Home » Berita » Kenaikan Penjualan Daihatsu Sigra Dibanding Tahun Lalu Tidak Terlalu Signifikan

Kenaikan Penjualan Daihatsu Sigra Dibanding Tahun Lalu Tidak Terlalu Signifikan

Daihatsu Sigra
Daihatsu Sigra (Foto: ADM)

Jakarta – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Agen Pemegang Merek mobil Daihatsu di Indonesia kembali mengumumkan hasil penjualan periode Januari sampai Oktober 2018. Sepanjang 10 bulan di tahun ini, posisi teratas masih dihuni oleh mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan harga terjangkau yaitu Daihatsu Sigra.

Keperkasaan Daihatsu Sigra dalam hal penjualan belum bisa tertandingi oleh saudara-saudaranya.

Berdasarkan data penjualan retail sales (dealer ke konsumen) Daihatsu tercatat sebanyak 39.530 Sigra laku terjual sepanjang 2018 atau berkontribusi sebasar 25 persen dari total penjualan mobil Daihatsu. Bila dibandingkan dengan tahun lalu di periode yang sama, peningkatan penjualan Sigra tidak terlalu siginifikan. Pada 2017 Daihatsu Sigra terjual sebanyak 38.166 unit.

Baca juga: Penjualan Daihatsu Xenia dan Ayla Merosot Dibanding Tahun Lalu

Di posisi berikutnya setelah Sigra ditempati oleh Gran Max (PU) dengan penjualan sebanyak 34.434 unit atau 21 persen. Kemudian Xenia yang betah berada di posisi ke tiga dengan perolehan penjualan sebanyak 25.728 unit (16 persen).

Selanjutnya SUV andalan Daihatsu yaitu Terios berhasil mengalami lonjakan penjualan 2 kali lipat di banding tahun lalu. Karena setelah “berganti baju” pada akhir 2017. Daihatsu mencatat 23.623 Terios (15 persen) terjual pada periode Januari-Oktober 2018.

Daihatsu Ayla berkontribusi 19.947 unit (12 persen) dan Gran Max (MB) 13.157 unit (8 persen). Sedangkan jajaran mobil Daihatsu lainnya seperti Luxio, Sirion & Hi-Max total penjualannya mencapai 4.562 unit atau menyumbang 3 persen saja dari total penjualan Daihatsu secara nasional.

Sementara itu dari sisi penjualan wholesales (pabrik ke dealer) Daihatsu Sigra masih memimpin dengan jumlah pengiriman unit sebanyak 42.704 mobil atau sekira 25 persen dari total mobil Daihatsu yang didistribusikan. Selanjutnya ada Gran Max (PU) sebesar 35.556 unit (21 persen), Terios dengan raihan sebesar 25.169 unit (15 persen), dan Xenia 24.807 unit (15 persen).

Kemudian, Ayla 22.705 unit (13 persen), dan Gran Max (MB) sebanyak 13.309 unit (8 persen). Sedangkan Daihatsu Luxio, Sirion, dan Hi-Max berkontribusi sebesar 4.289 unit (3 persen).

Total Penjualan Mobil Daihatsu

Bila ditotal secara keseluruhan tercatat retail sales Daihatsu mencapai 160.981 unit sedangkan wholesales sebanyak 168.539 unit. Dengan volume pasar retail nasional mencapai 945.084 unit, atau tumbuh sekira 10 persen dibanding periode yang sama 2017, Daihatsu berhasil meraih pangsa pasar (market share) 17 persen.

Sedangkan berdasarkan total pasar wholesales nasional sebanyak 962.697 unit, atau tumbuh sekitar 7 persen dibanding periode tahun lalu, maka Daihatsu meraih pangsa pasar 17,5 persen.

“Kami sangat bersyukur dengan capaian positif dan kepercayaan masyarakat terhadap Daihatsu. Dalam waktu dekat, kami segera menyesuaikan harga jual kendaraan. Sehingga inilah saat yang tepat bagi konsumen untuk membeli mobil Daihatsu dengan harga lebih menguntungkan,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM.(dol)

Previous post
Sedikit yang Berubah, Begini Tampilan Kia Sportage Facelift
Next post
Jangan Sampai Salah, Begini Teknik Pengereman Saat Mengendarai Sepeda Motor Matik