Sepeda motor

Kelebihan dan Kelemahan Yamaha Lexi yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli

Calon konsumen wajib tahu mengenai kelebihan dan kelemahan Yamaha lexi sebelum memutuskan untuk membelinya.

Yamaha Lexi masuk ke dalam keluarga Maxi Yamaha. Adik dari Yamaha NMax ini memiliki spesifikasi yang terbilang cukup oke, dengan harga mulai dari Rp21 jutaan untuk varian terendah dan Rp27,3 juta pada varian tertinggi.

Desain Yamaha Lexi kental nuansa Eropa. (Foto: Carmudi)

Nah, bagi Carmudian yang ingin tahu lebih dalam terkait kelebihan dan kelemahan Yamaha Lexi, berikut ini penjelasannya.

Kelebihan Yamaha Lexi

Mirip NMax

Lexi ditawarkan dalam beberapa pilihan varian, tapi khusus pembahasan kali ini difokuskan pada varian tertinggi, yaitu S ABS.

Bila dilihat sekilas tampilan Yamaha Lexi mirip sekali dengan NMax, terutama di bagian depan. Yamaha memang sengaja membuat desain depan Lexi serupa dengan saudara kandungnya itu, tetapi bentuk dan dimesinya dibuat sedikit lebih kecil.

Bagian windshield, setang, spatbor, hingga peleknya indentik sekali dengan ciri khas dari NMax. Tetapi jika dilihat lebih dekat, perbedaan antara keduanya bisa lebih mudah dikenali.

Selain itu, dari sisi karakter antara Lexi dan NMax juga sangat mirip, yaitu sama-sama mampu membawa barang bawaan dalam jumlah banyak di bawah jok.

Namun, ada sedikit nilai tambah yang ditawarkan oleh Lexi, di mana pengguna bisa meletakkan barang bawaan di dek motor, karena Lexi mengadopsi desain flat deck, alias pijakan kaki depannya rata.

kelemahan dan kelebihan yamaha lexi

Yamaha Lexi S (Foto: YIMM)

Sedangkan Yamaha NMax memiliki punuk di bagi dek sebagai tangki bahan bakar. Sehingga tidak memungkinan untuk meletakkan barang bawaan, khususnya yang berdimensi cukup besar, seperti galon air mineral.

Suspensi Nyaman

Bicara soal kenyamanan saat berkendara, Yamaha Lexi bisa dikatakan lebih unggul dari pesaing terdekatnya yaitu Honda Vario 125.

Karakter suspensi Lexi terbilang empuk ketimbang Vario yang menurut kami punya karakter suspensi keras. Ini karena Lexi menggunakan suspensi model sub-tank di belakang.

kelemahan dan kelebihan yamaha lexi

Shockbreaker tabung Lexi (Foto: Carmudi)

Suspensi depan dan belakang Lexi punya paduan yang menurut kami pas untuk digunakan di jalan perkotaan.

Jok Lexi juga cukup empuk, bahkan lebih nyaman diduduki ketimbang jok Yamaha NMax.

Ukuran Ban Lebih Besar

Selain suspensi dan jok, faktor lain yang membuat Lexi begitu nyaman untuk dikendarai adalah ukuran ban.

Ban yang disematkan pada skutik dengan panjang 1.970 mm ini berukuran lebih besar dari pesaingnya.

Berikut ini perbedaan ukuran ban Lexi dengan Vario.

Ukuran ban Yamaha Lexi
Depan
90/90-14 tubeless
Belakang
100/90-14 tubeless
Ukuran ban Honda Vario 125
Depan
80/90-14 tubeless
Belakang
90/90-14 tubeless

Electric Power SocketPerbedaan spesifikasi ban inilah yang menjadi asumsi kami mengapa Lexi lebih nyaman dikendarai daripada Vario 125.

Yamaha memberikan electric power socket yang terdapat di bagian laci depan. Fitur tersebut sengaja ditambahkan, mengingat saat ini gadget sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang.

Pemilik sepeda motor bisa melakukan pengisian daya baterai gadget dengan mudah, Hanya saja pengguna harus menyediakan lighter charger yang biasa digunakan di mobil, supaya kabel pengisi daya batarai bisa terhubung ke gadget.

Bagi mereka yang sering melakukan perjalanan jauh, fitur ini sangat membantu. Pengguna bisa mengisi daya baterai gadget saat sedang dalam perjalanan tanpa khawatir daya baterai habis.

kelemahan dan kelebihan yamaha lexi

Yamaha Lexi S sebagai tipe tertinggi (Foto: Carmudi)

Namun, disarankan agar tidak terlalu sering menggunakan fitur ini. Dikhawatirkan tegangan listrik yang dihasilkan tidak stabil dan berpotensi merusak gadget.

Mesin VVA Turunan Yamaha Aerox

Walaupun kapasitas mesinnya hanya 124,7 cc, 1 silinder, tetapi performanya terbilang lumayan. Karakter mesin Lexi lebih bertenaga di rpm atas berkat penggunaan teknologi variable valve actuation (VVA).

Sistem VVA ini akan bekerja ketika putaran mesin mencapai 6 ribu rpm. Saat sistem VVA aktif, maka torsi mesin akan terasa merata di setiap putaranya.

Secara teknis, ECU akan menggeser pin yang digerakkan oleh solenoid supaya mengunci lower arm agar bergerak senada dengan high rocker arm.

kelemahan dan kelebihan yamaha lexi

Yamaha Lexi (Foto: Yamaha)

Mesin Lexi merupakan turunan dari mesin Aerox, hanya dibedakan dari segi kapasitas mesin dan noken as yang durasinya lebih kecil.

Punya Lampu Hazard

Yamaha Lexi sudah dibekali dengan lampu hazard yang bisa dinyalakan ketika dalam kondisi darurat, untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan lain, terutama bagi kendaraan yang ada di belakang.

Lampu hazard bisa dinyalakan dengan cara menekan tombol berlogo segitiga yang ada di setang sebelah kanan.

Kelemahan Yamaha Lexi

Setelah membahas kelebihan, mari kita kupas mengenai kelemahan Yamaha Lexi.

Ada beberapa poin yang menurut kami menjadi kelemahan utamanya.

Perbedaan Harga Antar Varian Terpaut Jauh

Kelemahan dari skutik Jepang ini adalah perbedaan harga antar varian terpaut cukup jauh.

Antara varian terendah dengan tengah punya selisih harga Rp2,9 juta, sedangkan selisih tipe terendah dengan tertinggi mencapai Rp5,6 jutaan.

Konsumen yang membeli varian rendah tidak bisa menikmati kelengkapan fitur unggulan seperti rem ABS, suspensi sub-tank, dan kunci keyless.

harga lexi

Yamaha Lexi S ABS dibanderol Rp 25,8 juta saat pertama kali diperkenalkan

Jok Tinggi

Pengguna yang punya tinggi badan di bawah 175 cm rasanya akan sedikit sulit untuk bisa duduk dengan posisi sempurna di atas Yamaha Lexi.

Posisi jok yang tinggi akan membuat pengendara kesulitan menapakkan kedua kaki saat sedang berhenti.

yamaha lexi

Emblem gold 3D Yamaha Lexi (Foto: YIMM)

Berdasarkan data spesifikasi, tinggi jok Yamaha Lexi mencapai 785 mm, lebih tinggi dari produk Yamaha lain seperti Fino (745 mm), Mio S (750 mm), dan NMax (765 mm).

Kapasitas Tangki Kecil

Kelemahan lain dari skutik ini, terdapat pada tangki bahan bakar yang terbilang kecil. Tangki Yamaha Lexi hanya mampu menampung 4,2 liter bensin.

Padahal kompetitornya punya kapasitas penyimpanan bahan bakar lebih besar, yaitu 5,5 liter.

Kompartemen Depan Sempit

Kompartemen untuk penyimpanan barang di bagian depan Yamaha Lexi menurut kami cukup sempit. Sebagai motor skutik sudah seharusnya ia dibekali dengan ruang penyimpanan besar.

Yamaha Lexi S (Foto: Carmudi)

Kompartemen Lexi hanya ada di sisi kiri, itu pun hanya bisa diisi dengan botol minum ukuran kecil dan juga smartphone saja. Sedangkan di sebelah kanan, Yamaha menghabiskan ruang kompartemen untuk kunci kontak.

Kesimpulan

Dengan penjelasan singkat mengenai kelemahan dan kelebihan Yamaha Lexi tadi, Carmudian bisa mendapatkan informasi lebih sebelum memutuskan untuk membeli.

Kelebihan utama dari skutik ini adalah suspensinya yang empuk, sehingga sangat nyaman dikendarai. Namun, kelemahan terbesarnya ada pada sisi selisih harga antar varian yang terlampau jauh dan perbedaan fitur yang signifikan.

Kelemahan dan Kelebihan Yamaha Lexi
Kelebihan Kelemahan
Tampilan mirip NMax, lebih lega dari NMaxSelisih harga cukup jauh antar tipe
Suspensi nyamanPosisi jok tinggi
Electric power socketKapasitas tangki kecil
Mesin turunan Yamaha AeroxLaci depan kecil
Punya lampu hazard

Baca Juga:

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Santo Sirait

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts