Sumber informasi

Kenali Fungsi HANS, Teknologi yang Menyelamatkan Pembalap

Dunia balap merupakan salah satu olahraga dengan resiko tinggi, tak heran perlengkapan yang wajib dipakai pembalap punya keamanan tinggi. Salah satu yang wajib diketahui adalah fungsi dari perangkat bernama Head and Neck Support (HANS).

Pernah mendengar kata HANS? Bagi penggemar balap tentunya tahu, namun bagi mereka yang belum pernah mendengar, yuk kita bahas bersama.

HANS merupakan alat yang terbuat dari serat karbon untuk menyangga leher pembalap. Fungsinya mengurangi cedera kepala atau leher jika terjadi kecelakaan dan membuat kepala tetap diam saat berbelok di kecepatan tinggi.

fungsi hans

Fungsi dari Head and Neck Support (HANS) di dunia balap.

Perangkat ini berbentuk seperti huruf U dan dipasang di bagian tengkuk dengan ditopang oleh bahu. Jika pembalap tidak memakai HANS, maka ia bisa berpotensi mengalami pergerakan leher atau disebut Basilar Skull Fracture.

Dengan kata lain, ia akan mengalami ‘Muskuloskeletal’ yang bisa menyebabkan kematian seketika.

Cara Kerja HANS

Saat terjadi kecelakaan, pembalap akan mengalami Overstretching, sehingga potensi mengalami cedera leher dan batang otak sangat besar. Tanpa HANS, leher bisa langsung patah dan pembalap tak akan bisa diselamatkan nyawanya.

Biasanya saat terjadi tabrakan, kepala akan maju ke bagian depan akibat momentum. Sementara tubuh terikat dengan sabuk pengaman.

fungsi hans device

Fungsi dari Head and Neck Support (HANS) di dunia balap.

Saat tabrakan, mobil akan mencoba berhenti, tetapi gaya dorong ke depan masih sangat kencang sehingga membuat kepala maju dengan kencang.

Nah, kepala yang maju ini yang berpotensi membuat pembuluh darah di kepala bisa pecah seketika dan menyebabkan kematian.

Salah satu pembalap yang wafat akibat kecelakaan sebelum diwajibkan memakai HANS salah satunya adalah Ayrton Senna di GP San Marino 1994. Ia mengalami patah tulang tengkorak Basilar yang menjadi momok bagi pembalap, terutama balap Formula1.

Selain itu ada juga pembalap NASCAR, Dale Earnhardt yang wafat pada 2001 di sirkuit Daytona International Speedway. Dale mengalami kecelakaan fatal akibat mobilnya menabrak dinding ketika bersentuhan dengan pembalap Sterling Marlin.

fungsi hans device

Fungsi dari Head and Neck Support (HANS) di dunia balap.

Setelah kecelakaan yang dialami Earnhardt, NASCAR mulai mewajibkan perangkat keselamatan seluruh pembalap, salah satunya HANS. Earnhardt merupakan pembalap keempat yang wafat akibat kecelakaan parah di balap NASCAR dalam kurun waktu 1 tahun.

Sejak kematiannya, hingga saat ini belum ada lagi pembalap NASCAR yang tewas akibat kecelakaan setelah memakai HANS. HANS menjadi perangkat keselamatan yang wajib dipakai oleh seluruh peserta balap mobil tanpa terkecuali.

Pada Formula1, HANS mulai diwajibkan dipakai seluruh peserta pada 2013 lalu. Tujuannya menyelamatkan pembalap ketika terjadi kecelakaan di atas sirkuit.

Baca Juga:

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts