Berita

Kenapa All New Honda HR-V Pakai Panoramic Sunroof Manual?

Lombok — Salah satu hal unik pada All New Honda HR-V yakni penggunaan panoramic sunroof dengan pengoperasian manual.

Mungkin banyak orang bertanya-tanya, apa alasan Honda menghilangkan pengoperasian elektrik pada panoramic sunroof milik All New HR-V?

Menjawab hal tersebut, PT Honda Prospect Motor (HPM) pun akhirnya membuka suara. Menurut Yoshitomo Ihashi, Large Project Leader of All New Honda HR-V Honda Motor Co., Ltd., Automobile Operations, Monozukuri Center ada beberapa alasan mengapa Honda menggunakan penutup sunroof dengan mekanisme seperti puzzle.

“Pada HR-V generasi terdahulu, kaca panoramicroof-nya lebih kecil. Kini memakai ukuran lebih besar,” ujarnya dalam konferensi pers di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (23/5/2022).

panoramic sunroof hr-v

Pengoperasian penutup atap panoramic sunroof pada All New HR-V. (Foto: Rizen/Carmudi)

Ia mengatakan penggunaan panel penutup atap panoramic dengan mekanisme manual tersebut sejalan dengan konsep Honda.

“Kalau ditanya mengapa, karena sesuai dengan konsep kami untuk memberikan pengalaman kabin yang lebih luas untuk bisa menikmati pemandangan alam,” sambungnya.

Pada penutup atap panoramic bagian depan menggunakan model sliding yang dilapis kain. Sementara di bagian belakang terdiri dari dua bagian yang bisa dilepas pasang dengan penggunaan klip untuk pengunci yang dipasang di bagian belakang.

Fungsi penutup panoramic sunroof pada HR-V baru ini dikatakan mampu menahan masuknya sinar matahari ke dalam kabin.

Sunshade ini berfungsi untuk menutup bagian dalam dari sinar matahari dan menyamarkan penumpang dari dalam ketika dilihat dari atas,” tegasnya.

Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah All New Honda HR-V tersebut bisa dipasangkan dengan mekanisme elektrik? Ia pun menampik hal tersebut.

panoramic sunroof hr-v

All New Honda HR-V di Indonesia tersedia dalam empat tipe, sedangkan di Jepang hanya dua. (Foto: Carmudi/Dimas)

“Kalau dibuat pengoperasian elektrik akan memakan tempat yang lebih besar untuk menaruh rel, sehingga akan terlihat seperti HR-V generasi sebelumnya. Penggunaan kaca tersebut juga mampu menangkan sinar UV hingga 75% sehingga panas dari matahari tidak masuk ke dalam,” kata Yoshitomo Ihashi.

All New Honda HR-V dengan panoramic sunroof ini hanya tersedia dalam dua tipe yang terdiri dari SE dan RS Turbo. Sementara di Indonesia sendiri PT HPM menawarkan All New HR-V dalam empat tipe yang terdiri dari S, E, SE, dan RS Turbo.

Bagi pecinta panoramic sunroof dengan pengoperasian elektrik tentu akan sedikit kecewa dengan hal ini. Namun bagi pecinta mobil dengan atap kaca yang luas akan cukup senang dengan hadirnya pengoperasian panoramic sunroof manual yang cukup ‘aneh’ menurut banyak orang ini.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts