Kelas Menengah Sasaran Empuk Yamaha Indonesia
PERTUMBUHAN penduduk Indonesia dengan golongan ekonomi menengah menjadi sasaran empuk bagi produsen. Tidak hanya bagi produsen telekomunikasi atau gadget, kelas menengah di Tanah Air juga menjadi target utama industri otomotif, khususnya pabrikan sepeda motor.
Seperti yang diungkapkan secara gamblang oleh Yamaha Indonesia. Menurut pabrikan sepeda motor yang selalu menjadi rival Honda ini, masyarakat dengan penghasilan Rp3 hingga 8 juta adalah konsumen potensial Yamaha. Hal itu dibuktikan dengan larisnya 1.500 unit Yamaha R15 dalam tempo kurang dari satu hari.
Menurut Eko Prabowo selaku General Manajer Komunikasi dan Pengembangan Komunitas Yamaha Indonesia, dengan uang muka Rp6 juta dan harga motor sport itu Rp28 juta konsumen Yamaha sanggup untuk membeli R15. Selain itu Eko juga menilai saat ini ada pergeseran pengguna sepeda motor bebek dan skutik beralih ke motor sport sebagai penunjang gaya hidup.
Pabrikan Yamaha Indonesia pun semakin yakin dengan peningkatan kemampuan daya beli kelas menengah akan selalu meningkat, karena berdasarkan prediksi lembaga kependudukan kelas menengah Indonesia berjumlah 150 juta orang atau lebih dari setengah total penduduk Indonesia yang kini berjumlah 250 juta lebih