Sumber informasi

Ketahui Peraturan, Letak, dan Harga APAR Mobil di 2021

Penyimpan APAR ukuran besar perlu memakai bracket khusus di mobil. (Foto: agen pemadam api)

Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mewajibkan setiap mobil dilengkapi dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) mulai 2021. Carmudi telah rangkum peraturan, letak, serta harga APAR 2021 bagi Carmudian yang ingin memasang alat tersebut di mobilnya.

Perlu diketahui, aturan ini hanya berlaku untuk mobil baru yang dibeli dari diler, sebagaimana dilansir dari situs resmi Gaikindo. Bagi mobil lama, belum ditetapkan. Nantinya, akan dilakukan sosialisasi mengenai APAR sebagai peralatan wajib di setiap mobil.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai peraturan, letak, dan harga APAR untuk mobil.

Peraturan, Letak, Harga APAR Mobil

Peraturan Mengenai APAR untuk Mobil

APAR Mobil Honda

Ilustrasi pemasangan APAR di ruang kabin mobil. (Foto: thanhphongauto)

Regulasi terkait APAR ini sudah resmi terbit dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat nomor KP 972/ AJ 502/ DRJD/ 2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor pada Februari 2020 lalu.

Dijelaskan bahwa diberlakukan APAR bertujuan untuk meningkatkan keselamatan saat berkendara dengan mobil. Agar tidak terjadi kecelakaan atau kebakaran yang tidak diinginkan.

Kewajiban adanya APAR di mobil dijelaskan pada pasal 2 ayat 2, 3, dan 4.

Pada pasal 2 ayat 2 tertulis bahwa kendaraan bermotor yang masuk kategori M1, N1, N2, N3, O1, 02, 03, dan 04 untuk mobil penumpang, mobil barang landasan mobil penumpang, serta landasan mobil barang wajib dilengkapi dengan fasilitas tanggap darurat berupa APAR.

Lalu pada ayat 3, tertulis jika fasilitas tanggap darurat pada kendaraan bermotor yang dimaksud di ayat 2 wajib disediakan oleh pengimpor, pembuat, atau perakit kendaraan bermotor.

Pada ayat 4, dijelaskan untuk pengimpor, pembuat, atau perakit kendaraan bermotor yang melakukan rekayasa dan rancang bangun terhadap APAR, wajib mengacu pada rancang bangun yang telah disahkan oleh Direktur Jenderal.

Untuk spesifikasinya sendiri, dijelaskan dalam pasal 6 bahwa APAR untuk kendaraan bermotor yang disebutkan di pasal 2 ayat 2 dapat memadamkan kebakaran pada benda dalam bentuk padat, cair, gas, serta instalasi listrik bertegangan.

Selain itu, juga bahan pemadamnya tidak memiliki waktu kadaluarsa, tidak beracun, mudah dipakai saat dibutuhkan, dan berada di tempat yang mudah dijangkau oleh pengguna mobil.

Jenis, Ukuran, danLetak APAR di Mobil

APAR untuk mobil mulai diwajibkan. (Foto: shutterstock)

Sebelum mengetahui letaknya, alangkah baiknya ketahui dulu jenis-jenis APAR yang dapat digunakan di mobil. Terdapat empat jenis APAR untuk mobil sebagai berikut.

APAR Jenis Air

APAR jenis ini menggunakan media air dengan tekanan tinggi dan dinilai paling ekonomis dan cocok dipakai untuk memadamkan api yang disebabkan oleh bahan-bahan berbentuk padat non-logam.

APAR Jenis Foam

APAR jenis ini menggunakan busa (foam) dan busa yang keluar tersebut akan menutup titik api. Sehingga reaksi ‘segitiga api’ putus dan oksigen tidak bisa masuk. Dengan demikian, apinya pun akan padam.

APAR Jenis Serbuk Kimia

APAR jenis dry chemical powder atau serbuk kimia ini terbuat dari kombinasi ammonium sulphate dan monoammonium.

Serbuk kimia yang dihasilkan dari kombinasi keduanya tersebut akan memadamkan bahan terbakar. Oksigen yang menjadi unsur utama terjadinya kebakaran akan terpisah dan apinya bisa padam.

APAR CO2

APAR jenis ini pastinya menggunakan CO2 atau karbon dioksida sebagai media untuk memadamkan api. Ini cocok digunakan pada kelas kebakaran B dan C.

Sebagai informasi, kebakaran kelas B adalah jenis kebakaran yang disebabkan oleh benda cair mudah terbakar, seperti oli, minyak bumi, lemak, dan lainnya.

Selain itu, untuk kebakaran kelas C, merupakan jenis kebakaran yang disebabkan oleh penggunaan komponen elektrik atau listrik, seperti instalasi listrik, televisi, dan lainnya.

Dari keempat jenis APAR di atas, diklaim bahwa APAR jenis serbuk kimia yang paling cocok digunakan untuk mobil.

Hal ini dikarenakan APAR jenis tersebut dinilai efektif dalam memadamkan api yang terjadi karena malfungsi ataupun kerusakan pada mesin mobil.

Di sisi lain, APAR juga memiliki beberapa macam ukuran. Dalam menentukan berapa besar kapasitas APAR yang dibutuhkan, biasanya disesuaikan dengan besar ukuran mobilnya.

Jika mobilnya termasuk mobil kecil, menggunakan APAR berukuran 1 kg, sedangkan untuk mobil berukuran sedang, menggunakan APAR yang memiliki ukuran 2 sampai 3 kg.

Untuk mobil yang mempunyai ukuran besar, menggunakan APAR berukuran 5 kg atau lebih.

Letak APAR Mobil

Selain itu, pemasangan alat tersebut tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Terdapat beberapa letak di dalam mobil yang direkomendasikan untuk menyimpan APAR.

Dilansir dari berbagai sumber, letak APAR disesuaikan dengan ukuran tabung alat tersebut.

Untuk APAR dengan ukuran sangat kecil atau sekecil tabung spray dengan kapasitas hanya 500 hingga 1.000 ml, letak yang tepat adalah di bagian laci, bagian kolong jok kursi penumpang depan, atau pada bagian kolong jok kursi paling belakang.

Selain itu, untuk APAR yang berukuran lebih besar dengan kapasitas 3 kg, ditempatkan di bagian kolong jok kursi penumpang depan ataupun pada bagian jok kursi paling belakang.

Sebenarnya, masih banyak letak di dalam mobil yang bisa ditaruh APAR, misal di bagian bagasi mobil sebagai tempat menyimpan ban serep untuk mobil jenis sedan, atau di bagian luar, dimana lokasinya berdekatan dengan tangki cadangan bahan bakar untuk mobil jenis jeep.

Hal terpenting dalam menentukan letak APAR di dalam mobil adalah mudah dijangkau saat dibutuhkan dan tidak membahayakan pengguna mobil.

Penggunaan bracket untuk APAR di mobil disarankan. (Foto: gridoto)

Penggunaan bracket atau dudukan APAR pun sangat disarankan dimana APAR-nya dapat dilepas secara mudah saat dibutuhkan.

Dengan adanya bracket ini, APAR di mobil bisa digunakan dengan nyaman sehingga dapat menyelamatkan pengguna mobil saat terjadi kebakaran yang tidak diinginkan.

Pada umumnya, APAR dinilai memiliki bobot yang lumayan berat. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah alat khusus berupa bracket yang dapat digunakan untuk mengikat APAR agar tidak kemana-mana saat mobil dibawa berkendara.

Sebaiknya, pilih mekanis bracket dimana APAR-nya bisa mudah dilepas oleh pengguna saat dibutuhkan. Sangat disarankan memilih bracket APAR yang didesain secara khusus untuk mobil.

Harga APAR Mobil 2021

Harga APAR mobil. (Foto: firefix)

Baca Juga:

APAR untuk mobil memiliki harga yang bervariasi. Dilansir dari berbagai sumber, APAR dengan merek Nero yang memiliki ukuran 1 kg jenis serbuk kimia dijual seharga berkisar Rp125 ribuan.

APAR ini dijual secara online. Selain itu, untuk APAR dengan merek Tonata yang berukuran 1 kg memiliki harga berkisar Rp115 ribuan. Kebanyakan APAR yang memiliki ukuran 1 kg dibanderol seharga Rp110 hingga 200 ribuan.

Bagi Carmudian yang menginkan harga lebih murah, terdapat APAR dengan ukuran lebih kecil, seperti fire stop berukuran 400 ml seharga Rp20 ribuan.

Selain online, Carmudian juga bisa membeli APAR di gerai retail perabot rumah tangga di pusat perbelanjaan.

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts