Sepeda motor

Kawasaki Ninja 300, Motor Sport yang Pernah Ada di Indonesia

Launching Kawasaki Ninja 300 bersamaan dengan launching ZX-10R, photo: Istimewa

Launching Kawasaki Ninja 300 bersamaan dengan launching ZX-10R, photo: Istimewa

Jakarta – Bagi pecinta motor sport, pasti tak asing dengan nama Kawasaki Ninja 300. Motor sport yang satu ini bisa dibilang punya kapasitas mesin yang sedikit berbeda dibanding motor sport lainnya. Jika kompetitornya hanya punya kubikasi mesin 250cc, si Ninja ini punya 300cc. Sedikit lebih besar kapasitas mesinnya tentu membuat performanya juga menjadi lebih baik.

Tapi sayangnya, motor ini sekarang sudah tidak dijual lagi oleh Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Beberapa tahun lalu, motor ini pernah dijual dengan banderol harga yang cukup mahal untuk ukuran motor sport. Peluncuran ini dilakukan bersamaan dengan peluncuran motor gede (moge) ZX-10R di Jakarta pada 21 Februari 2015. Jika Ninja 250 saat itu punya harga Rp54 jutaan, si Ninja 300 ini punya harga jauh lebih mahal.

Tampak samping Ninja 300, photo: Youtube

Tampak samping Ninja 300, photo: Youtube

Harga yang ditetapkan oleh KMI mencapai Rp84 jutaan untuk Kawasaki Ninja 300 ini. Harga jual untuk Kawasaki Ninja 300 pada 5 tahun lalu ini bahkan setara dengan harga bekas Kawasaki ER-6N produksi 2012. Pada 2015 silam, harga bekas Kawasaki ER-6N ini ada di kisaran Rp84 jutaan. Akan tetapi, pada waktu itu KMI memiliki pendapat lain untuk tetap merilis Kawasaki Ninja 300 ini dihadapan publik Indonesia.

“Banyak konsumen yang minta untuk model ini dijual di Indonesia. Mereka ingin power yang lebih, merasa power Ninja 250 yang ada saat ini masih jauh. Makanya, kita ingin membawa Ninja 300 ini. Soal harga, saya kira tidak berpengaruh, karena nanti harganya (ER-6N) akan mengikuti PPnBM baru, jadi akan lebih tinggi,” ujar Michael Chandra Tanadhi, Deputi Departemen Head Sales & Promotion Division KMI.

Dijual Terbatas

Sayangnya, Kawasaki Indonesia tidak menjual Ninja 300 dengan jumlah yang banyak seperti varian 250. Kawasaki Ninja 300 ini dijual dengan unit yang sangat terbatas, mencapai 100 unit saja bersamaan dengan ZX-10R yang juga dijual 100 unit terbatas. Artinya, kedua motor ini dijual dengan jumlah 200 unit saja untuk pasar Indonesia. Antusias masyarakat pun cukup besar, dan tak salah lagi kalau motor ini langsung ludes terjual seketika.

Instrumen cluster Ninja 300, sudah memakai digital. Photo: millenialdiyer

Instrumen cluster Ninja 300, sudah memakai digital. Foto: millenialdiyer

Tampilan Kawasaki Ninja 300 Sama dengan Ninja 250

Secara tampilan, Ninja 300 ini punya tampang yang sama dengan 250 cc. Bahkan secara data teknis, spesifikasi sasis dan bodinya benar-benar sama persis tanpa ada perbedaan. Hanya saja kapasitas mesinnya lebih besar sedikit dibanding versi 250. Selain itu, yang membedakan antara Ninja 300 dan Ninja 250 adalah pada bagian ban.

Jika Ninja 250 memakai ban belakang ukuran 140/70, maka Ninja 300 ini memakai ban keluaran IRC yang sudah tubeless dengan tipe Road Winner. Bagian ban depan dan belakangnya pun sama, memakai IRC dengan tipe Road Winner yang dikhususkan untuk Ninja 300. Lantas, bagaimana dengan spesifikasi mesinnya?

Spesifikasi Mesin Kawasaki Ninja 300

Ninja 300 ini punya kapasitas mesin 296 cc, 2 silinder, 4 tak, DOHC. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga hingga 39 ps dengan torsi maksimal mencapai 28 Nm. Transmisi yang digunakan memakai manual 6 percepatan dengan model kopling basah. Secara spesifikasi, Ninja 300 punya spesifikasi yang lebih baik dibanding Ninja 250.

Mesin Kawasaki Ninja 300 punya performa lebih baik, photo: Pinterest

Mesin Kawasaki Ninja 300 punya performa lebih baik. Foto: Pinterest

Salah satunya adalah fitur slipper clutch yang biasa digunakan pada motor sport berteknologi balap. Fitur ini mampu membuat motor mengurangi gejala back-torque atau lebih dikenal sebagai engine brake saat menurunkan gigi. Secara singkat, fitur ini mampu mengurangi gejalas slip kopling dan mampu membuat penurunan gigi saat mengebut menjadi lebih lancar.

Slipper clutch ini pada tahun 2015 bisa dibilang merupakan salah satu fitur yang sangat jarang ditemui pada motor sport. Nah, si Ninja 300 ini sudah dibekali dengan fitur tersebut dan langsung menjadi pembahasan seru bagi pecinta adrenalin di atas sepeda motor. Sebagai pendinginan mesin, Ninja 300 dibekali dengan radiator untuk mendinginkan mesin.

Dimensi Ninja 300

Walaupun bisa dibilang punya ukuran chasis dan bodi yang sama, maka dimensinya benar-benar sama dengan Ninja 250. Motor ini punya panjang 2.015 mm, lebar 715 mm dan tinggi 1.100 mm. Bobotnya sendiri mencapai 172 kg, dan bobot ini sama dengan Ninja 250 yang juga punya bobot di angka 172 kg. Artinya bobot tak mengalami perbedaan signifikan walaupun mesinnya berbeda.

Tampak samping mesin Ninja 300 tanpa fairing, photo: Newatlas

Tampak samping mesin Ninja 300 tanpa fairing. Foto: Newatlas

Bagi sebagian orang, rasanya Ninja 300 ini dianggap sebagai salah satu motor yang boros bahan bakar. Padahal sebenarnya tidak. Ninja 300 ini masih punya konsumsi bbm yang lumayan irit berkat penggunaan teknologi fuel injection (FI). Berdasarkan data, Ninja 300 ini punya konsumsi bbm 1:25 km per liter. Untuk motor dengan kapasitas 300 cc, bisa dibilang lumayan irit. Apalagi performa mesinnya lumayan oke.

Soal fitur, Kawasaki Ninja 300 ini dilengkapi sistem pengermen dengan Anti-Lock Braking System (ABS). Sehingga keamanan pengendara akan lebih terjamin, karena mampu mencegah terjadinya kecelakaan. Karena memakai sistem ABS, motor sport ini juga mengandalkan piringan cakram dengan dua buah kaliper piston. Namun ukuran diameter antar rem belakang dan depan dibuat berbeda.

Cakram depan memakai ukuran 290 mm, sementara cakram belakang memakai 220 mm. Kedua rem tersebut siap mengiringi langkah ban untuk berhenti kapanpun, dimanapun sesuai perintah sang pengendara. Sementara untuk menopang bobot dan handling, suspensinya memakai teleskopik fork dengan diamter 37 mm yang terasa nyaman ketika melaju dijalan berlubang.

Suspensi Ninja 300 bagian belakang bisa diatur 5 tingkat penyetelan, photo: millenialdiyer

Suspensi Ninja 300 bagian belakang bisa diatur 5 tingkat penyetelan. Foto: Millenialdiyer

Sementara suspensi belakang, dilengkapi sistem Uni-Trak dengan shockbreaker yang cukup empuk dengan dilengkapi 5 tingkat peneyetelan. Kurang keras, bisa diatur. Atau kurang empuk, bisa diubah lagi sesuai keinginan. Secara spesifikasi, rasanya motor ini lumayan oke buat dipelihara. Bagaimana dengan instrument cluster?

Desain panel instrumentnya dibuat baru dengan kombinasi digital lebih informatif dan sporty. Tampilannya besar dan komplit, analog gaya tachometer, menggunakan paket instrumen baru, semua memiliki layar LCD multi-fungsi dengan berbagai fitur, termasuk pengukur bahan bakar. Dua indikator meteran, jam dan indikator ekonomis pengendara, LED putih lampu belakang memastikan penglihatan yang jelas di malam hari.

Harga Bekas Kawasaki Ninja 300

Sebagai motor yang dijual terbatas, dan 5 tahun lalu punya harga yang cukup mahal tentu harga bekasnya cukup stabil. Bahkan harga bekas dari Ninja 300 ini masih bisa bersaing dengan Ninja 250 yang ada di pasaran saat ini. Walaupun sudah menjadi lebih murah, tetapi harga bekas Ninja 300 ini masih punya nilai di angka kepala 4 sampai 6.

Berdasarkan pengamatan, harga bekas Kawasaki Ninja 300 ini punya harga yang cukup bervariasi. Tergantung kemauan si penjual menjual motor kesayangannya ini. Harga termurah untuk Ninja 300 ini mencapai Rp48 jutaan. Sedangkan harga tertinggi yang kami pantau berada di angka Rp77 jutaan itupun penjual berada di lokasi Makassar, Sulawesi Selatan.

Ini spesifikasi Kawasaki Ninja 300.

Hal ini bisa saja dikarenakan pembeli tersebut membeli dengan harga Makassar. Sudah menjadi hal yang lumrah jika harga OTR dari sebuah kendaraan berbeda-beda antar daerah. Bahkan antar diler di Jakarta pun bisa berbeda beberapa juta untuk satu model sepeda motor. Apalagi berbeda daerah. Harga bekas Ninja 300 ini juga pasti dipengaruhi sama kondisi sepeda motor, jarak tempuh kilometer dan kelengkapan asli dari motor itu sendiri.

Semakin bagus kondisinya dan kilometernya semakin sedikit, biasanya harga jualnya akan lebih bagus dibanding motor yang sering dipakai. Motor yang jarang dipakai sudah pasti punya kondisi yang jauh lebih oke dibanding motor yang sering dipakai. Apalagi dipakai harian, yang cenderung kena panas dan biasanya punya baret-baret halus pemakaian di jalan.

Harga Kawasaki Ninja Baru

Walaupun Ninja 300 sudah nggak dijual secara resmi, tapi setidaknya kalian masih bisa membeli Ninja dengan versi 250 dalam kondisi baru. Sebagai gambaran, Kawasaki menjual Ninja 250 SL dengan harga off the road. Untuk itu kita perlu menghitung soal bea balik nama kendaraan baru dari diler. Sebab, motor off the road belum sah dikendarai di jalan raya karena belum ada surat-surat kendaraan.

Untuk wilayah DKI Jakarta, tarif BBN-KB sebesar 12,5 persen dari harga kendaraan. Untuk perhitungannya sebagai berikut :

BBNKB : Rp 29.900.000 X 12,5% = Rp 3.737.500

PKB : Rp 29.900.000 X 2% = Rp 598.000

SWDKLLJ : Rp 35.000

Cek Fisik Kendaraan dan PNBP STNK : Rp 100.000

Pelat Nomor : Rp 50.000

BPKB : Rp 225.000

Total untuk biaya administrasi surat-surat, pajak kendaraan, termasuk penerbitan BPKB dan STNK sebesar Rp4.745.000. Apabila dijumlah dengan harga off-the-road, maka harga Ninja 250 SL untuk VIN 2020 kira-kira menjadi Rp34.465.000.

Ninja 2 Tak Lebih Dicari

Sayangnya, walaupun Ninja 300 merupakan motor sport yang dijual dengan edisi terbatas, tetapi banyak orang lebih mencari Ninja dengan mesin 2 tak. Biasanya Ninja 2 tak ini merupakan Kawasaki Ninja tipe R dan RR. Model ini dinilai punya desain yang klasik, dan tak lekang oleh waktu. Sehingga masih banyak orang membeli tipe 2 tak dibandingkan dengan tipe mesin 4 tak bermesin lebih halus.

Beberapa aliran modifikasi Kawasaki Ninja RR 150 yang bisa menjadi referensi.

Beberapa aliran modifikasi Kawasaki Ninja RR 150 yang bisa menjadi referensi.

Sosok Ninja RR bisa dibilang sudah menjadi legenda hidup di jagat roda dua Indonesia. Kiprah Kawasaki Ninja RR ini sudah dimulai sejak tahun 1996. Tepat pada era keemasan motor sport 2-tak di Tanah Air. Kawasaki Ninja 150 RR ini sudah mengabdi hingga 19 tahun dan menorehkan tinta emas bagi pabrikan dengan ciri khas warna hijau tersebut.

Ninja RR bahkan menjadi motor Jepang bermesin 2-tak terakhir yang hadir di Indonesia. Motor ini mengakhiri kiprahnya pada 2015 lalu akibat sudah tidak mampu lagi mengikuti standar emisi Euro 3 yang ditetapkan oleh pemerintah.

Kawasaki Ninja 150 RR (Foto: Kawasaki)

Karena sudah tidak lagi dijual baru, maka populasinya pun terus menyusut dalam kondisi layak dan orisinal. Harganya perlahan mulai naik seiring kelangkaan barang di pasaran. Untuk ukuran motor sport 150 cc, harga resmi Ninja RR di tahun 2015 termasuk mahal.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

 

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts