Home » Tips dan Trik » Ketahui Cara Memilih Kaca Film Terbaik Bagi Mobil Anda

Ketahui Cara Memilih Kaca Film Terbaik Bagi Mobil Anda

Ilustrasi kaca film terbaik (Foto: RR Custom)

Jakarta – Kaca film di mobil menjadi alat untuk melindungi interior Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, mengurangi silau saat mengemudi dan meningkatkan penampilan keseluruhan dari kendaraan. Untuk itu, kita perlu memilih kaca film terbaik agar tetap nyaman selama berkendara di siang yang terik.

Kaca film juga dapat mengurangi panas di kendaraan, atau yang sering memarkirkan mobil di luar. Namun tidak semua kualitas kaca film diciptakan sama. Memilih kaca film terbaik kadang-kadang sulit untuk dibedakan dengan kualitas yang biasa.

Tapi jangan lupa, kenyamanan pandangan saat berkendara malam juga harus diperhatikan. Kaca film pada umumnya sering ditawarkan dalam berbagai warna, seperti hitam, charcoal, abu-abu, emas dan perunggu yang cukup populer.

Kaca film pada umumnya dibagi dalam dua kategori, non-reflektif dan metalized. Kaca film non-reflektif menawarkan kontrol panas dan silau melalui penyerapan cahaya matahari.

Salah satu kaca film yang paling umum dan sudah lama ada yaitu jenis dyed yang memberikan peningkatan kualitas optik dan kejelasan melalui kontrol silau yang kuat.

Namun kaca film jenis ini kurang efektif dalam mengendalikan penyerapan panas matahari dibandingkan dengan jenis metalized. Kaca film metalized memantulkan cahaya matahari untuk menjaga panas yang dapat merusak interior mobil dan juga membantu memberikan privasi bagi pengemudi dan penumpang di dalamnya.

Di beberapa negara, kaca film jenis ini ilegal karena dapat mempengaruhi fungsi kendaraan dan mengganggu sinyal ponsel, radar atau GPS.

Bahan Untuk Kaca Film Terbaik

Kaca film Wincos. Foto/Dok. Wincos.

Selain kategori dasar, materi yang digunakan untuk pembuatan kaca film cukup bervariasi. Sejumlah materialnya diantaranya adalah dyed film, carbon film dan ceramic film. Dyed film adalah pilihan yang paling murah, tetapi daya tahannya juga singkat.

Carbon film sifatnya padat dan kuat dan memiliki tingkat kemungkinan memudar yang rendah. Namun kaca film jenis ini dapat menciptakan masalah bagi pengemudi dalam situasi silau akibat pancaran lampu dari mobil di arah berlawanan dan kabut tebal.

Kemudian ada bahan Ceramic film yang bisa meminimalisir masalah silau dan memiliki karakter menolak panas yang cukup tinggi. Sayangnya, kaca film jenis ini cenderung cepat teroksidasi dan memudar.

Jenis yang lainnya adalah nano carbon ceramic, yang menggabungkan kelebihan dari carbon dan ceramic film dan meminimalisir kekurangannya. Biasanya kaca film jenis ini memiliki umur pemakaian yang relatif lebih panjang dibanding tiga jenis lainnya.

Kaca Film dan Perlindungan Dari Sinar Ultra Violet

kaca film Llumar
Kaca film Llumar dengan produk premium teranyar. Foto/Dok. Llumar

Sinar UV yang menembus kaca jendela Anda dapat menyebabkan kerusakan bahkan membuat warna interior mobil memudar. Parahnya, efeknya dapat meluas dan merusak kulit. Produk kaca film yang baik biasanya memiliki kemampuan menolak UV sekaligus melindungi kulit dan interior mobil dari dampak sinar UV hingga 99 persen.

Terkait dengan penggunaan kaca film yang ramah sinyal, alias pemakaiannya tidak akan mengganggu kinerja sinyal ponsel, radar atau GPS, adalah kaca film yang berteknologi absorb film atau nano technology. Meski banyak disebut sebagai jenis kaca film terdepan, namun untuk wilayah dengan iklim tropis di Indonesia kaca film jenis ini dianggap kurang tepat pengaplikasiannya.

Sejumlah brand kaca film menawarkan kemampuan SPF (Sun Protector Factor) dengan tingkat yang bervariasi. Setiap 1 SPF disebut sudah mampu melindungi kulit manusia selama 10 menit lamanya.

Tips Memilih Kaca Film Terbaik untuk Mobil

Pilih Merek Ternama

Tiap jenis kaca film memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing jadi Anda sebaiknya mencari yang memiliki karakter yang sesuai dengan mobil, domisili dan budget Anda. Pahami jenis-jenis kaca film yang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Cara yang cukup mudah yaitu pilih brand yang cukup lama eksis di Indonesia karena pasti telah mengenal dengan baik karakter cuaca, suhu dan karakter pemakaian rata-rata pengguna mobil di Tanah Air.

Sesuaikan Budget Untuk Beli Kaca Film Terbaik

Ini lagi-lagi soal budget, jenis mobil, domisili dan selera Anda. Kaca film dengan kualitas terbaik dipastikan kualitasnya tahan lama, lebih menarik mata dan umumnya memiliki kemampuan penolak panas yang lebih baik. Seringkali, semakin mahal kaca film maka kualitasnya juga semakin bagus.

Kemampuan menolak panas dan UV jelas dibutuhkan. Sebab, membiarkan kulit terpapar dengan radiasi sinar UV dalam jangka waktu lama tidak menyehatkan. Kaca film kualitas terbaik akan melindungi Anda dari sengatan sinar UV hingga 99%.

Kaca film seperti ini juga memastikan bahwa energi panas matahari tidak terjebak di dalam mobil. Dengan begitu, dapat menghilangkan efek oven yang sering dialami jika mobil ditinggal dalam waktu yang cukup lama di bawah sinar matahari.

Perhatikan Tingkat Kegelapan Atau Kepekatan Warna Kaca Film

Peraturan tentang penggunaan kaca film di Indonesia ternyata sudah ada sejak lama, yakni PP Nomor 55/2012 tentang Kendaraan, UU Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, PP Nomor 44/1993 tentang Kendaraan dan Pengemudi, Permenhub Nomor 10/2012 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan, serta Permenhub Nomor 98/2013 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum.

Dari sekian banyak peraturan tersebut tidak menyebutkan tingkat kegelapan maksimal si kaca film. Secara eksplisit, penggunaan kaca film hanya dihimbau oleh pihak berwenang agar tingkat kepekatan warna tidak melebihi 60%. Ini karena kaca film yang terlalu gelap sering disalah gunakan untuk tindakan-tindakan yang menyalahi hukum.

Pemasangan Harus Dilakukan Secara Profesional

Siapapun pada dasarnya bisa memasang kaca film, tetapi tidak semua memiliki keterampilan dan alat seperti para teknisi. Pemasangan secara profesional kadang perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk jasanya. Namun, biasanya sudah masuk dalam paket harga produk saat pembelian dan kita tidak perlu khawatir karena pemasangannya juga terjamin rapi.

Pemasangan kaca film yang dilakukan sendiri biasanya memberikan kualitas yang tidak sebaik teknisi toko kaca film. Jika terpasang dengan baik, kaca film seharusnya dapat bertahan selama bertahun-tahun, sehingga Anda tidak harus mengeluarkan biaya lagi untuk menggantinya ketika warna mulai memudar.

Pilih Warna Kaca Film Terbaik Agar Cocok dengan Warna Mobil

Pemilihan warna kaca film kadang tidak begitu dipedulikan, padahal memengaruhi estetika. Bila asal memilih warna dan kepekatan kaca film, bisa jadi tidak cocok dengan warna mobil dan malah mirip angkot.

Kaca film yang tepat memberikan manfaat lain yakni tampilan mobil yang menjadi lebih atraktif. Untuk itu sebaiknya memilih warna yang kira-kira sesuai dengan warna mobil Anda. Selain warna hitam atau charcoal yang netral, ada banyak warna lainnya.

Namun jika memilih warna kaca film yang kontras dengan warna mobil, lebih baik jika tingkat kecerahan atau transparansinya lebih tinggi. Hal ini dimaksudkan supaya tidak terjadi tabrakan warna.

Merawat Kaca Film yang Sudah Terpasang

Dengan kaca film V-KOOL mampu menurunkan panas kabin mobil lebih cepat. (Foto: Carmudi/Yongki)

Setelah kaca film terpasang, biasanya Anda harus menunggu selama beberapa hari supaya kaca jendela tidak dibuka terlebih dahulu. Tujuannya agar lapisan lem kaca film matang dan benar-benar melekat di kaca dengan sempurna. Biasanya setelah terpasang, kaca jendela mobil akan dibersihkan terlebih dahulu oleh pihak pemasang.

Pada waktu pertama membersihkan kaca film yang baru terpasang, disarankan untuk menggunakan kain lembut dan bersih yang bebas dari amonia. Perhatikan juga bagian tepi karet pelipit di kaca supaya tetap bersih agar tidak menggores kaca film.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Petugas kepolisian menghentikan pengendara yang tidak mengikuti aturan PSBB, photo: antara
Previous post
Tak Memiliki SIKM ke Jakarta, Kakorlantas Persilahkan Pemudik Bandel Putar Balik
Next post
Tips Mudah Membersihkan Jok Mobil Yang Kotor