Home » Berita » Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga, Apa Saja Sih?

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga, Apa Saja Sih?

Jakarta – Suzuki Ertiga merupakan salah satu MPV yang ada di Indonesia. Mobil buatan Indonesia ini menjadi alternatif selain Avanza-Xenia dan juga Mitsubishi Xpander. Anda yang hendak meminang Suzuki Ertiga, kami akan membeberkan kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga. Kira-kira apa saja ya?

Kalau melihat mobil ini secara tampilan, sebenarnya mobil ini memiliki desain yang mewah. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah merilis Ertiga versi baru pada 2018 lalu di ajang IIMS. Tampilannya jauh lebih segar, dengan banyak lekuk tajam yang membuatnya agresif.

Kekurangan Suzuki Ertiga

Bagian eksterior dan interior dikoreksi sedemikian rupa hingga menghasilkan model yang cukup sedap dipandang. Tak usah berlama-lama ya, kami akan memulainya dari kelebihan Suzuki Ertiga.

Kelebihan

Sudah sewajarnya Suzuki Ertiga generasi terbaru ini memiliki desain yang elegan. Desainnya tak lagi kaku, lebih memberikan kesan sporty. Di bagian dalam, interiornya diberi warna beige dan dipadukan dengan aksen kayu di bagian dashboard.

Mesin Baru. Mesin yang tertanam pada Suzuki Ertiga baru ini merupakan mesin baru berkode K15B. Pada Suzuki Ertiga generasi sebelumnya menggunakan K14B. Mesin K14B ini mampu mengeluarkan tenaga 94 hp dengan torsi maksimal di angka 130 Nm. Sedangkan mesin K15B ini mampu mengeluarkan tenaga 103 hp dengan torsi 138 Nm.

Mesin Suzuki Ertiga 2018
Kekurangan Suzuki Ertiga

Kabin Lebih Senyap dan Nyaman

Pada waktu diluncurkan, Suzuki mengadakan sesi test drive di Pulau Bali  dan saya berkesempatan mencicipi mobil ini. Hasilnya kabin memang jauh lebih senyap, lebih nyaman dan lebih menyenangkan untuk dikendarai. Suspensi pada mobil ini semakin baik, empuk dan stabil saat diajak bermanuver di tikungan.

Jangan lupa, konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga ini sangat baik. Di Pulau Bali, kami mencatatkan angka hingga 27,8 km/liter untuk jarak sekitar 180 km. Angka ini merupakan konsumsi bahan bakar yang cukup baik. Dengan catatan, berkendaranya harus sabar, dan selalu menjaga putaran mesin di bawah 2 ribu RPM.

Kekurangan Suzuki Ertiga

Soal fitur keamanan, Suzuki Ertiga baru ini juga cukup oke. Lalu, bagaimana dengan kekurangannya? Ada beberapa kekurangan pada Suzuki Ertiga model terbaru yang cukup disayangkan. Yuk kita bahas apa saja kekurangannya.

Kekurangan Suzuki Ertiga

Pada generasi sebelumnya, Suzuki Ertiga dibekali dengan hand rest di kursi baris kedua dan Suzuki Ertiga baru dihilangkan, ini cukup disayangkan. Kini di baris kedua Suzuki Ertiga baru tak lagi terdapat hand rest untuk menyandarkan tangan. Otomatis kenyamanan penumpang baris kedua harus rela berkurang.

Kenop AC Model Jadul

Sayangnya, kenop AC yang digunakan pada Suzuki Ertiga baru ini terlihat jadul. Mengapa? Karena Suzuki masih menggunakan model putaran. Hal ini berbanding terbalik dengan dashboard Ertiga yang sangat mewah. Bahkan kami lebih suka dashboard Ertiga baru dibandingkan dengan Avanza-Xenia dan Mitsubishi Xpander. Sayangnya, kenop ac model putaran dan paduan digital hanya ada pada tipe tertingginya saja. Alias belum merata.

Tak Ada Headrest Tengah di Baris Kedua

Sama seperti sandaran tangan, jok baris kedua juga tak memiliki sandaran kepala di bagian tengah. Jadi, penumpang yang duduk di tengah pada baris kedua harus rela berkurang kenyamanannya. Penumpang yang duduk di posisi ini harus rela menegakkan kepalanya selama perjalanan bersama mobil ini. Bagaimana dengan kompetitornya? Sudah ada sandaran kepalanya kok di bagian tengah.

Ertiga Suzuki Sport
Kekurangan Suzuki Ertiga

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga yang telah dirangkum oleh tim Carmudi Indonesia. Semoga artikel ini mampu menjadi pertimbangan Anda sebelum benar-benar meminang Suzuki Ertiga.(dol)

Ban Assurance DuraPlus 2 lansiran Goodyear
Previous post
Harga Ban MPV Mulai Rp 500 Ribuan, Beli via Online Bisa Pasang Gratis
Next post
Macet Saat Arus Mudik, Kementerian PUPR Akan Ubah Desain Parkir di Jalan Tol

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *