Berita

Keren, Honda Civic Type R Ditunjuk Sebagai Safety Car WTCR 2021

Eropa – Eurosport Events kembali menunjuk Honda Civic Type R Limited Edition sebagai safety car untuk kejuaraan balap mobil internasional, FIA World Touring Car Cup (WTCR) musim 2021. Ini kali kedua Honda Civic Type R menjadi safety car di ajang balap yang sama.

Sebagai mobil keselamatan di WTCR 2021, Honda Civic Type R Limited Edition mendapat sedikit tambahan aksesori sebagai pendukung kinerjanya di lintasan balap. Seperti pemasangan lampu strobo di atap, kemudian pada bagian bodinya terpasang sejumlah stiker berwarna hitam.

Civic Type R Safety Car

Honda Civic Type R Limited Edition sebagai mobil keselamatan (Foto: Paultan)

“Kami sangat senang bahwa Honda telah memperpanjang komitmennya sebagai Official Safety Car Partner FIA World Touring Car Cup dengan Civic Type R Limited Edition untuk musim 2021,” ungkap Xavier Gavory, WTCR Director, Eurosport Events, seperti dikutip dari Fiawtcr, Senin (24/5/2021).

Menurut Gavory, Honda Civic Type R sangat cocok sebagai safety car bukan hanya karena status ikoniknya, tetapi juga karena kualitasnya.

“Mobil ini punya peringkat keselamatan yang sangat baik, harga terjangkau, dan tampilan dinamis sangat sesuai dengan prinsip yang mendasari WTCR,” sambung dia.

Civic Type R Safety Car

Honda Civic Type R Limited Edition sebagai dipilih oleh Eurosport Events menjadi Safety Car (Foto: Paultan)

Masih Mengandalkan Mesin 2.0 Liter

Honda tidak mengubah spesifikasi mesin Civic Type R Limited Edition, pabrikan mobil asal Jepang itu masih mengandalkan mesin mesin 2.0 liter VTEC Turbo bertenaga 315 hp pada 6.500 rpm dan torsi puncak 400Nm.

Berdasarkan hasil pengujian, Civic Type R Limited Edition mampu berakselerasi dari posisi diam sampai 100 km/jam dalam 5,7 detik.

Di sisi lain, edisi terbatas ini bobotnya lebih ringan sekitar 47 kg lebih bila dibandingkan dengan Civic Type R biasa yang dijual di Eropa.

Honda Civic Type R Limited Edition (Foto: Paultan)

Penurunan berat mobil dikarenakan beberapa aksesori dibagian interior dilepas, seperti head unit, dan sistem pendingin kabin (AC). Sedangkan bagian eksterior, wiper dan tonneau cover dilepas.

Sama seperti Type R facelift, Civic Type R Limited Edition juga mendapatkan eksterior yang direvisi, sementara suspensi telah disempurnakan untuk respons yang lebih baik.

Sistem pengereman mobil telah ditingkatkan dengan memasangkan dua cakram pada bagian roda depan dan belakang.

Honda Civic Type R edisi terbatas (Foto: Paultan)

Selain itu terdapat beragam fitur unik yang disiapkan secara khusus, seperti pelek forged BBS berukuran 20 inci dibungkus ban Michelin Cup 2.

Civic Type R edisi terbatas juga dibekali teknologi bantuan pengemudi dan fitur keselamatan aktif terbaru.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts