Home » Reviews » Ketahui Penyakit Honda Civic Wonder, Hacthback Legendaris Milik Honda

Ketahui Penyakit Honda Civic Wonder, Hacthback Legendaris Milik Honda

Honda Civic Wonder
Honda Civic Wonder.

Hadir di Indonesia tahun 1984 – 1991, Honda Civic Wonder menjadi salah satu mobil hatchback yang populer pada masanya. Mobil berbentuk kotak bak setrika ini memiliki mesin 1.3 liter inline-4 12 valve, serta handling dan suspensi yang mumpuni sehingga nyaman untuk dikendarai.

Honda Civic Wonder memiliki dua varian, yaitu Civic Wonder 4 pintu, dan Civic Wonder 3 pintu. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 dengan dua jenis, yaitu sedan dan hatchback.

Jenis sedan lebih banyak dikenal karena penjualannya yang sangat laris. Mobil ini memiliki keunggulan, yaitu ruang kabin dan bagasinya yang luas. Sedangkan, jenis hatchback pada saat itu kurang digemari, namun menjadi incaran para kolektor jaman sekarang karena kontur bodynya yang unik, dan unitnya yang langka.

Civic Wonder menjadi saingan utama mobil hatchback lainnya, seperti Suzuki Forsa, Daihatsu Charade, dan Toyota Starlet kotak. Memiliki banyak keunggulan, Civic hatchback generasi ketiga ini masih banyak diburu oleh para penggemar otomotif Tanah Air.

Sebagai informasi, Civic Wonder saat itu menjadi salah satu hatchback yang paling disukai banyak kalangan, khususnya oleh kaum generasi muda. Dari segi eksterior. Hatchback ini memiliki tampilan yang menggambarkan jati diri generasi muda saat itu yang memiliki gaya trendi.

Spesifikasi Civic Wonder

Eksterior

Eksterior Civic Wonder.

Dari segi tampilan, Honda Civic Wonder mengusung desain eksterior yang mengikuti tren gaya di era itu. Mobil ini hadir dengan bentuk kotak, namun terlihat lebih modern dibandingkan para kompetitornya. Karena desain ini, Civic Wonder memiliki harga yang paling tinggi di tahun 1980-an.

Fascia depan Civic Wonder memiliki headlamp berbentuk trapesium dengan sudut meruncing. Di bagian bawah area bumper, terdapat sepasang lampu sein yang sangat berguna jika lampu sein yang terletak di sebelah headlamp tidak berfungsi dengan baik.

Selain itu, di bagian bawah tengah bumper depan juga terdapat lubang yang dibuat sebagai bendungan udara menuju radiator agar proses pendinginan mesin dapat berjalan dengan baik.

Interior

Interior Civic Wonder.

Selain bagian eksterior, bagian interior Honda Civic Wonder juga bisa diklaim yang terbaik di era tahun 1980-an. Pendinginan kabin dapat bekerja secara maksimal berkat posisi kisi-kisi AC yang diletakkan pada bagian atas dashboard.

Di depan kisi-kisi tersebut, terdapat dua bagian peletakan barang, atau sering disebut dengan burger-tray. Secara keseluruhan, desain dashboard mobil ini memang klasik, namun terlihat menarik.

Jika Honda Civic Wonder versi hatchback mengusung mesin dengan kapasitas 1,3 liter, maka model sedan dibekali mesin berkode D15A1 karburator berkapasitas 1,5 liter dengan konfigurasi 4 silinder segaris, 2 katup, SOHC.

Oleh karena itu, versi tersebut mampu mengeluarkan tenaga hingga 76 HP pada putaran 5.500 rpm, dan mencapai torsi puncak di angka 114 Nm pada putaran 3.500 rpm. Meski terbilang kecil, namun tenaga dan torsi Honda Civic Wonder termasuk besar di era tersebut. Berikut detail spesifikasi Honda Civic Wonder versi hatchback.

Dimensi
P x L x T3.720 x 1.540 x 1.330 mm
Jarak Poros Roda2405 mm
Kapasitas Penumpang5 Orang
Tangki Bahan Bakar45 L

 

Mesin
Tipe MesinD13 Karburator 1.3 liter
Kapasitas Silinder1300 cc
Power Maksimal71 HP @6.000 RPM
Torsi Maksimal105 Nm @3.500 RPM
Transmisi5 Transmisi Manual
Konsumsi BBM14-17 km/L (luar kota) / 11-13 km/L (dalam kota)

“Penyakit” Honda Civic Wonder

Namun, selain memiliki keunggulan, mobil ini juga memiliki “penyakit” yang umumnya dimiliki masing-masing mobil. Berikut beberapa penyakit yang Carmudi rangkum pada hatchback legendaris ini.

1. Mudah Terkena Karat

Penyakit klasik pada mobil tua adalah karat yang mudah menempel. Ditambah, jika pemilik mobil termasuk tipe yang malas merawat mobil. Jika tidak ingin mobil ini terkena karat, Carmudian cukup dengan merestorasinya agar cat mobil menjadi baru, dan tidak terlihat kusam lagi.

2. Mesin Sering Mati Mendadak

Ada beberapa penyebab mesin Civic Wonder sering mati mendadak. Pertama, suplai bahan bakar ke mesin seringkali terganggu. Bahan bakar menjadi sumber tenaga untuk mobil. Jika suplai bahan bakar yang menuju mesin terganggu atau bahkan tidak ada, akan menyebabkan mesin mobil menjadi mati mendadak saat dikendarai.

Kedua, mesin mobil sering mengalami overheat. Mesin mobil yang mengalami panas terlalu tinggi, atau overheat juga dapat menyebabkan mobil tiba-tiba mati mendadak saat dikendarai. Selain itu, beresiko menimbulkan kerusakan pada komponen-komponen lainnya di dalam mesin mobil.

Ketiga, adanya gangguan sistem kelistrikan. Jika sistem kelistrikan mobl terganggu, akan menyebabkan arus listrik yang menuju koil menjadi tersendat atau hilang, serta sistem pengapian juga ikut mati. Sehingga, tidak ada pembakaran yang terjadi di dalam mesin mobil.

3. Kaki-Kaki Rentan Bermasalah

Penyakit bawaan Honda Civic Wonder terletak pada kaki-kaki. Jika bagian ini tidak terawat dengan baik, akan berpengaruh pada sistem kemudi mobil.Sebaiknya, periksa kondisi fisik sokbreker, ball joint, dan bushing arm.

Perhatikan apabila ada bunyi abnormal pada bagian kaki-kaki saat dilakukan uji jalan. Hal ini wajar karena usianya yang tak mudah lagi dan sudah ribuan kilometer yang ditempuh.

4. Dashboard Sering Bergetar

Saat mobil sedang berjalan atau mesin sedang dinyalakan, dashboard Civic Wonder seringkali bergetar. Hal ini disebabkan dashboard mobil sering terkena panas dingin hingga memuai, dan tidak rapat dengan dudukannya. Solusinya adalah membongkar dashboard tersebut, kemudian diganjal busa di bagian yang renggang.

5. Engine Mounting

Penyakit lainnya pada Civic Wonder terdapat pada engine mounting mobil ini. Jika engine mounting-nya rusak atau aus, idle getarannya sangat besar saat mesin mobil dinyalakan. Bahkan, getarannya bisa dirasakan hingga di dalam kabin.

6. Engsel Pintu Sering Turun

Civic Wonder memiliki penyakit di bagian engsel pintu yang sering turun. Pintu yang selalu turun jika dibuka, akan terlihat jatuh, dan untuk menutupinya menjadi sulit. Ini sepertinya akibat menahan beban pintu yang berat. Pasalnya, dimensi pintu Honda Civic Wonder berukuran cukup besar.

7. Sistem Bahan Bakar Karburator

Honda Civic Wonder masih menggunakan sistem bahan bakar karburator. Penyakit secara umum ada di karburator itu sendiri. Bagian atas karburator sering melengkung akibat usia pakai, dan panas mesin. Solusinya adalah pakai paking yang tebal, atau karburator bagian atas diratakan lagi.

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

ganjil-genap
Previous post
Asal Mula Penerapan Sistem Ganjil-Genap Kendaraan Bermotor di Jakarta
Toyota Corolla AE92, biasa disebut Corolla Twincam
Next post
Mau Berburu Toyota Corolla Twincam? Simak Kekurangan dan Kelebihannya

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *