Home » Sepeda motor » Kenapa Harga Yamaha RX King Cobra Begitu Mahal, Apa Kelebihannya?

Kenapa Harga Yamaha RX King Cobra Begitu Mahal, Apa Kelebihannya?

Yamaha RX King 150 Juta (Foto: Bonsaibiker)

Jakarta – Bicara mengenai sosok sepeda motor Yamaha RX King tentu selalu punya topik hangat untuk dibicarakan. Terlebih bagi para pecinta sepeda motor 2 tak, wah motor ini sedang dianggap ‘dewa’ bagi semua sepeda motor. Salah satu motor yang menjadi cawan suci bagi pecinta RX King adalah Yamaha RX King Cobra, atau RX King generasi pertama. Model ini menjadi model yang cukup diincar, harganya pun juga mahal.

Entah apa yang menyebabkan harga sepeda motor ini melejit cukup tinggi. Tapi yang jelas, RX King seakan selalu punya banyak topik untuk dibahas. Nah, kami akan mencoba membeberkan sedikit alasan mengapa Yamaha RX King Cobra punya harga yang mahal. Kira-kira Carmudian tahu enggak kenapa motor ini harganya sekarang sangat mahal?

Sejarah Yamaha RX King di Indonesia

Sebelum membahas motor ini lebih dalam, sebaiknya kita bahas dulu sejarahnya. Sebelum melihat Yamaha RX King yang sudah ada seperti sekarang ini, rasanya kalian perlu tahu tentang Yamaha RX 100 dulu.

Yamaha RX 100

Yamaha RX 100
Yamaha RX 100

Yamaha RX 125

Yap, motor ini merupakan kakek buyut dari keluarga sepeda motor “jambret”, sebutan tren bagi Yamaha RX King. Yamaha RX 100 ini pertama kali lahir pada 1977 dan didatangkan secara langsung dengan status CBU. Sesuai dengan kubikasi mesinnya, motor ini hanya berkapasitas 100 cc, 2 tak bertenaga 11,5 Hp. Di eranya dulu, motor ini bisa melesat sampai 110 km/jam. Pada zaman itu, motor ini termasuk ke dalam motor yang kencang, bro!

Yamaha RX 125
Yamaha RX 125

Dua tahun kemudian tepatnya pada 1979, lahirlah generasi kedua dari RX, yakni Yamaha RX 125. Yamaha RX 125 ini bermesin 1 silinder, 123 cc, 2 tak bertenaga 13 Hp. Kedua mesin ini masih memakai transmisi manual 4 percepatan.

Yamaha RX K

Yamaha RX K
Yamaha RX K

Setahun kemudian pada 1980, Yamaha merilis RX-K. Yamaha RX-K inilah yang merupakan cikal bakal RX-King yang akrab kalian lihat saat ini. Model ini juga sudah menggunakan mesin 135 cc, dengan tenaga 17,5 hp. Kecepatannya pada saat itu bisa melesat hingga 150 km/jam! Salah satu perbedaan Yamaha RX-K ini adalah ia memakai fairing seperti topi di bagian lampu depan. Motor ini juga didatangkan dengan status CBU dari Jepang, tapi sayangnya kurang laku di Indonesia.

Yamaha RX S

Yamaha RX S
Yamaha RX S

Generasi selanjutnya adalah RX-S yang hadir pada 1981. Motor ini punya desain yang tidak berbeda jauh dibandingkan generasi pendahulunya. Bedanya, di bagian belakang terdapat bodi kecil di atas lampu belakang. Ukuran mesin dari motor ini juga lebih kecil, hanya 115 cc. Tapi tetap menggunakan mesin 2 tak. Nah, setelah kemunculan RX-S ini baru deh lahir RX-Special di tahun 1983. Model ini merupakan model pengembangan dari RX-S yang sebelumnya sudah ada. Mesinnya pun sama dengan versi RX-S.

Yamaha RX King Cobra

Yamaha RX King Cobra
Yamaha RX King Cobra

Pada 1983, baru deh lahir Yamaha RX King Cobra. Sebenarnya motor ini punya nama Yamaha RX King saja, akan tetapi bentuk setang dan tangkinya ini dinilai seperti ular kobra. Motor ini menjadi keluarga Yamaha RX King yang paling dicari oleh para kolektor dan pengguna. Salah satu cirinya adalah penggunaan decal atau stiker di bagian tangki dengan grafis garis dua warna. Sepeda motor ini bermesin 135 cc, 1 silinder, 2 tak bertenaga 18,2 Hp dengan torsi 15,1 Nm.

Ada alasan tersendiri mengapa motor ini menjadi salah satu motor incaran. Sebab, Yamaha RX King Cobra sebelum benar-benar diluncurkan telah melalui proses riset mendalam. Pihak Yamaha melakukan survey ke seluruh wilayah di Indonesia sebelum benar-benar merilis varian ini. Selain itu, mesin motor ini juga dibuat sepenuhnya di Jepang, dengan kode Y1 dan Y2.

Yamaha RX Z

Yamaha RX Z
Yamaha RX Z

Setelah generasi ini, hadir lagi keluarga Yamaha RX tetapi dengan konsep yang sedikit berbeda. Ia adalah Yamaha RX-Z yang tampil dengan desain lebih sporty. Yamaha RX-Z ini pertama kali muncul di tahun 1985 dengan desain yang benar-benar baru. Lampunya memakai fairing, di bagian bawah juga terdapat bodykit. Serta bodi bagian samping juga terlihat melancip hingga belakang. Tak hanya itu saja, knalpot dari motor ini juga berbeda dari generasi RX yang sudah ada.

Mesin yang dipasang pada varian ini juga berbeda di bagian langkah silindernya. RX Z memiliki langkah silinder 56 x 54 mm, dan RX King punya langkah 58 x 50 mm. Hal inilah yag membuat performa RX Z lebih baik dan mampu melesat lebih kencang. Setelah generasi RX Z, ada juga Yamaha RX R pada 1988. Model ini bisa dibilang cukup jarang terlihat di Indonesia. Karena kapasitas mesinnya yang lebih kecil membuatnya kurang diminati.

Yamaha RX King Master

Yamaha RX King Master
Yamaha RX King Master

Berlanjut di tahun 1996, Yamaha kembali merilis Yamaha RX King Master. Yamaha RX King Master ini punya ciri striping di bagian tangki berbesain seperti huruf M dengan titik-titik di bagian dalam M-nya. Model ini sebenarnya sama persis dengan versi RX King Cobra, bedanya motor ini sudah sepenuhnya dibuat di Indonesia. Varian ini juga enggak kalah laris, karena motor ini cukup menjadi favorit pada eranya.

Generasi terakhir di keluarga RX King adalah versi New yang lahir pada tahun 2002. Yamaha RX King ini sudah memakai lampu depan yang tak lagi kotak, melainkan bulat. Model ini juga diberikan penambahan katalis agar emisi yang dihasilkan semakin baik.

Alasan Mengapa Yamaha RX King Cobra Mahal

Yamaha RX King 150 Juta (Foto: Bonsaibiker)

Setelah mengetahui sedikit seluk beluk dari rantai keluarga Yamaha RX ini, apa kalian bisa menebak mengapa Yamaha RX King saat ini mahal? Beberapa sumber menyebutkan jika tingginya harga RX King maupun suku cadangnya ini diakibatkan oleh negara produksi. Mesin yang masih dibuat sepenuhnya di Jepang, otomatis memiliki harga yang jauh lebih mahal. Karena mesin buatan Jepang ini dianggap paling bandel dan tidak mudah rusak.

Alasan lain yang membuat harga RX King terutama versi Cobra menjadi mahal adalah faktor nostalgia. Banyak orang yang ingin mengenang kembali memori indah di masa kecil pada saat menaiki sepeda motor tersebut. Alasan ingin bernostalgia inilah yang dianggap menjadi salah satu faktor harga RX King melejit. Banyak orang melakukan restorasi total demi menyegarkan tampilan dan performa dari Yamaha RX King ini. Maklum, untuk sebuah sepeda motor usianya sudah termasuk uzur sehingga sudah wajar dilakukan restorasi.

Tutup Oli RX King Agak Tersembunyi di Balik Kick Starter (Foto: Jiwa Kingers)

Tapi jangan salah, untuk melakukan restorasi sebuah Yamaha RX King bukanlah perkara mudah. Kesulitan mencari spare part asli dan mahalnya harga spare part menjadi tantangan utama bagi para pemilik. Sebagai gambaran, beberapa suku cadang bahkan ada yang memiliki banderol di atas Rp10 juta untuk satu item. Apalagi untuk mengganti blok mesin Y1 dan Y2 yang dianggap sebagai barang sangat berharga untuk dipasang di RX King. Selain langka, blok mesin ini punya harga yang cukup gelap, alias sesuka penjual memberikan harga. Blok mesin ini jika dijual bahkan bisa mencapai Rp20 jutaan.  Harga yang cukup fantastis bukan?

Nah, buat Carmudian yang berminat merestorasi Yamaha RX King, ada baiknya bergabung dengan komunitas. Hal ini dapat mempermudah untuk mendapatkan suku cadang yang diinginkan karena mendapat banyak informasi.

Perawatan Yamaha RX-King di Rumah (Foto Rumah Sleman)

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Nostalgia, Simak Spesifikasi Lengkap Honda Tiger 2000

Previous post
Suzuki Segera Berhenti Menjual Jimny, Ini Penyebabnya
Next post
Diam-Diam DFSK Siapkan Pesaing Daihatsu Gran Max, Ini Penampakannya