Home » Tips dan Trik » Jangan Tunggu Darurat, Ketahui Letak Dongkrak Mobil Kamu Sekarang!

Jangan Tunggu Darurat, Ketahui Letak Dongkrak Mobil Kamu Sekarang!

"<yoastmark

Jakarta – Dongkrak menjadi alat paling penting pada saat mengalami bocor ban dan biasanya setiap pabrikan mobil sudah menyediakan dongkrak bawaannya. Hanya saja, letak penyimpanan dari dongkrak ini berbeda-beda di setiap mobil. Ini jelas akan menghambat penanggulangan di saat kondisi darurat.

Maka dari itu, pemilik mobil wajib tahu di mana letak penyimpanan dongkrak bawaannya.  Seperti Mitsubishi Xpander, Honda Jazz, Toyota Agya, dan Toyota Avanza punya letak penyimpanan dongkrak yang berbeda-beda. Kira-kira semua orang sudah pada tahu belum ya soal letak dongkrak dari beberapa mobil ini?

Letak Dongkrak Mitsubishi Xpander

Mobil yang satu ini beberapa tahun ini kian hype alias menjadi tren di Indonesia. Bentuknya yang segar, sporty, dinamis dan elegan menjadi alasan mengapa Xpander banyak diburu orang. Nah, untuk Carmudian yang baru saja meminang Mitsubishi Xpander, kamu harus tahu posisi dongkrak dari mobil keluarga yang satu ini. Karena posisi dongkrak Xpander cukup unik, berada di sisi samping.

Letak dongkrak Mitsubishi Xpander
Letak dongkrak Mitsubishi Xpander

Untuk menemukan dongkraknya, Carmudian hanya perlu membuka toolkit yang ada di sisi samping belakang bagian kanan. Buka dan kamu akan menemukan kunci roda dan dongkrak. Setelah diambil dongkraknya, Carmudian hanya perlu membuka penutup kompartemen yang ada di bawah bagasi. Setelah itu carilah kunci segi enam sampai pengait dudukan ban serepnya turun. Setelah diputar, bisa lanjut ke kolong mobil.

Karena ada pengait dudukan ban yang harus diturunkan terlebih dahulu. Lalu tarik ban serep sampai keluar. Posisi dongkrak dari Mitsubishi Xpander ini bisa dibilang cukup unik, karena berada di bagian samping dari bagasi mobil. Nah, kira-kira Carmudian sudah tahu tentang hal ini apa belum? Kalau sudah tahu, jangan lupa kasih tahu teman-teman kamu ya.

Letak dongkrak Mitsubishi Xpander
Letak dongkrak Mitsubishi Xpander

Letak Dongkrak Honda Jazz

Honda Jazz juga punya popularitas yang cukup tinggi di Indonesia. Mobil hatchback yang satu ini bisa dibilang sebagai salah satu mobil hatchback yang laris manis di Indonesia. Tak heran jika populasinya banyak, dan kebanyakan digunakan oleh anak muda. Bagi Carmudian yang hendak membeli Honda Jazz, ada baiknya mengetahui lebih dulu letak dongkrak Honda Jazz. Kita enggak tahu kan kapan ban bisa bocor?

"<yoastmark

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Carmudian dapat mencari tahu letak dongkraknya terlebih dahulu. Sebenarnya letak dongkrak Honda Jazz cukup mudah ditemui, karena berada di bagian atas dari ban serep. Jadi saat mencari ban serep, dongkrak bawaan bisa langsung ketemu. Dongkrak bawaan mobil ini cukup kecil, ringkas, dan ringan. Untuk membuka dan menggunakannya, cukup mudah. Carmudian hanya perlu mengeluarkan dongkrak dari tempatnya.

Lalu gunakan kunci baut roda untuk membuka ban. Setelah itu kamu bisa mendongkrak naik mobil di bagian samping. Rocker panel dari mobil ini didongkrak ke atas menggunakan dongkrak bawaan mobil Honda Jazz karena memiliki dudukan yang pas untuk dimasuki rocker panel bagian bawah samping mobil. Cukup mudah bukan?

Letak Dongkrak Toyota Agya

Mobil ini juga tidak kalah populer dibandingkan dengan dua mobil yang sudah disebutkan di atas. Bedanya, mobil yang satu ini masuk ke dalam jajaran mobil Low Cost Green Car (LCGC).

Maret Meriah
Letak dongkrak Toyota Agya berada di bagian belakang. (Carmudi)

Nah, untuk letak dongkrak Toyota Agya sebenarnya hampir sama dengan Honda Jazz. Ia memiliki penyimpanan dongkrak yang menjadi satu dengan ban serep mobil. Untuk meraih dongkrak ini, Carmudian harus menuju ke bagasi dan membuka penutup di bagian bawah. Setelah dibuka, kamu akan melihat ban serep lengkap dengan kunci roda, dongkrak bawaan pabrik dan pengunci ban agar ban tidak bergerak ke mana-mana.

Untuk membuka roda, gunakan baut roda yang sudah disediakan. Sedangkan untuk menggunakan dongkraknya, Carmudian bisa mendongkrak bagian sasis dari mobil ini. Atau bisa juga mendongkrak di bagian bawah suspensi atau shock breaker. Beban dari mobil ini bisa dibilang cukup ringan sehingga Carmudian tidak akan mengeluarkan banyak tenaga untuk mendongkrak mobil berdimensi mungil ini.

Letak Dongkrak Toyota Avanza

Sejak pertama kali meluncur di tahun 2003, Toyota Avanza sampai detik ini tidak pernah sepi peminat. Bahkan julukan “mobil sejuta umat” akrab dengan low MPV ini.

Letak dongkrak Mitsubishi Xpander
Pemasangan dongkrak model gunting yang benar.

Bagi Carmudian yang mencari di mana letak dongkrak mobil Toyota Avanza, kamu hanya perlu melihat bagian bawah dari jok depan. Ya, Toyota memberikan dongkrak bawaan mobil ini dengan posisi di bawah bangku jok depan sebelah kiri atau jok penumpang depan.

Dongkrak bawaan Toyota Avanza bisa dibilang lumayan kecil. Selain itu dongkraknya juga mengadopsi model gunting, jadi cukup mudah untuk menaik-turunkan mobil pada saat hendak mengganti ban.

Macam-Macam Dongkrak

Dongkrak sendiri sebenarnya terdiri dari beberapa jenis. Umumnya produsen otomotif menyediakan dongkrak model gunting sebagai dongkrak wajib di dalam mobil. Di pasaran, konsumen bisa memilih dongkrak yang sesuai selera, sesuai bobot kendaraan dan model yang diinginkan. Ada beberapa macam dongkrak yang tersedia di pasaran.

  1. Dongkrak Botol

Mengapa disebut dongkrak botol? Karena dongkrak ini punya bentuk yang menyerupai botol. Cara kerjanya pun menggunakan sistem hidrolik seperti macam pompa air zaman dahulu. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu hanya perlu memasukkan tuas ke bagian naik turun yang sudah disediakan. Kelebihan dongkrak jenis ini adalah mudah digunakan pada saat mengangkat mobil dan ringan. Kekurangannya adalah harganya yang cukup mahal.

Dongkrak botol, memudahkan saat mengganti ban
Dongkrak botol, memudahkan saat mengganti ban
  1. Dongkrak Buaya

Mengapa dongkrak ini dinamakan dongkrak buaya? Karena dongkrak ini memiliki bentuk seperti mulut buaya yang sedang terbuka. Sama seperti dongkrak botol, bedanya hanya bentuknya saja. Dongkrak ini punya berbagai kelebihan. Karena memudahkan untuk digunakan di mana saja, terlebih di tanah yang tidak rata. Dongkrak ini tersedia dalam berbagai keperluan beban. Mulai dari 2 ton hingga 20 ton.

Dongkrak buaya, memudahkan saat mengganti ban
Dongkrak buaya, memudahkan saat mengganti ban
  1. Dongkrak Hi Lift Jack

Dongkrak jenis ini biasanya juga disebut sebagai dongkrak tangga. Karena bentunya terlihat seperti anak tangga yang diayun. Dongkrak Hi Lift Jack biasanya digunakan untuk mendongkrak kendaraan dengan bobot yang berat seperti misalnya kendaraan offroad.

Dongkrak hi lift jack, memudahkan saat mengganti ban
Dongkrak hi lift jack, memudahkan saat mengganti ban

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Previous post
Sambut Malam Tahun Baru, Ini Rekayasa Lalu Lintas Saat Car Free Night di Jakarta
Next post
Melihat Prediksi Tren Modifikasi Mobil di 2020 di Tanah Air