Berita

Kapan All New Honda HR-V Hybrid Meluncur di Indonesia?

Mandalika — Sebelum di Indonesia, All New Honda HR-V sudah lebih dulu meluncur di beberapa negara dengan opsi mesin turbo dan hybrid.

Negara-negara tersebut adalah Jepang, Australia, dan Thailand. Bahkan kabarnya Malaysia juga akan kedatangan All New Honda HR-V bermesin hybrid.

Hal ini pun kemudian mengundang pertanyaan mengapa HR-V generasi terbaru tak masuk Indonesia?

all new hr-v hybrid

Honda HR-V bermesin hybrid tersedia secara resmi di pasar Thailand. (Foto: Auto Industriya)

Menurut Yoshitomo Ihashi, Large Project Leader of All-new Honda HR-V Honda Motor Co., Ltd. Automobile Operations Monozukuri Center berdasarkan riset internal, mesin turbo diakui paling tepat untuk Indonesia.

“Kami telah melakukan riset, bahwa untuk mesin All New Honda HR-V bermesin turbo lebih tepat di pasar Indonesia. Tetapi, tidak menutup kemungkinan ke depannya mesin hybrid akan dihadirkan,” katanya pekan lalu di Mandalika, Lombok.

Melihat dari segi performa, Ihashi mengatakan kalau mesin baru yang digunakan saat ini lebih bertenaga.

“Jika dibandingkan dengan mesin 1.500 naturally aspirated atau 1.800 naturally aspirated sebelumnya, ini lebih bertenaga,” sambungnya.

all new hr-v hybrid

All New HR-V hybrid dinilai Honda belum cocok untuk Indonesia. (Foto: Rizen/Carmudi)

Namun, jika melihat spesifikasi All New Honda HR-V bermesin hybrid, di atas kertas tenaganya jauh di bawah mesin turbo yang ada saat ini.

Sebagai gambaran, mesin e:HEV milik HR-V berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, DOHC, VTEC. Tenaga dari mesin tersebut mencapai 103,5 hp dengan torsi maksimum di angka 127 Nm. Tenaga tersebut masih mendapat sokongan dari motor listrik dengan tenaga 129 hp dengan torsi 253 Nm.

Sementara untuk HR-V bermesin turbo yang ada di Indonesia bertenaga 174 hp dengan torsi maksimum 240 Nm. Jika membandingkan tenaga dari mesin bensinnya, jelas performa All New HR-V hybrid berada jauh di bawah mesin turbo yang ada saat ini.

All New Honda HR-V bermesin hybrid terbaru (Foto: Honda)

Hanya saja bantuan tenaga dari motor listrik membuat tenaga yang dihasilkan makin buas. Hingga saat ini HPM mengaku masih terus mempelajari bagaimana pasar mobil hybrid yang ada di Indonesia.

“Kami selalu mempelajari kemungkinan pasar mesin hybrid ini seperti apa. Jenis elektrifikasi apa yang memang cocok dengan masyarakat di Indonesia. Tidak menutup kemungkinan kalau kami membawa mesin hybrid ke Indonesia,” sambung Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts