Mobil

Kelebihan Kekurangan Hyundai Ioniq 5 Usai Dites Antar Kota

Usai mencobanya selama dua hari dengan jarak tempuh 300 km lebih, terdapat beberapa kelebihan kekurangan Hyundai Ioniq 5 yang menarik untuk dikupas.

Mobil listrik ini terbilang memuaskan, tapi bukan berarti tanpa nilai minus sama sekali.

Hyundai Ioniq 5 resmi mengaspal di Indonesia sejak 31 Maret 2022 melalui pameran Indonesia International Motor Show (IIMS).

Kelebihan Kekurangan Hyundai Ioniq 5

Usai mencobanya selama dua hari dengan jarak tempuh 300 km lebih, terdapat beberapa kelebihan kekurangan Hyundai Ioniq 5 yang menarik untuk dikupas. (Foto: Carmudi)

Di Indonesia, Hyundai Ioniq 5 hadir dalam 2 tipe, Prime dan Signature. Kemudian masing-masing tipe tersebut dibagi lagi berdasarkan kapasitas baterainya, Standard Range dan Long Range.

VarianHarga
Hyundai Ioniq 5 Prime Standard RangeRp718 juta
Hyundai Ioniq 5 Prime Long RangeRp759 juta
Hyundai Ioniq 5 Signature Standard RangeRp779 juta
Hyundai Ioniq 5 Signature Long RangeRp829 juta

Mobil ini memiliki tampilan luar yang atraktif. Desainnya mengedepankan konsep Parametric Pixel yang salah satunya tertuang pada pixel LED headlamp.

Namun, modal ganteng saja tentunya tak cukup untuk menghadapi persaingan pasar. Pabrikan menyadari betul hal tersebut sehingga menghadirkan banyak teknologi dan fitur untuk melengkapinya.

Bagi konsumen yang penasaran, berikut ini adalah kelebihan kekurangan Hyundai Ioniq 5 yang masuk dalam catatan Carmudi.

Kelebihan Hyundai Ioniq 5

  • Kabin Luas dan Nyaman

Salah satu hal yang membuat kabin mobil ini terasa lega adalah tak adanya gundukan transmisi di lantainya. Ditambah lagi sandaran tangan dan konsol tengah bisa digeser maju mundur jadi pengguna bisa mengatur ruang sesuai kebutuhan.

Kelebihan Kekurangan Hyundai Ioniq 5

(Foto: Carmudi)

Lalu, walaupun terdapat panoramic roof, tapi ruang kepala masih sangat ideal.

Terkait kenyamanan, kebetulan mobil yang dikendarai adalah varian tertinggi Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range.

Itu artinya kedua bangku depan punya pengaturan jok elektrik lengkap dengan memory configuration. Beda hal jika konsumen memilih varian Hyundai Ioniq 5 Prime di mana pengaturan jok elektrik hanya tersedia untuk bangku pengemudi.

Jok depan mobil cukup lebar sehingga bisa menopang tubuh dengan baik. Kemudian terdapat semacam ottoman seat atau extender yang memberikan sandaran lebih rileks pada bagian paha.

  • Fitur Bantuan Berkendara Memanjakan

Hyundai Ioniq 5 Signature memiliki fitur bantuan berkendara paling lengkap, salah satunya Smart Cruise Control with Stop & Go Function yang tak tersedia di tipe Prime.

Kelebihan Kekurangan Hyundai Ioniq 5

(Foto: Hyundai)

Fitur ini dapat bekerja hingga kecepatan sangat rendah yang artinya mampu membuat mobil merayap di kemacetan. Fungsi ini akan sangat terasa manfaatnya bagi mereka yang tinggal di kota-kota padat.

Dipadukan dengan Lane Keeping Assist dan Lane Following Assist, pengendara pun bisa lebih santai di jalanan yang lengang karena mobil akan selalu berada di dalam lajur.

Namun, disarankan agar selalu siaga dan memegang lingkar setir selama berkendara. Mobil akan memberikan peringatan setiap kurang lebih 20 detik untuk hal tersebut.

  • Jarak Tempuh Jauh
Kelebihan Kekurangan Hyundai Ioniq 5

(Foto: Hyundai)

Khusus varian Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range memiliki klaim jarak tempuh mencapai 451 km. Untuk perjalanan Jakarta – Bandung pulang pergi pada pengetesan kemarin (20-21/6/2022) menghabiskan 72 persen energi listrik di dalam baterainya.

Untuk diketahui, sebenarnya varian termahal ini bukanlah yang paling hemat. Karena varian Hyundai Ioniq 5 Prime Long Range memiliki klaim jarak tempuh 481 km.

Pihak Hyundai menyampaikan jarak tempuh yang lebih jauh tersebut dikarenakan ban varian Hyundai Ioniq 5 Prime Long Range berdiameter lebih kecil, 19 inci. Sementara varian Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range 20 inci.

Kapasitas baterai yang dimiliki kedua varian tersebut sama saja, yaitu 72,6 kWh.

Hal lain yang menunjang efisiensi Hyundai Ioniq 5 adalah keberadaan fitur regenerative braking dengan 3 level kekuatan. Di samping itu, mobil ini juga memiliki mode berkendara Eco selain Normal dan Sport.

  • Performa Memuaskan

(Foto: Carmudi)

Pasar Indonesia memang tidak kebagian Hyundai Ioniq 5 AWD, paling tidak untuk saat ini. Namun, model yang sekarang ditawarkan pun sudah memiliki performa memuaskan.

Lembar spesifikasi menunjukkan motor listrik mobil ini dapat menghasilkan tenaga puncak 214 hp untuk varian Long Range (Signature dan Prime) dan torsi tertinggi 350 Nm pada semua varian.

Figur tersebut tergolong sehat dan terasa tarikannya pada setiap injakan pedal gas. Jika ingin merasakan sensasi maksimal cobalah menggunakan mode Sport yang dijamin akan membuat tubuh terasa terpendam di dalam jok ketika berakselerasi penuh.

Kekurangan Hyundai Ioniq 5

  • Lantai Bagasi Tinggi

Kabin mobil ini boleh dibilang memiliki desain yang sangat baik, luas dan nyaman. Namun kesan berbeda akan didapat jika menengok bagasi belakangnya.

Bagasi Ioniq 5

(Foto: Carmudi)

Tampak lantai bagasi berada di posisi yang cukup tinggi. Hal ini tentunya akan mengurangi kemudahan ketika hendak memasukkan barang bawaan terlebih lagi yang bobotnya berat.

Dalam lembar spesifikasi tertera bagasi belakang Hyundai Ioniq 5 memiliki luas 527 liter. Luas tersebut bisa bertambah tiga kali lipat jika bangku tengah dilipat.

Selain itu, sebenarnya mobil ini juga punya bagasi tambahan di depan. Lebih tepatnya di balik “kap mesin” dengan kapasitas 57 liter.

  • Radius Putar Besar

Sisi minus berikutnya dari mobil ini ialah radius putar yang terasa lebar. Sayangnya, angka pastinya tidak ditemukan di dalam lembar spesifikasi.

Ioniq 5

(Foto: Carmudi)

Hal ini akan menyebabkan pengemudi harus ekstra sabar ketika bermanuver di jalanan yang sempit. Terlebih lagi bodi mobil ini tidak bisa dikatakan kecil dengan dimensi (PxLxT) 4.635 mm x 1.890 mm x 1.605 mm.

Wheelbase-nya bahkan mencapai 3.000 mm alias 3 meter. Sebagai gambaran, rata-rata mobil Sport Utility Vehicle (SUV) medium punya wheelbase sekitar 2,7 meter.

Kabar baiknya mobil ini punya surround view monitor yang menampilkan sisi luar kendaraan dari berbagai sisi. Keberadaannya cukup membantu memonitor objek di sekitar mobil.

  • Tak Memiliki Wiper Belakang

Poin kekurangan Hyundai Ioniq 5 berikut ini mungkin terdengar sepele, namun cukup membuat pengalaman berkendara dengannya jadi terasa agak canggung terutama ketika hujan turun.

Konsumsi Listrik Hyundai Ioniq 5 (1)

(Foto: Carmudi)

Ya, Hyundai Ioniq 5 tidak memiliki wiper belakang seperti mobil pada umumnya kecuali sedan.

Mobil sedan tidak memerlukan wiper belakang karena bentuk bodinya aerodinamis. Sehingga angin yang melintas di atas bodi mobil diharapkan mampu menyeka air di kaca belakang.

Dalam sebuah sesi tanya jawab, ahli produk Hyundai juga menyampaikan alasan tersebut sebagai landasan mobil ini tak memiliki wiper belakang. Lebih detail, angin yang melintas di atas atap akan dipaksa turun dengan bantuan dua buah celah yang berada di depan spoiler.

Namun, secara teori manfaat aerodinamika hanya bisa dirasakan pada kecepatan tinggi. Lantas, bagaimana jika mobil melaju hanya dalam kecepatan rendah?

Kemudian pada mobil sedan terdapat bagasi memanjang yang menghalangi cipratan air dari roda tidak sampai menempel ke kaca. Bodi belakang Hyundai Ioniq 5 jelas tidak memiliki hal tersebut sehingga pada kondisi hujan kacanya jadi lebih cepat kotor.

Tampilan Belakang Hyundai Ioniq 5 (Foto: Hyundai)

Demikianlah ulasan mengenai kelebihan kekurangan Hyundai Ioniq 5. Sebuah mobil listrik yang tergolong memuaskan, tapi masih memiliki beberapa celah kekurangan.

Satu hal yang pasti, kehadiran Hyundai Ioniq 5 jelas memacu perkembangan kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Terlebih lagi dengan statusnya sebagai mobil listrik pertama dari pabrikan besar yang dirakit di Indonesia.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Santo Sirait

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *