BeritaMobilSumber informasi

KALEIDOSKOP: Daftar Mobil Baru yang Kemunculannya Bikin Heboh di 2017

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Banyak kalangan yang memprediksi bahwa pasar otomotif sepanjang 2017 cenderung mengalami stagnansi. Meski begitu, bukan halangan bagi Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia untuk menghadirkan mobil-mobil baru kepada konsumen dalam negeri.

Setidaknya ada puluhan mobil baru yang meluncur sejak Januari – Desember di tahun ini. Sebagian di antaranya sudah heboh sebelum resmi meluncur, bahkan ada juga yang setelah peluncuran. Namun itu semua tak semua mendulang sukses, tergantung strategi yang dilakukan oleh APM.

Berikut ini daftar mobil baru yang bikin heboh di 2017:

Toyota Innova Venturer

PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai APM mobil Toyota resmi meluncurkan All New Kijang Innova pada 2015. Namun, karena banyaknya permintaan dari konsumen yang ingin nuansa lebih mewah di Innova, akhirnya Toyota meluncurkan vaian tertinggi dengan menghadirkan new Venturer.

Mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) ini tampil lebih mewah dengan 15 tambahan fitur. Ini sebagai pembeda dengan varian yang berada tepat di bawahnya atau 2.0 Q A/T.

Desas desus kedatangan Innova Venturer sudah terdengar pada Desember 2016, kemudian tak lama setelah itu muncul foto brosur di internet yang menambah heboh kahadirannya. Setelah ditunggu-tunggu akhirnya Pada 16 Januari TAM resmi meluncurkan Innova Venturer bersama dengan New Corolla Altis.

Toyota Innova Vebturer

Toyota Innova Venturer yang meluncur di awal 2017. Foto/Carmudi.

Venturer berasal dari kata adventure. Lewat Venturer konsumen bisa merasakan pengalaman mengemudi yang tangguh tanpa menghilangkan kenyaman sebuah MPV. Bagian eksterior Venturer tampil gahar dengan sejumlah tambahan seperti grille berwarna dark chrome, velg hitam 17 inci, dan molding terbaru.

Sedangkan kabinnya tampil elegan dengan jok terbungkus kulit berwarnan hitam dan head unit layar sentuh 8 inci.

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Siapa yang tidak kenal dengan duo kembar Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Sejak awal kedatangannya pada 2013, keduanya langsung membuat heboh pasar otomotif di Indonesia. Agya dan Ayla menjadi pelopor kemunculan mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC). Maka tak heran bila banyak pelanggan yang selalu menanti-nanti penampilan baru dari keduanya.

Menjawab rasa penasaran pelanggan yang rindu melihat Agya dan Ayla dengan muka baru, maka pada 7 April TAM dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan Agya dan Ayla terbaru. Beberapa hari sebelum resmi meluncur, beredar foto dari kedua mobil perkotaan itu yang tengah diangkut oleh truk khusus di sebuah jalan raya.

Toyota Agya

Tampilan baru Toyota Agya. Foto/Istimewa.

Sontak foto tersebut langsung heboh di dunia maya. Menariknya beberapa spesifikasi utama dari kedua mobil tersebut juga beredar. New Agya diposisikan lebih untuk generasi atau yang berjiwa muda. Penggunaan mesin 998 cc VVT-i selain irit bahan bakar juga lebih bertenaga.

Perusahaan mengklaim mesin mampu menghasilkan tenaga maksimal 67 PS pada 6.000 rom dan torsi 9.1 Kgm pada 4.400 rpm. TAM juga menawarkan mesin 1.197 cc bertenaga 88 ps pada 6.000 dengan torsi puncak 11.0 Kgm pada 4.200 rpm.

New Ayla punya varian mesin 998 cc yang mampu menghasilkan tenaga 65 PS pada 6.000 rpm dan torsi 86 nm pada 3.600 rpm. Ada juga mesin 1.197 cc dengan tenaga maksimal 88 ps pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 108 pada 4.200 rpm.

Wuling Confero

Menunjukkan keseriusannya menggarap bisnis otomotif di Tanah Air, PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia (Wuling Motors) mulai memperkenalkan diri ke publik melalui sejumlah pameran termasuk ikut serta dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Saat itu Wuling Motors memperlihatkan mobil Hongguang yang sekarang menjadi Confero. Tidak hanya itu pihaknya juga menunjukkan maket pabrik Wuling Motors di Cikarang, Jawa Barat.

Tepat pada Juli, produsen mobil yang bermarkas di Cina itu secara resmi mulai mengoperasikan pabrik sekaligus menandai mulai diproduksinya Confero sebagai produk pertama Wuling Motors dalam memulai bisnisnya di Indonesia.

Wuling

Wulin Confero, jenis LMPV yang sudah di jual di Indonesia. Foto/Carmudi.

Wuling Motorss akhirnya resmi meluncurkan Confero dan Confero S pada 2 Agustus di Jakarta. Banyak yang tidak mengira, bila mobil low MPV itu dibanderol cukup murah, bahkan harganya dekat sekali dengan mobil LCGC. Saat peluncuran Confero dibanderol Rp128,8 juta, sedangkan untuk dua tipe lainnya yaitu Confero S Tipe C dibanderol Rp150,9 juta dan Tipe L Rp162,9 juta.

Confero dan Confero S dibekali mesin 1,5 liter bertenaga 107 hp pada 5.800 rpm, torsi maksimal 142 Nm di 3.800 sampai 4.400 rpm. Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual lima percepatan. Wuling Motors menyediakan lima varian warna untuk keduanya yaitu, Sand Brown, Pristine White, Carnelian Red, Starry Black, dan Dazzling Silver.

Baca juga: Jangan Ragu Beli Wuling, Ini Alasannya

Mitsubishi Xpander

GIIAS 2016 menjadi saksi bisu di mana PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan XM Concept pertama kali di dunia, yang juga menjadi cikal bakal hadirnya mobil low MPV pertama keluaran Mitsubishi. MMKSI sendiri memang sudah berjanji akan meluncurkan XM Concept pada 2017 sekira satu tahun setelah diperkenalkan ke publik di Indonesia.

Supaya semua orang dapat melihat XM Concept secara dekat, MMKSI menggelar road show ke beberapa kota. Hasilnya banyak konsumen yang semakin penasaran melihat versi produksinya. Selain itu tidak sedikit penggemar otomotif yang coba berusaha membuat desain XM Concept versi produksi, sekaligus memprediksi tampang aslinya.

Menjawab rasa penasaran konsumen, sedikit demi sedikit MMKSI mulai membuka rahasia terkait XM Concept versi produksi. Salah satu yang paling rutin disampaikan adalah versi produksinya tak jauh berbeda dari tampang XM Concept.

Xpander

Mitsubishi masih andalkan Xpander di ajang GIIAS Medan 2017. Foto/Carmudi.

Pada Juli, MMKSI secara resmi memperkenalkan XM Concept beserta beberapa spesifikasi dan kisaran harga jual. Sayangnya saat itu, Mitsubishi masih menyimpan rapat nama dari mobil tersebut.

Setelah dibuat penasaran selama berbulan-bulan, pada Agustus bersamaan dengan ajang GIIAS 2017, MMKSI akhirnya resmi meluncurkan produk tersebut dengan nama Xpander.

Banyak orang yang penasaran dengan Xpander, maka tak heran sepanjang gelaran GIIAS berlangsung booth Mitsubishi selalu ramai oleh pengunjung.

Berkode 4A91, mesin 1.499 cc berteknologi DOHC dan MIVEC, Xpander sanggup melaju dengan tenaga 102 hp di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm. Mesin ini dipasangkan ke transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Baca juga: Beli Sekarang, Harga Xpander Berubah di 2018

Toyota Rush dan Daihatsu Terios

Jelang akhir tahun, Toyota dan Daihatsu kembai membuat heboh kali ini dengan menghadirkan All New Rush dan All New Terios. Pasalnya kedua model tersebut sudah 10 tahun tidak mendapat perubahan besar, yang dilakukan kedua perusahaan tersebut hanya sekedar penambahan aksesori baik di eksterior maupun interior.

Sebelum resmi hadir pada 23 November, baik Rush maupun Terios sudah ramai dibicarakan, apalagi foto-foto dari kedua model itu banyak bermunculan di internet.

Toyota Rush.

Toyota Rush yang tampil tanpa konde. Foto/Carmudi.

Tidak seperti peluncuran mobil baru pada biasanya, kali ini Toyota dan Daihatsu masih merahasiakan harga produk barunya itu. Hal tersebut dikarenakan akan ada pajak untuk kendaraan atau Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) baru yang di umumkan awal 2018.

Toyota All New Rush hadir dalam dua tipe yaitu G dan TRD Sportivo. Sedangkan Daihatsu All New Terios ditawarkan dalam dua tipe seperti X dan X Deluxe. (dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts