BeritaMobilModifikasiProduk

Pasang Kamera 360 Derajat di Mitsubishi Xpander, Siapkan Uang Rp6,5 Juta

kamera 360

Visualisasi Kamera 360 di Mitsubishi Xpander (Foto: Carmudi)

Penulis: Santo Evren Sirait
Jakarta – Kamera 360 derajat (around view camera) biasanya hanya terdapat pada mobil mewah. Teknologi baru tersebut dapat membantu pengemudi dalam memarkirkan kendaraan, sebab objek yang ada di sekitar mobil bisa terlihat lewat head unit yang terpasang di dashboard.
Seiring berjalannya waktu, kini teknologi tersebut sudah bisa diadopsi ke semua jenis dan merek mobil, tak terkecuali Mitsubishi Xpander.
kamera 360

Kamera 360 di Mitsubishi Xpander (Foto: Carmudi)

PT Kramat Motor, perusahaan yang bergerak di bisnis audio,video dan multimedia khusus mobil di Indonesia, pada kesempatan di IIMS tahun ini menawarkan paket kamera 360 derajat khusus Xpander.
Harganya cukup terjangkau yaitu sekira Rp6,5 juta. Itu baru untuk kamera saja, belum termasuk head unit layar sentuh untuk melihat gambar secara langsung yang sudah terekam oleh kamera. Harga yang ditawarkan untuk satu head unit Rp5,5 juta.
“Kalau pasang kamera 360 derajat mau enggak mau harus beli head unit-nya juga. Kalau di luar IIMS harganya beda, head unit saja bisa kena Rp6,5 juta sampai Rp7 juta. Ya beda-bedanya harganya sekira Rp500 ribu sampai Rp1 juta , itu sudah termasuk pemasangan,” ujar Rama, installer PT Kramat Motor, di sela-sela gelaran IIMS 2018, JIExpo Kemayoran, Jakarta, baru-baru ini.
Rama menjelaskan, head unit bawaan Xpander berukuran 6 inci. Namun head unit Mobiletech ini berukuran 10 inci. Dia memastikan head unit tersebut sudah didesain khusus sehingga bisa dipasangkan ke dashboard Xpander.
Mengenai lama pemasangan kamera 360 derajat bersama head unit, tidak butuh waktu lama hanya hitungan jam saja. “Pasangnya bisa di cabang-cabang yang kita punya seperti Jakarta, Surabaya, Bali dan masih banyak lagi. Aplikasinya satu sampai dua jam. Bagian yang pasti dibongkar dan diganti baru adalah kaca spion, tapi hanya bagian bawahnya saja untuk meletakkan kamera. Ganti head unit enggak sampai setengah jam tinggal di pasangkan saja plug and play,” terang dia.
Tidak ada perawatan khusus untuk kamera dan head unit. Menurut Rama, kamera tersebut sudah didesain khusus tahan air dan panas sehingga pemilik kendaraan tidak perlu khawatir barang cepat rusak. Sebagai jaminan perusahaan juga memberikan garansi sampai satu tahun.
“Kalau misalnya ada yang rusak karena pemasangan kami kasih garansi 1 tahun semuanya diganti,” tutur Rama.

Power Back Door

kamera 360

Mitsubishi Xpander dengan Kamera 360 (Foto: Carmudi)

Selain menawarkan Kamera dan head unit, Kramat Motor juga memberikan penawaran khusus untuk pemasangan fungsi power back door pada Mitsubishi Xpander. Adapun fungsi dari fitur tersebut adalah mempermudah pengendara untuk membuka dan menutup pintu belakang Xpander tanpa harus menekan dan mengangkat.
kamera 360

Power Back Door di Mitsubishi Xpander (Foto: Carmudi)

Layaknya mobil mewah dengan menggunakan power back door, pengendara hanya menekan tombol saja untuk menutup pintu bagasi. Begitu juga ketika ingin membukanya hanya menekan tuas yang sudah tersedia.
Rama menuturkan untuk pemasangan power back door tidak membutuhkan waktu lama, sehingga pemilik kendaraan tidak perlu meninggalkan mobilnya di bengkel.
Di IIMS kali ini, Kramat Motor menawarkan promo menarik khusus Mitsubishi Xpander berupa paket pemasangan head unit, kamera 360 derajat, dan power back door yang bisa diperoleh konsumen dengan harga Rp18,5 juta. (dna)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts