Sepeda motor Tips dan Trik

Ketahui Kode Kerusakan di Honda ADV150 Skutik Petualang dengan Sistem Canggih

Honda ADV150 kode kerusakan cuma ditandai MIL menyala terus menerus. Foto/Carmudi

Jakarta – Pada era motor injeksi, bila terjadi error atau kerusakan biasanya ditandai dengan kedipan pada Malfunction Indicator Lamp (MIL) di speedometer. Kalian sebagai pemilik ADV150 wajib tahu kode kerusakan tersebut, karena skutik terbaru Honda ini cukup canggih sistemnya.

Bila ditelisik lebih jauh, kode kerusakan (DTC) di ADV150 lebih lengkap ketimbang motor matic Honda lain. Sebab, skutik ini masuk golongan motor matic premium dari Honda.

Honda menambah dua sensor baru di ADV150. Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi kegagalan sistem pendinginan mesin dan koil di sistem pengapian. Saat kode error muncul bisa jadi tanda ada malfungsi di komponen tersebut.

DTC merupakan singkatan dari Diagnostic Trouble Code. Sinyal ini bakal muncul di MIL tapi bukan kedipan seperti skutik Honda lainnya sehingga cukup sulit untuk dibaca.

Mengetahui Kode Kerusakan di Honda ADV150

Panel instrumen dan MIL di Honda ADV150 (Foto: Gaadiwaadi)

Tidak seperti motor matic Honda pada umumnya, MIL di Honda ADV150 lampu MIL akan terus nyala kalau bermasalah. Kalian harus mewaspadai bila melihat MIL yang terus menyala saat kontak dalam posisi ON.

Ini akan menyulitkan karena kerusakan di skutik biasa akan ditandai lampu MIL muncul lewat berkedip. Artinya, untuk mengetahui kode kerusakan di ADV150 harus menggunakan diagnostic tools atau scanner.

Berikut daftar lengkap kode DTC atau kode kerusakan yang terdapat di ADV150:

  • Kode DTC 1, kerusakan sensor Manifold Absolute Pressure (MAP)
  • Kode DTC 7, kerusakan sensor Engine Coolant Temperature (ECT)
  • Kode DTC 8, kerusakan sensor Throttle Position (TP)
  • Kode DTC 9, kerusakan sensor Intake Air Temperature (IAT)
  • Kode DTC 11, kerusakan sensor Vehicle Speed Sensor (VS)
  • Kode DTC 12, kerusakan sensor Injector
  • Kode DTC 21, kerusakan sensor O2 Sensor
  • Kode DTC 29, kerusakan sensor Idle Air Control Valve (IACV)
  • Kode DTC 33, kerusakan sensor Engine Control Module (ECM)
  • Kode DTC 52, kerusakan sensor Crankshaft Position (CKP)
  • Kode DTC 57, kerusakan sensor Engine Coolant Over Temperature

Agak repot memang bila MIL ini hanya menyala terus menerus. Kita perlu membawa ke bengkel atau membeli diagnostic tools sendiri hanya untuk membaca kerusakan yang muncul.

Sinyal Kode Kerusakan Honda ADV150 Beda dari Metik Honda Lain

MIL Honda ADV150 menyala saat kunci kontak baru diputar ke posisi ON

Pada umumnya di motor metik injeksi Honda, kerusakan sistem injeksi dan elektrikal ditandai dengan kedipan pada MIL. Lampu indikator injeksi berkedip terus menerus saat kunci kontak posisi ON. Kedipan ini ada durasi panjang dan pendek yang mengandung makna tertentu.

Apabila kasusnya seperti di ADV150, maka kita harus mencolok diagnostic tools untuk membaca kerusakannya. Diagnostic ini bisa berupa alat berikut software yang diinstal ke laptop atau pairing memakai Bluetooth ke ponsel.

Karena memakai alat yang lebih canggih, pastinya kode kerusakan bisa diketahui lebih mudah. Alat diagnostic juga bermanfaat apabila kalian ingin melakukan reset ECU atau menyetel throttle position sensor (TPS).

Indikator kerusakan di Honda ADV150 sebenarnya mirip dengan Yamaha NMax. Lampu MIL hanya menyala tanpa berkedip apabila terjadi kerusakan.

Cara Baca Kode Kerusakan ADV150 dari Diagnostic Lebih Mudah

Diagnostic tools khusus motor Honda (Foto: Shopee)

Diagnostic tools khusus motor Honda (Foto: Shopee)

Tidak seperti membaca kode dari MIL, diagnostic yang telah terhubung smartphone atau laptop jelas lebih informatif. Kalian cukup mengakses menu untuk membuka riwayat kerusakan pada layar smartphone atau laptop.

Data-data yang dapat ditampilkan diagnostic tools adalah data kesalahan sensor yang terdeteksi ECM, baik data kesalahan yang sudah terjadi dan tersimpan dalam memori ECM ataupun data yang sedang terjadi yang terdeteksi ECM. Data-data tersebut akan ditampilkan pada layar yang mudah dimengerti dan informatif.

Setelah mengetahui jenis kerusakan, kalian kemudian bisa membawa ke bengkel untuk memperbaikinya. Sebab, beberapa kerusakan ini perlu dibongkar untuk diperbaiki atau ganti komponen.

Reset ECU Pakai Diagnostic Tools Lebih Mudah

Reset ECU digunakan untuk menghilangkan semua memori yang terdapat pada ECU. Sistem merekam apa saja yang telah terjadi pada motor selama jangka waktu dari terakhir kali reset.

Karena Honda ADV150 masuk kategori skutik mewah, maka reset ECU lebih mudah memakai diagnostic tools. Cara ini sebenarnya berlaku untuk semua motor injeksi apabila kita memiliki diagnostic tools.

Diagnostic tools juga memiliki fasilitas untuk melakukan reset atau menghapus data-data kesalahan yang tersimpan di ECM dengan amat mudah. Selain itu, kita bisa mengetahui data-data saat sepeda motor dalam kondisi stasioner. Fungsinya untuk melihat kinerja semua komponen injeksi dalam kondisi mesin hidup.

Baca juga: Ketahui Kode Kerusakan di Honda PCX, Mirip dengan di ADV150

Reset ECU ini bermanfaat apabila kita baru saja melakukan servis membersihkan throttle body dan injektor. Sistem akan dikembalikan ke default agar dapat membaca perubahan pasca servis.

Cara ini juga perlu kita lakukan misalnya baru saja mengganti knalpot aftermarket atau memperbaiki kerusakan yang muncul dari sensor. Setelah reset ECU, data kerusakan pun terhapus dan sistem akan berjalan ke pengaturan awal.

Bila memakai diagnostic tools, kita cukup masuk ke menu reset ECU. Tunggu sebentar proses reset sampai selesai dan motor kembali bisa digunakan dengan normal.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts