Mobil

Kelebihan Mitsubishi Pajero Sport 2016 di Mata Rifat Sungkar

KELEBIHAN Mitsubishi Pajero Sport bagi sebagian orang mungkin akan terlihat dari sisi tampilan saja. Namun, menarik jika mengetahui seorang pembalap sekelas Rifat Sungkar menilai kelebihan Mitsubishi Pajero Sport terbaru ini. Apa sajakah kelebihan itu?

Berikut rangkuman Carmudi Indonesia dari penjelasan Rifat Sungkar dalam acara test drive All New Pajero Sport di Jakarta, Kamis (25/2).

Mitsubishi-Masuoka-1

Pertama-tama Rifat menilai dari sisi desain, kelebihan Mitsubishi Pajero Sport itu memiliki high quality design. “Kita lihat penampilan Pajero Sport yang berbeda sekali. Dari muka depannya ini adalah konsep muka terbaru yang akan diaplikasikan pada produk-produk Mitsubishi lainnya,” jelasnya. Konsep desain ini namanya dynamic beyond, ini menjadi signature/ciri khas baru passanger car Mitsubishi sekarang dan untuk tahun-tahun berikutnya.

Lebih lanjut Rifat mengungkapkan, “Dari penampilan luarnya, lampu depannya telah dilengkapi DRL sebagai fitur standar Dakar. Tujuannya pemakaian DRL sebagai safety, DRL sangat dibutuhkan pengendara lain untuk tingkat awareness yang tinggi. “

pajero sport baru

Kelebihan Mitsubishi Pajero Sport Sisi Interior

Kabin sangat mewah karena desain kabin sudah menjadi pakem baru. Hal itu terlihat pada dashboard, posisi perseneling sangat terjangkau. Strukturnya juga sangat baik penggabungan antara unsur logam dan kayu. Untuk pengoperasian 4×4 itu sangat mudah sekali karena hanya menyentuh tombol tidak perlu pakai tongkat lagi.

Noise atau kebisingan di dalam kabin sangat minim, karena mesin baru ini sangat minim getaran. Bagian setir tidak lagi tilt streering tapi sudah teleskopik steering. Selain bisa diangkat atau diturunkan, setir juga bisa dimajukan dan dimundurkan. Berapa pun tinggi badan Anda, sekarang posisi duduk bisa disesuaikan.

Di sistem pendingin udara (AC), kontrol memeiliki kelebihan dengan bisa mengatur suhu kabin kiri, kanan dan belakang bisa beda. Karena Pajero pakai dual climate control. Kenapa hal ini penting? Karena biasanya sopir yang menyetir lebih capek dan butuh hawa dingin, jika semua suhu kabin diturunkan maka penumpang akan merasa kedinginan.

Untuk information display yang menjadi fitur standar, semua fitur tersebut bisa diatur pada setir. Semuanya steering control, kalau dicari di dashboard maka tidak akan ditemukan. Sebelah kanan setir itu untuk pengoperasian information display, sementara yang kiri untuk mengoperasikan audio control. Sementara untuk versi 4×4 sistem audio control terintegrasi dengan sistem park view.

Untuk body mounting sudah diperbesar dibandingkan versi sebelumnya, sehingga sekeras apapun medan jalan, body mounting bisa meredam getaran. Ini dikombinasikan dengan perendam kabin yang baik. “Ada salah satu kejadian di Malang, ketika melakukan test drive ada salah satu konsumen yang menanyakan kapan versi dieselnya keluar? Padahal dia sedang mencoba versi diesel, dia mengira ini versi bensin saking tidak ada getaran suaranya,” kisah Rifat.

aksi pajero

Kelebihan Mitsubishi Pajero Sport Sisi Mesin

Selanjutnya Rifat menjelaskan teknologi terbaru yaitu, aplikasi dari mesin terbaru. Dengan cc yang turun, tapi powernya naik 3hp. Ukuran intercooler-nya dua kali lebih besar daripada versi sebelumnya. Jadi dia akan menerima angin segar lebih banyak untuk bisa memutar di variable geometric turbo, sehingga mobil ini jadi superior tenaganya. Selain mesin gearbox juga baru yaitu 8 speed.

dasboard pajero

Kemarin saya mendapatkan pertanyaan sangat menarik yaitu dengan gearbox yang lebih banyak maka bisa mengonsumsi bbm lebih banyak. Saya klarifikasi sedikit, gearbox itu sama saja kita menaiki anak tangga. Dengan 8 speed maka tenaga mesin yang dikeluarkan lebih ringan ketimbang dengan transmisi 5 speed. Dengan gearbox yang lebih banyak speed-nya maka akan membantu pembagian tenaga di setiap giginya, sehingga kerja mesin semakin ringan.

“Keuntungan lainnya adalah ketika kita ingin berjalan atau berakselerasi di rpm berapapun , maka responnya akan lebih cepat. Karena perbandingan giginya jadi lebih dekat, itulah teknologi baru yang sangat menguntungkan,” tutup Rifat.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts