Home » Berita » Kasus Pasien Positif Corona Belum Turun, Bagaimana Nasib Pameran GIIAS 2020?

Kasus Pasien Positif Corona Belum Turun, Bagaimana Nasib Pameran GIIAS 2020?

Pelaksanaan pameran GIIAS 2020 akan ditinjau kembali bulan depan.
Pelaksanaan pameran GIIAS 2020 akan ditinjau kembali bulan depan. (Foto: Carmudi/Santo)

Jakarta – Jelang New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kasus pasien positif virus corona belum menunjukkan penurunan. Data terakhir yang dikutip dari covid19.go.id terdapat tambahan 1.198 kasus per 28 Juni 2020 menjadi 54.010 kasus positif di Indonesia.

Merujuk pada data tersebut, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) belum terpikir untuk merevisi kembali jadwal pelaksanaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 di Tangerang. Seperti diketahui, pada awal Mei lalu GAIKINDO memutuskan untuk menunda pelaksanaan GIIAS 2020 dari awal Agustus menjadi akhir Oktober.

“Kami terus memperhatikan yang namanya perkembangan pandemi Covid ini dan juga terus berkoordinasi dengan kementerian-kementerian terkait untuk melihat yang namanya kemungkinan diadakannya pameran. Karena kami khawatir juga kalau misalnya pameran sudah kami batalkan ternyata pandemi cepat berlalu sehingga penetapan jadwal baru akan dinilai terlambat. Jadi sayang sekali,” ungkap Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO kepada Carmudi, Sabtu (29/6/2020).

Pria yang akrab disapa Nangoi itu menambahkan, meski pameran otomotif GIIAS 2020 sudah dicanangkan akhir Oktober namun pihaknya akan meninjau kembali bulan depan. Sampai saat ini belum ada target apakah pameran bakal diundur lagi atau sebaliknya.

“Jadi kami belum bisa berbicara mengenai itu (mundur atau maju). Sementara target kami Oktober akhir sampai awal November. Karena dengan adanya pameran GIIAS menjadi momentum yang bagus untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap kebangkitan ekonomi,” tandas Nangoi.

Ada Dua GIIAS The Series

GIIAS 2020 hanya dikonsetrasikan di dua lokasi saja, Surabaya dan Tangerang. Adapun penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2020 akan berlangsung pada 2-6 September 2020 di Grand City Convex Surabaya.

Seharusnya GIIAS Surabaya diselenggarakan pada 20-29 Maret, namun dibatalkan karena kala itu wabah virus corona dinyatakan sudah masuk Indonesia.

Sedangkan GIIAS BSD-City 2020, di Tangerang berlangsung pada 22 Oktober – 1 November 2020, bertempat di Indonesia Convention Exhibtion (ICE). Sebelumnya ditetapkan pada 7 – 17 Agustus 2020 di lokasi yang sama.

Membangkitkan Industri Otomotif Indonesia

Ketua III GAIKINDO Rizwan Alamsjah, yang juga selaku Ketua Penyelenggara, mengungkapkan penyelenggaraan GIIAS 2020 The Series diharapkan menjadi ajang yang paling tepat membangkitkan industri otomotif Indonesia.

Booth Toyota di GIIAS 2019. (Foto: Carmudi/Santo)

“GAIKINDO percaya bahwa dengan penyesuaian waktu, pameran GIIAS The Series akan tetap menjadi pilihan terbaik bagi para Agen Pemegang Merek (APM) industri otomotif untuk kembali bangkit, dan menunjukkan semangat pencapaian lewat berbagai produk dan inovasi terkini kepada masyarakat, dan kembali memenuhi kebutuhannya pada tahun 2020 ini,” ujar Rizwan.

Kehadiran GIIAS The Series tahun ini adalah bukti konsistensi dan upaya industri otomotif untuk terus bergerak maju bagi masyarakat Indonesia.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Penerapan Kendaraan Listrik di Indonesia Temui Sejumlah Permasalahan

Cara bayar pajak online lewat aplikasi Samsat Online
Previous post
Diskon Pajak Kendaraan Bermotor untuk Warga Jawa Timur, Seperti Apa Mendapatkannya?
Next post
Resmi Diumumkan, Ini Jadwal Rilis Kawasaki Ninja ZX-25R di Indonesia