Sepeda motor

Kapan Honda PCX Electric Dijual ke Konsumen Individual?

Honda PCX Electric

Honda PCX Electric belum dijual untuk umum (Foto: Carmudi

Jakarta – Mundur ke Januari 2019, di mana kala itu PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan sepeda motor listrik bernama PCX Electric di Indonesia.

Sepeda motor tanpa emisi itu masih dijual hingga sekarang. Sayangnya, PCX Electric hanya tersedia untuk kalangan terbatas saja.

Meski sudah dua tahun berada di Indonesia, AHM belum juga melepas Honda PCX Electric untuk konsumen individual.

Pihaknya masih bertahan dengan strategi pemasaran yang menyasar konsumen borongan atau fleet.

“Memang kami sudah melakukan dengan skema Business to business (B2B) ke beberapa perusahaan, termasuk ojek online, belum Business to Customer (B2C),” ungkap Direktur Marketing PT AHM Thomas Wijaya, Jumat (5/2/2021) kemarin.

Baca Juga:

Lanjut Thomas, AHM memang sengaja menyasar konsumen fleet terlebih dahulu sebagai bahan studi sekaligus untuk mengetahui respons baik itu dari pengendara PCX Electric maupun penumpang yang diboncengnya.

“Memang secara hasil studi sedang dalam proses. Sebab kami ingin mendapatkan behavior dari para konsumen terutama pemakai dan juga pengendaranya seperti apa. Kemudian juga kebutuhan di luar sepeda motor tentunya, seperti infrastruktur charging station itu seperti apa, berapa lama ngecasnya, berapa jauh jarak tempuhnya dan sebagainya. Kita akan terus pelajari untuk pengembangan ke depannya,” terang Thomas.

Honda PCX Electric

Honda PCX Electric (Foto: Honda)

Menurut sepegetahuan dirinya, saat ini tidak sedikit para pengguna sepeda motor masih belum memandang ke arah sepeda motor listrik.

Ini dikarenakan sepeda motor listrik belum 100 persen menyamai sepeda motor bermesin konvensional, mulai dari jarak tempuh hingga performa.

“Karena kebetulan kalau sepeda motor listrik ini rata-rata secara kecepatan dan jarak tempuh itu masih kurang lebih 50 persen dari sepeda motor berbahan bakar bensin. Sehingga kelihatannya konsumen kami masih menyukai motor-motor yang punya speed tinggi dan juga bisa menempuh jarak jauh. Makanya kami masih melakukan skema B2B belum B2C untuk PCX Electric,” pungkas dia.

Sekilas Tentang Tenaga Honda PCX Electric

Honda PCX Electric menghasilkan tenaga 5,6 Hp dengan torsi maksimal 18 Nm pada 500 rpm.

Kemampuan baterai pada PCX Electric dapat digunakan berkendara hingga jarak 69 kilometer dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam secara konstan.

Energi listrik tersimpan pada dua unit baterai portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack.

Sepasang baterai PCX bisa diisi ulang menggunakan dua mekanisme.

Pertama, off-board charging (mengganti dua baterai kosong dengan baterai yang sudah terisi/ swap system).

Kedua, dicolok menggunakan konektor yang bisa disambungkan dengan listrik gedung atau perumahan.

Baca Juga:

Bagasi Honda PCX Electric (Foto: Carmudi)

Pengisian baterai butuh waktu selama 4 jam saat menggunakan pengisi daya opsional dengan metode off-board (lepas baterai).

Sementara itu, pengisian menggunakan sistem on-board (terkoneksi langsung dengan listrik) butuh waktu 6 jam.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts