Berita

Kedatangan Sedan Civic RS Terbaru Gusur Posisi Civic Hatchback RS

Jakarta — Kedatangan sedan Honda Civic RS generasi terbaru pada Oktober 2021 lalu rupanya memaksa Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek menghentikan penjualan wholesales (dari pabrik ke diler, Red) Civic Hatchback RS di Indonesia.

(Foto: HPM)

Hal ini disampaikan Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT HPM di sela-sela acara Media Test Drive All New Honda Civic RS di Senayan Park, Rabu (8/12/2021).

“Karakter kendaraan Civic Hatchback dan sedan itu sama sehingga kami memutuskan untuk menghentikan penjualan wholesales-nya,” kata Billy.

“Makanya, kalau kita lihat data penjualan wholesales Civic Hatchback dari Oktober sampai sekarang itu selalu nol, ya, karena memang kami berhentikan,” imbuhnya kepada Carmudi.

Kini Civic Hatchback sendiri masih dijual secara retail dan diklaim tinggal tersisa 21 unit di seluruh diler Honda.

Pernyataan Billy pun sekaligus menyiratkan bahwa Civic Hatchback RS generasi terbaru yang melakukan debut global di Jepang pada Juni 2021 kemarin tidak akan masuk ke pasar Tanah Air.

Alasan Lain

(Foto: HPM)

Menyusul pernyataan terkait karakter mobil, segmen hatchback sporty akan dikonsentrasikan pada City Hatchback serta Brio di entry level-nya.

Tak hanya itu, alasan kuat lain mengapa Honda menghentikan penjualan Civic Hatchback RS adalah faktor perubahan aturan pajak kendaraan.

Seperti diketahui bersama, mulai pertengahan Oktober kemarin, Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) telah diubah mengikuti penerapan Low Carbon Emission Vehicle (LCEV). Sehingga membuat tarif pajak sedan dan hatchback sama.

Billy juga menyatakan pemesanan All New Honda Civic RS di luar ekspektasi HPM. Pasalnya, pemesanan sedan sporty ini kini telah menyentuh angka 101 unit hingga minggu pertama Desember kemarin.

Namun hingga akhir tahun, Honda hanya akan mengirimkan 60 unit Civic ke diler-diler dan kebanyakan dijadikan unit test drive.

“Waktu orang-orang cuma lihat (All New Civic RS) saja, pemesanan di Jakarta sudah 40 persen, tapi setelah ada unit test drive naik jadi 50 persen,” katanya.

Optimis dengan Segmen Sedan

(Foto: Carmudi/Dimas)

Dari data Gaikindo, pasar sedan disebutkan hanya berkisar 1 persen secara nasional, dan angka ini tergolong kecil. Namun Billy tetap optimis penjualan Civic generasi ke-11 ini bisa sangat baik.

Optimisme tersebut tentu bukan tanpa alasan. Menurut Billy, All New Civic RS menyasar segmen pasar niche yaitu para loyalis Honda.

HPM sangat percaya bahwa pihaknya mampu mencapai target penjualan 750 unit All New Civic RS per tahun. Adapun jumlah tersebut menyesuaikan demand mereka ke Thailand sebagai pengimpor sedan tersebut.

Penulis: Dimas Hadi

Dimas Hadi

Menjadi jurnalis dan merangkap sebagai penulis konten otomotif di Carmudi sejak 2016. Masih terobsesi Toyota Starlet meski lebih sering mengemudikan Suzuki Ertiga karena cinta keluarga. Email: [email protected]

Related Posts