Home ┬╗ Mobil ┬╗ Ketahui Kelemahan Sedan Timor, Mobil Kontroversial yang Bandel

Ketahui Kelemahan Sedan Timor, Mobil Kontroversial yang Bandel

Sedan Timor ini sebenarnya minim kelemahan tapi besar kontroversialnya. Foto: Istimewa

Jakarta -Timor sebenarnya adalah mobil Korea yang di-rebranding untuk mobil nasional. Di negara asalnya, Timor ini adalah Kia Sephia generasi pertama. Akibat banyaknya pandangan miring, Sedan Timor dianggap punya banyak kelemahan.

Padahal, sedan Timor telah teruji dari kualitas serta populasinya. Banyak sekali masyarakat memiliki mobil ini karena gampang perawatannya dan tidak rewel. Bukti lain bila mobil ini cukup tangguh adalah sempat dipercaya sebagai armada taksi sejumlah perusahaan transportasi skala besar di era 2000an seperti Blue Bird Group dan lainnya.

Memang, Kia Sephia alias Timor ini sempat tenggelam pasarannya dikarenakan hadir pada saat krisis moneter pada tahun 1998 silam. Proses kedatangannya juga kontroversial karena melibatkan keluarga besar presiden yang berkuasa saat itu.

Namun, kita tidak membahas soal itu tapi akan mengulas seperti apa kelemahannya. Sebab, sedan Timor ini populasinya masih cukup banyak dan harga bekasnya juga terjangkau. Paling sering, orang berkomentar bila harga part dari Timor atau Kia Sephia ini mahal.

Padahal, murah mahalnya part ini sebenarnya juga bisa karena ketersediaan di pasaran yang cuma menjual barang asli. Kalian jangan bandingkan dengan merek populer Jepang yang bisa memilih part dari yang asli (genuine), OEM, KW super dan sebagainya.

Kelemahan Mendasar di Sedan Timor

Timor S515i, sedan ‘badak’ penuh kontroversi (foto: Wikipedia)

Sebagai mobil yang statusnya adalah rebranding, Timor ini datang ke Indonesia secara CKD atau merakit part yang datang dari Korea Selatan. Mobil ini bahkan menjadi sering menjadi buah bibir di forum otomotif seperti Seraya Motor atau Modifikasi.com soal durabilitas yang terbukti selama puluhan tahun.

Keluhan dari Timor ini biasanya seputar kualitas body yang tipis, atau dashboard dan panel-panel plastik yang buluk. Untuk keluhan kedua ini biasanya karena mobil yang kelamaan dijemur saat dipenampungannya di Cikampek.

“Kualitas body agak jelek, gampang penyok, dashboard kurang bagus, kecuali dapat yang awal, yang blum kejemur di penampungan. Paling cepet rusak master remnya, ganti aja punya KIA,” tulis akun Cloud di forum otomotif Seraya Motor.

Penyebab dashboard di Timor S515i ini ngelontok adalah karena bahan dasarnya yang campuran vinyl. Nah, karet vinyl ini akhirnya bisa lepas akibat kepanasan lama terjemur dan juga dari faktor usia mobil yang memang sudah cukup tua. Sekarang ini sudah banyak bengkel reparasi atau rekondisi dashboard supaya kembali rapi.

Kalian yang tertarik meminang sedan Timor tidak perlu risau, karena part Timor masih bisa di subsitusi atau dikanibal dengan mobil lain selain Kia Seperti Mazda, Toyota, Suzuki dan lain sebagainya. Soal performa dan kelengkapan fitur pun cukup oke bila dibandingkan mobil sejenis pada masanya.

Poster Timor di majalah nasional (Foto: OLX)

Interior Timor tak kalah keren, karena sudah power window, power steering dan tilt, kaca spion elektrik bisa diatur naik-turun, keluar dan ke dalam. Sedan di era 2000-an ke bawah umumnya masih memakai engkol untuk membuka kaca jendela.

Timor juga sudah dilengkapi suspensi MacPherson Strut pada sisi depan dan Wishbone di suspensi belakang. Tak bisa dipungkiri, rancangan suspensi garapan Kia ini cukup nyaman digunakan untuk ukuran sedan.

Berdasarkan pengalaman pemilik Timor, saat kondisi sehat mobil ini memiliki top speed hingga 180km/jam. Karakter mesinnya akan mengeluarkan tenaga secara optimal saat mobil dipacu 100 km/jam. Bahkan untuk Timor DOHC dikenal sangat powerful dan juga efisien karena sudah didukung injeksi.

Namun, kelemahan di sedan Timor ini berada pada pengereman yang kurang responsif apabila digunakan untuk kecepatan tinggi dan berkendara agresif.

Mesin Sedan Timor Setipe dengan Mazda

Artikel advertorial Timor (foto: Seraya Motor)

Mobil Timor memang terbilang murah tapi kata murahan sepertinya tidak bisa dilekatkan pada sedan berbasis mobil Korea ini. Sedan Timor sangat riskan overheat apabila radiator sedang dalam keadaan bermasalah dan kipas-kipasnya tidak sehat. Selebihnya, masalah di mobil ini tak ada bedanya dengan mobil lain.

Kalian yang masih awam mungkin akan sedikit terkejut karena ternyata Timor ini masih punya hubungan kekeluargaan dengan Mazda. Ini karena mesin Timor S515i alias Kia Sephia memakai B-engine garapan Mazda. Mesin di Timor ini berkode B1 dan sama seperti milik Mazda 121.

Teknologi Timor ini berkiblat ke Madza, terutama Mazda Astina yang mesinnya hampir sama (B-engine). Kalian tidak perlu khawatir soal ketersediaan sparepart karena masih banyak tersedia baik di toko atau online. Biasanya, sparepart Timor ini dijual oleh toko spesialis merek Korea yang juga menjual onderdil Kia dan Hyundai.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

BMW bakal sematkan fitur adaptive cruise control (ACC) di sepeda motor
Previous post
Mirip Mobil, BMW Motorrad Bakal Tambah Fitur Adaptive Cruise Control
Next post
Jadi Varian Tertinggi, Kia Seltos Gravity Tampil Beda