Tips dan Trik

Ketahui Penyebab dan Cara Mencegah Rem Mobil Blong

Rem Mobil

Mencegah rem mobil blong (Foto: Auto2000)

Jakarta – Kondisi rem mobil blong sangat membahayakan pengemudi dan penumpang serta keselamatan pengguna jalan lain.

Tanpa adanya rem, laju mobil tidak bisa dikendalikan, sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan di jalan.

Begitu berguna dan bermanfaatnya fungsi rem, maka jangan pernah sekali-kali mengabaikannya.

Sama seperti peranti lain yang ada di mobil, rem juga butuh perawatan berkala supaya kinerjanya maksimal dan tidak blong.

Penyebab Rem Blong

Rem blong umumnya terjadi karena minyak rem habis. Pemilik kendaraan seringkali abai terhadap minyak rem, bahkan tidak jarang yang membiarkannya kosong.

Bisa juga disebabkan karena masuknya udara pada sirkulasi minyak rem yang menyebabkan oksidasi dan menghasilkan uap air saat terkena hawa panas sehingga membuat tekanan minyak rem menurun.

Baca Juga:

Kualitas minyak rem yang buruk karena terpengaruh suhu atau kedaluwarsa bisa juga menjadi penyebab rem mobil blong.

Khusus mobil yang sudah berumur, biasanya rem blong dikarenakan adanya endapan lumpur di dalam sistem rem yang menyumbat kinerjanya.

Selain itu, kampas rem aus, kaliper membeku, piston rem atau seal piston master silinder rusak akibat pemakaian yang terlalu lama juga bisa memicu rem mobil tidak berfungsi.

Rem mobil

TAM ajak pelanggan untuk servis mobil (Foto: Auto2000)

Mencegah Rem Mobil Blong

Untuk mencegah rem mobil blong, ada baiknya pengendara tidak terus menerus menginjak pedal rem dalam jangka waktu lama.

Hal tersebut bisa menimbulkan panas akibat gaya gesek tersimpan di kaliper rem dan membuat rem gagal beroperasi.

Hindari pula menginjak pedal rem secara penuh di jalan menurun yang terjal, guna membantu pengereman disarankan untuk menggunakan engine brake dengan menurunkan posisi gigi transmisi.

Rem tidak dapat bekerja optimal saat hujan turun atau jalan basah. Oleh sebab itu, segera turunkan kecepatan mobil ketika melalui jalan basah.

Sempatkan beristirahat ketika sedang menempuh perjalanan jauh, minimal setiap tiga jam sekali untuk memberikan kesempatan pada sistem rem melepaskan panas.

Merawat Rem Mobil

Bagian pertama yang wajib dilakukan pengecekan adalah minyak rem. Lakukan pengecekan setiap satu bulan sekali untuk memastikan minyak rem pada posisi penuh (level full), bila perlu tambahkan jika mulai terlihat mengalami pengurangan.

Baca Juga:

Rem mobil

Bengkel resmi Auto2000 (Foto: Auto2000)

Periksa pula sekitar tabung minyak rem untuk memastikan tidak ada kebocoran, terutama sekitar sambungan selang.

Formula kimia dalam minyak rem ada masa pakainya. Jika dipaksakan penggunaannya, tekanan rem bisa hilang karena kualitas minyak menurun.

Oleh sebab itu, sebaiknya minyak rem dikuras dan diganti seluruhnya setiap 40.000 km atau 2 tahun sekali untuk menjaga kualitasnya.

Lakukan pembersihan tabung minyak rem bersamaan dengan pengurasan minyak rem guna mencegah endapan sisa minyak.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts