 berkapasitas 3.000 cc.
  2. Produsen kendaraan mewah, BMW menghadirkan 330i M Sport di ajang GIIAS 2019. Sebelumnya, mobil ini sudah pernah diperkenalkan ke media. Produk baru BMW lainnya yang dipamerkan yaitu dua varian Seri 5, 520i dan 530i M Sport. BMW 330i M Sport dijual seharga Rp979 juta, 520i Rp1 miliar, dan 530i M sport seharga Rp1,2 miliar.
  3. DFSK juga turut memamerkan mobil terbarunya di ajang GIIAS 2019, yaitu Glory i-Auto yang merupakan varian tertinggi dari Glory 560. Mobil ini sendiri sudah dibekali teknologi terbaru i-Talk yang merupakan sistem perintah suara (voice command).
  4. Tidak ketinggalan, Honda memamerkan kedua mobil terbarunya, yakni Accord Turbo dan HR-V Mugen di GIIAS 2019. Accord Turbo telah dibenamkan mesin 1.500 cc turbo. Sedangkan, HR-V Mugen disematkan berbagai aksesori baru pada front under spoiler, side under spoiler, rear under spoiler, serta tailgate spoiler.
  5. Satu-satunya produsen otomotif asal Korea Selatan yang hadir di GIIAS 2019, Hyundai merilis varian H-1 Royale Limited Edition. Varian ini telah dilengkapi bodi kit dengan aksentuasi krom.
  6. Masih di ajang yang sama, Isuzu juga ikut menghadirkan MU-X dengan wajah terbaru. Selain itu, Isuzu juga memperkenalkan varian i-Series, S-Series, dan Z-Series untuk menggantikan varian lama Premiere dan Royale.
  7. Eurokars Motor Indonesia (EMI) meluncurkan Mazda3 generasi terbaru di GIIAS 2019. Mobil ini tersedia dua pilihan bodi, hatchback dan sedan. Pihak EMI mengumumkan hatchback ini dijual seharga Rp489,8 juta, sedangkan model sedannya dibanderol seharga Rp538,8 juta.
Mini 5 Door.
  1. Mini turut menghadirkan model 3 Door dan 5 Door untuk merayakan ulang tahun ke-60 Mini. Harganya, Cooper 3 Door 60 Years Edition dibanderol Rp615 juta, Cooper S 3 Door 60 Years Edition Rp785 juta, dan Cooper 5 Door 60 Years Edition seharga Rp645 juta.
  2. Model terbaru yang sebelumnya sudah diperkenalkan oleh Mitsubishi, yaitu Eclipse Cross, Outlander PHEV, dan New Triton akhirnya diluncurkan di GIIAS 2019. Selain itu, pihak Mitsubishi juga menghadirkan varian terbatas Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition.
  3. Pada acara yang sama, Nissan Motor Indonesia meluncurkan X-Trail terbaru. Mobil berkapasitas 7 penumpang ini kini memiliki fitur Nissan Intelligent Mobility yang termasuk di dalamnya adalah Intelligent Cruise Control, Forward Collision Warning, dan lainnya.
  4. Secara resmi, Maxindo Renault Indonesia juga meluncurkan Triber ke publik di GIIAS 2019. Mobil ini dibenamkan mesin 3-silinder 1.000 cc dengan tenaga 72 Hp dan torsi 96 Nm.
  5. Setelah ditunggu-tunggu, generasi keempat dari Jimny akhirnya dirilis. Ada empat tipe yang ditawarkan, yaitu single tone M/T seharga Rp315,5 juta, two tone M/T Rp317,5 juta, single tone A/T Rp328 juta, dan tipe termahal two tone A/T seharga Rp330 juta.
  6. Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan tiga mobil terbaru di GIIAS 2019, yaitu generasi baru dari mobil sport legendaris GR Supra, Fortuner TRD Sportivo dengan desain terbaru, dan mobil komersial HiAce terbaru.
  7. Selain meluncurkan Audi Q8, Garuda Mataram Motor juga meluncurkan Volkswagen Tiguan Allspace terbaru berkapasitas 7 penumpang di GIIAS 2019. Tiguan varian lima penumpang pun yang dijual sebelumnya tidak lagi ditawarkan. Tiguan Allspace dijual seharga Rp533 juta OTR (off the road).
  8. Produsen otomotif asal Cina, Wuling Indonesia, secara resmi memperkenalkan Almaz berkonfigurasi 7-seater. Mobil ini juga sudah dibekali teknologi perintah suara Wind (Wuling Indonesian Command).

Agustus

New Range Rover Evoque (Foto: Santo/Carmudi)
  1. Pada awal Agustus 2019, PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) selaku distributor Jaguar Land Rover di Indonesia meluncurkan mobil SUV mewah terbarunya, yaitu All New Range Rover Evoque. Mobil ini dibanderol seharga Rp 1,7 miliar OTR.
  2. Tidak ketinggalan, Prestige Motorcars sebagai distributor kendaraan listrik di Tanah Air meluncurkan mobil terbaru, yaitu Tesla Model 3. Mobil tersebut telah disematkan fitur canggih seperti kemampuan autopilot.

September

Mobil listrik Wuling E100 (Foto: Wuling)
  1. Indonesia Electric Motos Show (IEMS) diselenggarakan pada 4-5 September 2019. Wuling Motors turut hadir dengan memamerkan Wuling E100 dan E200. Keduanya mengandalkan motor listrik dengan baterai lithium ion yang menghasilkan daya maksimal 29 kW dan torsi 110 Nm.
  2. Selain Wuling, Volkswagen ikut hadir pada acara IEMS 2019 dan menampilkan mobil jadul, yaitu Volkswagen (VW) Beetle atau populer juga disebut VW Kodok. Mobil ini diklaim sebagai VW Kodok listrik pertama.
  3. Tidak ketinggalan, DFSK juga hadir di IEMS 2019 dan menghadirkan Glory E3 pada acara tersebut. Mobil ini memiliki baterai listrik berkapasitas 52,5 kWh dan motor listrik Permanent Magnet Synchronous bertenaga 160 Hp dan torsi 300 Nm.
  4. Masih di acara yang sama, Nissan memperkenalkan mobil listriknya,Nissan Leaf. Mobil listrik Nissan tersebut memiliki teknologi e-Powertrain yang membuat mesin 30 persen lebih senyap serta merespon lebih cepat dibandingkan dengan Turbo 2L.
Outlander PHEV
Outlander PHEV. Foto/Carmudi.
  1. Mitsubishi Motors juga turut hadir di IEMS 2019 dan menampilkan mobil listrik andalannya, Outlander PHEV dan i-MiEV. Outlander PHEV mengandalkan teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle. Untuk i-MiEV sendiri, merupakan motor elektrik 47 kW sebagai dapur pacu.
  2. Toyota pun tidak mau ketinggalan. Produsen otomotif asal Jepang tersebut memamerkan lima mobil listriknya, yaitu Mirai Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), C-HR Hybrid (Hybrid Electric Vehicle), Prius Prime Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan i-Road.
  3. Di luar acara IEMS 2019, Toyota meluncurkan Corolla Altis terbaru. Mobil ini telah mengadopsi Toyota New Global Architecture (TNGA) seperti Toyota Prius, Toyota C-HR, dan Toyota Camry.
  4. Toyota dan Daihatsu pun meluncurkan mobil Calya dan Sigra terbaru pada September 2019. Sama seperti generasi sebelumnya, Calya terbaru ditawarkan dalam empat varian, yaitu E M/T non-ABS, E M/T, G M/T, dan G A/T.

Oktober

Mahindra Scorpio double cabin di Indonesia. (Foto: Carmudi/Rizen)
  1. BMW turut meluncurkan mobil terbaru pada 2019 ini yakni meluncurkan generasi anyar Seri 3, All New BMW 320i Sport. Mobil dengan kode sasis G20 ini dijual seharga Rp849 juta OTR.
  2. Pabrikan asal Jerman lainnya juga meluncurkan mobil baru, Mercedes-Benz New A-Class. Sedan kompak 4 pintu ini memiliki jarak sumbu roda 2.729 mm, mirip dengan A-Class hatchback. Namun secara dimensi bodi, New A-Class Sedan lebih panjang 14 cm untuk mengakomodasi ruang bagasi.
  3. Porsche 911 generasi terbaru akhirnya resmi diluncurkan di Indonesia. Mobil ini dihadirkan melalui varian 911 Carrera S. Lampu depan 911 generasi terbaru sudah mengadopsi teknologi LED Matrix System.
  4. RMA Indonesia resmi meluncurkan dua produk barunya di Indonesia. Dua produk tersebut merupakan kendaraan yang dikhususkan untuk pasar komersial, yaitu Mahindra Scorpio Pikup double cabin dan Scorpio Pikup. Kedua mobil ini telah dibekali mesin mHawk berkapasitas 2.200 cc, 4 silinder, turbocharger.

November

Jelang tutup tahun 2019, Mazda Indonesia meluncurkan CX-5 dan Mazda2 facelift. (Foto: Carmudi/Yongki)
  1. Di awal November kemarin, BMW meluncurkan X1 terbaru. Model terbaru ini diluncurkan dalam satu varian, yaitu New BMW X1 sDrive18i xLine dengan tampilan yang terlihat lebih sporty.
  2. PT EMI meluncurkan tiga model terbaru, yaitu Mazda CX-8, 2, dan CX-5. Mazda CX-8 baru telah mengusung mesin bensin Skyactive-G 2.5L berkonfiguarasi 4 silinder segaris DOHC, 16 valve. Menariknya, Mazda2 dan CX-5 terbaru dirilis secara bersamaan. Penyegaran minor pada keduanya membawa evolusi bahasa desain KODO – Soul of Motion yang semakin matang.
  3. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan model terbaru, Mitsubishi Xpander Cross pada 12 November 2019. Mobil ini memiliki ground clearance yang tertinggi di kelasnya, yaitu 225 mm.

Desember

Kia Picanto (Foto: Kia)
  1. Memasuki akhir bulan, Kia Picanto terbaru hadir tanpa seremonial dengan tampilan yang lebih mewah dari generasi sebelumnya. Kia Picanto ini ditawarkan dalam lima varian, yaitu EX M/T, EX A/T, GT Line M/T dan GT Line A/T.
  2. Setelah sekian lama menjadi teka-teki, Suzuki akhirnya meluncurkan mobil baru yaitu Baleno facelift pada 20 Desember 2019 kemarin. Suzuki Baleno telah menggunakan platform generasi terbaru ‘Heartect’ yang menghadirkan sebuah kendaraan ringan dan lebih kokoh. Mobil ini kemudian bisa dibilang menjadi penutup dari mobil terbaru di tahun 2019.

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Baca Juga:

Suzuki Masih Tutup Mulut Soal Kehadiran Ertiga Crossover di Indonesia

Presiden Jokowi rilis bahan bakar B30, diharapkan mampu menghemat devisa negara puluhan triliun.
Previous post
Rilis Bahan Bakar B30, Presiden Jokowi Perintah Kembangkan Hingga B100
Next post
Jangan Khawatir, Toyota Siapkan 309 Titik Posko Siaga di Libur Natal dan Tahun Baru