Mobil

Kelebihan dan Kekurangan Isuzu Panther di Mata Pemilik

Kelebihan dan Kekurangan Isuzu Panther

Mengetahui kelebihan dan kekurangan Isuzu Panther membantu konsumen lebih mudah memilih unit terbaik ketika hendak membelinya. (Foto: Wikimedia)

Jakarta – Kelebihan dan kekurangan Isuzu Panther menjadi hal yang wajib diketahui oleh setiap pemilik, termasuk mereka yang baru berencana membeli salah satu Multi Purpose Vehicle (MPV) legendaris ini.

Tapi untuk saat ini jangan harap bisa memiliki Isuzu Panther dalam kondisi baru. Pasalnya, per 10 Februari 2021 lalu PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengumumkan pihaknya telah berhenti menjual Isuzu Panther di Indonesia.

Itu artinya, konsumen Tanah Air kehilangan MPV yang telah menemani ratusan ribu keluarga Indonesia sejak pertama kali diniagakan tahun 1991.

Tapi nampaknya di mata pengguna keputusan itu bukan masalah besar.

Baca Juga:

Sedikit cerita, Carmudi sempat berbincang dengan Sekretaris Umum Badan Pengurus Organisasi Pusat Panther Mania Felix Valentino Partomuan Pakpahan baru-baru ini.

Buat yang belum tahu, Panther Mania sendiri bisa dibilang komunitas pengguna Isuzu Panther terbesar di Indonesia. Panther Mania diisi sekitar 3.000 anggota menuju usianya yang kedua belas tahun.

Walau Isuzu Panther sudah stop dijual, tapi mayoritas pengguna akan setia pada mobil yang mendapat julukan Rajanya Diesel ini. Begitu juga dengan komunitas Panther Mania yang akan tetap eksis.

“Meskipun Isuzu Panther telah resmi tidak diproduksi lagi, namun komunitas Panther Mania tetap ada,” tutur Felix.

Terlepas dari hal itu Felix juga menceritakan sejumlah kelebihan dan kekurangan Isuzu Panther berdasarkan pengalamannya memiliki Isuzu Panther New High Grade tahun 2000 yang dibeli keluarganya dari baru.

Kelebihan dan Kekurangan Isuzu Panther

Isuzu Panther New Hi Grade tahun 2000 milik salah satu pengguna dari komunitas Panther Mania. (Foto: Istimewa)

Kelebihan dan Kekurangan Isuzu Panther

Masih ingat jargon “Wuzz wuzz, cring cring!” dari iklan Isuzu Panther? Bukan tanpa maksud, hal itu berusaha mengungkapkan kelebihan mobil ini sebagai kendaraan yang bertenaga sekaligus irit bahan bakar.

Rupanya, hal tersebut pun bukan hanya iklan semata. Isuzu Panther memang mendapat banyak pengakuan positif untuk performa mesinnya.

“Mesin Isuzu C223 maupun 4JA1 Non dan Turbo memiliki karakter mesin yang sangat bandel alias tahan banting,” ungkap Felix.

Mesin C223 yang dimaksud Felix adalah sumber tenaga yang menempel pada Isuzu Panther keluaran tahun 1991 sampai 1995 dengan kapasitas 2.300 cc. Sedangkan mesin 4JA1 adalah mesin Isuzu Panther lansiran 2000 ke atas yang memiliki kapasitas 2.500 cc.

Ketika ditanya hal apa yang menjadi kelebihan Isuzu Panther setidaknya ada delapan poin yang membuatnya suka menggunakan mobil ini.

Kelebihan Isuzu Panther

  • Kapasitas mesin tergolong besar, yaitu 2.500 cc
  • Sudah menggunakan teknologi direct injection
  • Menggunakan bahan bakar solar
  • Konsumsi bahan irit dan murah
  • Kabin dilengkapi AC double blower dan dingin
  • Shockbreaker terasa empuk
  • Pelek bukan lagi menggunakan jenis kaleng
  • Sudah dilengkapi wiper di kaca belakang

Beberapa poin tersebut cukup membuat Isuzu Panther sebagai mobil yang cocok untuk kendaraan keluarga. Belum lagi jika menengok beberapa sisi lain yang juga menjadi kelebihan Isuzu Panther.

Sebut saja ground clearance yang jangkung sehingga pengemudi bisa lebih percaya diri melewati medan jalan non aspal. Lihat saja, sejumlah tipe Isuzu Panther dibekali footstep karena bodinya cukup tinggi.

Selain itu, mobil ini juga tersedia dalam banyak tipe. Semakin luasnya pilihan otomatis konsumen lebih leluasa menentukan tipe yang cocok dengan kondisi kantongnya.

Enggak ketinggalan, Isuzu Panther tergolong nyaman dikendarai dengan bantingan suspensinya yang empuk. Kelebihan terakhir adalah harga jual kembalinya yang cukup bertahan dibanding sejumlah rivalnya.

Meski memiliki daya tarik yang cukup kuat, bukan berarti Isuzu Panther enggak punya nilai minus. Faktanya, kekurangan Isuzu Panther justru lebih penting untuk diketahui karena akan berhubungan dengan perawatan mobil ini.

Setelah mengenal Isuzu Panther kurang lebih selama 21 tahun, Felix pun merasa ada beberapa aspek dari mobil ini yang bisa dinilai sebagai kekurangan.

Kekurangan Isuzu Panther

  • Bearing laher roda depan yang ukurannya sangat kecil cepat rusak jika sering melintasi jalanan berlubang sehingga memerlukan pengecekan rutin
  • Interior dari generasi Isuzu Panther “Kotak” sampai Isuzu Panther “Kapsul” tidak banyak berubah
  • Mesin diesel yang digunakannya, baik untuk jenis 2.300 cc atau 2.500 cc tergolong masih konvensional
  • Mesin belum mengadopsi commonrail dari awal produksi sampai sekarang

Inovasi memang bukan hal yang bisa ditemukan pada mobil ini. Dari awal produksi sampai sekarang desain bodi mobil ini pun bisa dibilang mirip. Minimnya fitur keselamatan juga bisa dilihat sebagai kekurangan Isuzu Panther.

Dari awal sampai sekarang Isuzu Panther enggak pernah mendapat fitur-fitur keselamatan berkendara modern, seperti Anti-lock Braking System (ABS), Braking Assist (BA), atau Electronic Brake Force Distribution (EBD).

Isuzu cenderung bermain aman dengan hanya melakukan beberapa kali facelift untuk membuat Isuzu Panther tetap menarik. Padahal sebagai mobil keluarga, fitur-fitur keselamatan tersebut semestinya menjadi perhatian penting.

Walau begitu Isuzu Panther sudah terlanjur melekat di hati para penggemarnya. Tercatat, hingga akhir masa baktinya mobil ini sudah terjual hingga 433.117 unit. Angka tersebut adalah gabungan dari penjualan tipe minibus dan pick up.

Isuzu Panther LS Turbo

Isuzu Panther LS yang menggunakan mesin dengan dilengkapi Turbo. (Foto: Wikimedia)

Harga Isuzu Panther Bekas

Nama Isuzu Panther sempat menjadi pusat perbincangan pada awal 2020 lalu. Sebab, beredar video memperlihatkan sebuah angkutan kota Isuzu Panther berhasil melewati banjir. Sedangkan, mayoritas mobil lainnya terpaksa berhenti dan putar balik.

Situasi tersebut sedikit banyak membuktikan mobil ini memang istimewa soal ketangguhannya. Jadi enggak salah kalau Anda berpikir untuk memilikinya, baik sebagai kendaraan pribadi maupun operasional.

Mencari Isuzu Panther bekas juga bukan hal sulit. Di halaman mobil bekas Carmudi Anda bisa menemukan ratusan unit Isuzu Panther dijual di berbagai daerah. Harganya variatif mengingat mobil ini memiliki cukup banyak tipe dan tahun produksinya panjang.

Sebagai contoh, Isuzu Panther dari generasi awal antara tahun 1993 – 1995 yang sudah menggunakan body total assy terpantau ditawarkan sekitar Rp40 jutaan. Untuk contoh yang lebih muda ada Isuzu Panther LS Hi Grade tahun 2012 yang diniagakan sekitar Rp81,5 jutaan.

Sementara itu, untuk tipe Isuzu Panther Grand Touring dari generasi akhir, seperti tahun 2015 hingga 2017 harganya masih sekitar Rp210 juta sampai Rp250 juta.

Baca Juga:

Isuzu Hi Lander Crosswind

Mobil kembaran Isuzu Panther bernama Hi Lander Crosswing yang dipasarkan di Thailand. (Foto: Wikimedia)

Tips Beli Isuzu Panther

Mengetahui kelebihan dan kekurangan Isuzu Panther tentunya akan membantu Anda ketika hendak membeli mobil ini.

Tapi ada baiknya juga mengetahui beberapa bagian yang perlu dicek agar benar-benar mendapatkan unit terbaik. Dirangkum dari berbagai sumber, bagian yang perlu dicek mulai dari bodi mobil itu sendiri.

Ketika usia mobil sudah enggak muda lagi maka ada kemungkinan karat menyerang di sejumlah bagian. Termasuk bagian kolong mobil terutama di bawah kedua pintu.

Kemudian, suspensi depan Isuzu Panther yang sudah uzur juga kerap terlalu mengayun. Hal ini dikarenakan bobot mesin diesel Isuzu Panther yang memang cukup berat. Jika ayunannya dirasa sudah enggak wajar maka sebaiknya mengganti dengan komponen baru.

Masuk ke bagian mesin, ada timing gear yang perlu diperhatikan. Sejatinya komponen ini jarang mengalami kerusakan. Tapi kalau sudah “kena” maka harga komponen penggantinya cukup menguras kantong. Salah satu ciri kerusakan pada komponen ini adalah suara mesin yang kasar berlebihan.

 

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *