BeritaSumber informasi

Kebutuhan Mekanik Handal Kian Bertambah, Mitsubishi Buka MRTC Baru

Jakarta – Agar selalu berikan layanan maksimal terkait perawatan mobil maupun truk, diresmikan Mitsubishi Regional Training Center (MRTC) ke 8 di Bandung. Kali ini PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), bekerjasama dengan PT Suryaputra Sarana selaku diler resmi kendaraan Mitsubishi di Bandung.

Sebelumnya MMKSI sudah memiliki 7 MRTC yang berada di Medan, Palembang, Cikarang, Kebumen, Mojokerto, Makassar, dan Banjarbaru. Hadirnya MRTC baru di Kota Bandung ini, sejalan dengan perkembangan jaringan diler kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia.

Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI yang hadir saat peresmian (26/7) mengungkapkan kalau MRTC ini menjadi bagian dari komitmen Mitsubishi. Yaitu dalam memastikan para pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik dalam menggunakan produk Mitsubishi baik dari sisi Sales maupun Aftersales.

“Selain kita terus berupaya menambah jaringan diler berstandar Mitsubishi di seluruh Indonesia, diperlukan kualitas tenaga kerja yang profesional dan handal,” ujar Irwan.

Salah satu dipilihnya kota Bandung untuk di bangun MRTC adalah penerimaan pasar yang cukup baik. Ini dapat dilihat dengan meningkatnya market share kendaraan penumpang Mitsubishi di Bandung menjadi 12% atau meningkat sekitar 9% dibandingkan di 2017.

“Apalagi sekarang kita ada Xpander yang penerimaannya luar biasa. Kita tak ingin Xpander yang bermain di segmen small MPV hanya menjadi tren sesaat. Kita ingin Xpander menjadi small MPV yang “berumur panjang”, tambah Irwan.

MRTC Bandung berlokasi di Jalan Jend. Sudirman No. 782, Bandung, ini dilengkapi dengan fasilitas dua ruang kelas teknis dan satu ruang kelas non-teknis, area workshop (meliputi ruang praktik, kendaraan praktik, perlengkapan dan peralatan bengkel).

Kebutuhan Mekanik yang Makin Bertambah

Strategi yang dilakukan MMKSI untuk tetap menjaga konsumen terkait produknya diantaranya memberikan layanan penjualan dan purna jual yang maksimal. Selain terus melakukan pembangunan diler baru, juga menambah skill para sumber daya manusia dalam hal ini mekanik yang handal.

Penambahan MRTC ini salah satu solusi untuk menciptakan para mekanik handal dan berkualitas. Dalam kesempatan yang sama, Mulyanto selaku head of training departement MMKSI menungkapkan kalau kebutuhan mekanik kian bertambah untuk layani konsumen.

“Program MRTC sangat membantu kami menghasilkan mekanik handal, dimana saat ini kebutuhan mekanik makin bertambah. Sebenarnya wilayah Jawa Barat sudah ada MTRC Cikarang. Tapi ini masih belum mencukupi untuk memenuhi menghasilkan SDM yang cukup. Maka kita buka lagi di Bandung,” ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan kalau keberadaan MRTC ini untuk meng-cover 32 diler dimana harus menghasilkan sekitar 300-mekanik. Hasil SDM yang dihasilkan MRTC adalah para pelajar SMK yang telah bekerja sama dengan pihak Mitsubishi.

Mereka akan di training dengan kemampuan berstandar Mitsubishi yang mengikuti konsep MMC Global Training Center. MRTC langsung mendapat kontrol langsung oleh MMKSI training center Jakarta. Dalam hal ini MMKSI menyediakan kendaraan praktik, tools dan equipment. Serta sertifikasi instruktur, control adminitrasion dan akomodasi training.

Diharapkan ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan layanan purnajual diler kendaraan penumpang Mitsubishi. Sehingga peningkatan angka penjualan dapat diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam memberikan layanan terbaik Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts