BeritaMobilSumber informasi

Daihatsu Ayla Pakai Mesin 1.2L Dual VVTi, Konten Lokal Bertahan 94%

Konten lokal Ayla

Tampilan baru depan dan belakang Daihatsu new Ayla. Foto/Carmudi Indonesia.

Jakarta – New Daihatsu Ayla hari ini, Jumat (7/4) resmi mengaspal di Indonesia. LCGC kembar bersama Toyota Agya ini tampil kian sporty dan lebih mewah meninggalkan kesan mobil murah.

Tampilan secara keseluruhannya memang sangat berbeda dibanding model sebelumnya. Bahkan untuk menambah pilihan konsumennya, Astra Daihatsu Motor (ADM) juga menambah varian Ayla dengan mesin 1.2L Dual VVTi.

Hal ini dilakukan Daihatsu Indonesia untuk memenuhi harapan konsumen Ayla yang menginginkan kendaraan dengan performa ciamik, gaya yang sporty serta nyaman dikendarai.

“Kami melakukan refreshment sesuai dengan customer voice yang menginginkan hadirnya tiga poin perubahan pada Ayla, stylish, performa dan kenyamanan. Jadi boleh dibilang, New Daihatsu Ayla hadir atas keinginan konsumen,” ujar Amelia Tjandra, Direktur Marketing ADM dalam sesi Q&A launching New Daihatsu Ayla, Kamis (7/4) di VLC Sunter, Jakarta.

Persentase Kandungan Konten Lokal Bertahan

Meski sudah berubah di berbagai sektor, baik eksterior maupun interior. Bahkan mendapat tambahan varian mesin 1.2L Dual VVTi, namun untuk besaran kandungan lokal yang terdapat pada mobil LCGC pertama di Indonesia ini tidak terdapat perubahan besaran konten lokal. Tetap masih sama seperti di generasi sebelumnya.

Hal ini dijelaskan oleh Pradipto Sugondo, ‎R&D Division Head ADM. Menurutnya ada beberapa alasan mengapa angka lokal konten tidak bertambah di New Daihatsu Ayla.

“Kami menyebutnya tingkat penggunaan komponen lokal. Di Ayla baru, lokal kontennya tetap bertahan di angka 94 persen. Karena modifikasi yang dilakukan pada Ayla terbaru masih mengganti yang lama,” jelasnya.

“Sementara di mesin 1.2L Dual VVTi, ini kan kita pakai mesin produksi sendiri. Mesin sama yang juga kita benamkan pada model Daihatsu Sigra. Jadi konten lokalnya tidak bertambah atau juga berkurang,” tambah Pradipto.

Daihatsu New Ayla

Daihatsu new Ayla resmi diluncurkan. Foto/Carmudi Indonesia.

Target Penjualan New Daihatsu Ayla

Meski berbagai improvement hadir pada New Daihatsu Ayla, Daihatsu Indonesia tidak menargetkan penjualan tinggi. Ini karena target dari masing-masing varian berbeda. New Daihatsu Ayla 1.0L hadir menyasar konsumen first buyer atau pembeli mobil pertama, sementara New Daihatsu Ayla 1.2L Dual VVTi hadir untuk konsumen yang menginginkan berkendara dengan performa mesin yang lebih oke.

“Ayla 1.2L target konsumennya anak muda, yang butuh power dan lebih dari sekedar mobil keluarga. Jadi untuk targetnya kita tidak mau terlalu tinggi-tinggi,” kata Amelia Tjandra.

Masuknya dua varian Ayla di pasar otomotif Indonesia, ADM menargetkan penjualan sebesar 3.000 unit per bulan. 2.000 unit untuk Ayla 1.0L dan 1.000 unit untuk Ayla 1.2L Dual VVTi.

“Januari lalu kita jual Ayla 2.000 unit, Februari 2.000 unit dan di bulan Maret naik jadi 2.500 unit. Dengan hadirnya Ayla model baru ini, kita targetkan penjualannya sebesar 3.000 unit per bulan, tidak terlalu tinggi memang,” pungkas Amel. (Zie)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts