Reviews

Keunggulan dan Kelemahan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition, Kupas Tuntas!

Setelah membahas varian Xpander edisi spesial, kali ini kami akan mengupas keunggulan dan kelemahan dari Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition yang baru meluncur.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition pada Kamis (10/6/2021). Harga yang ditawarkan mencapai Rp312,6 juta dan langsung membuat mobil ini menjadi varian termahal di keluarga Xpander.

Keunggulan dan Kelemahan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition (Foto: Carmudi)

Dengan harga lebih mahal, apa saja yang ditawarkan oleh Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition ini?

Keunggulan Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Tampilan Gahar

Sebenarnya dari segi visual eksterior maupun interiornya masih sama seperti edisi spesial sebelumnya, hanya saja ada tambahan Rear Tailgate Garnish dan emblem Rockford Fosgate Black Edition di bagian bodi belakang.

Secara tampilan memang sama, hanya saja warna ubahannya meliputi pelek, cover spion, molding samping, gagang pintu, roof rail, interior hitam serta jahitan interior yang dibuat serba warna hitam.

Keunggulan dan Kelemahan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Sebelumnya bagian interior memakai paduan dua warna, kini menjadi hitam sepenuhnya. Jahitan yang tadinya memakai benang coklat kini memakai benang hitam sehingga aksen hitam sepenuhnya makin kental terasa.

Bagi penyuka warna gelap rasanya mobil ini akan cocok dan sesuai dengan selera.

Punya Fitur Baru

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition datang dengan dua fitur baru. Pertama adalah penggunaan Multi Around View Monitor with Recording Function. Seperti namanya, fitur ini juga bisa merekam.

Fitur tersebut merupakan fitur yang mampu memberikan visibilitas ketika pengemudi sedang mundur. Layar head unit nantinya akan menampilkan tampilan sekeliling mobil sama seperti tampilan fitur camera 360.

Keunggulan dan kelemahan xpander black edition

Kalau biasanya mobil yang memakai camera 360 bagian kameranya dipasang di ujung spion, Xpander Cross Black Edition ini cukup berbeda. Sebab kamera multi view ini ditanam di bagian bawah spion.

Ketika dilihat memang bentuknya sedikit unik dengan posisi di bawah spion seperti itu. Tapi secara fungsi tetap sama, seperti mobil lain.

Fitur ini mampu mempermudah ketika pengemudi sedang parkir.

Fitur baru yang kedua ialah tentu saja sistem audio lansiran Rockford Fosgate dengan DSP dan subwoofer 10 inci.

Interior Elegan

Keunggulan lain Xpander Cross Black Edition adalah interior yang lebih elegan. Joknya memakai bahan kulit dengan aksen serba hitam di bagian interior.

Aksesori Xpander Edisi Spesial

Interior Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition (Foto: Carmudi)

Sebelumnya bagian interior memakai paduan dua warna, kini menjadi hitam sepenuhnya. Jahitan yang tadinya memakai benang coklat diganti benang hitam.

Secara tampilan menurut kami terlihat lebih estetik dan elegan. Dasbor serta setir juga dibubuhi dengan warna hitam yang membuat interior terkesan gelap.

Punya Paket Perawatan Khusus

Pembeli Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition punya paket yang tak bisa didapatkan oleh pembeli Xpander Cross biasa. Paket tersebut merupakan paket perawatan atau servis berkala mobil.

Pembeli nantinya akan mendapat Smart Package Silver yang mencakup sebagai berikut

  • Gratis biaya jasa 50 ribu km atau 4 tahun
  • Gratis biaya suku cadang Mitsubishi Genuine Oil & Brake Fluid
  • Chemical items, engine flush
  • Asuransi kecelakaan pengemudi 1 tahun dengan jumlah klaim maksimal Rp10 juta per orang
  • Asuransi flat tire 1 tahun dengan klaim maksimal Rp1,4 juta per ban

Paket yang sudah disebutkan di atas hanya bisa dinikmati oleh pembeli Xpander dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition saja.

Kelemahan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Hanya 2 Warna

Pembeli Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition tak bisa memilih warna. MMKSI hanya menyediakan dalam dua pilihan warna saja yakni Graphite Gray Metallic dan Quartz White Pearl.

Dengan penggunaan warna hitam, menurut kami tampilannya monoton.

Keunggulan dan Kelemahan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Sama seperti Xpander Black Edition yang meluncur bersamaan, keduanya terlihat monoton dengan penggunaan warna serba hitam.

Hanya saja, interiornya terlihat lebih oke dengan warna hitam seluruhnya menurut kami.

Harga Lebih Mahal

Dengan penambahan dua fitur dan ubahan aksesoris, harga Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition ini berkisar Rp312,6 juta. Harga ini membuat Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition menjadi varian termahal di keluarga Xpander Cross.

Keunggulan dan Kelemahan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Di bawahnya terdapat varian Xpander Cross Premium Package yang dijual Rp299,5 juta. Lalu di bawahnya lagi ada Xpander Cross AT seharga Rp286,5 juta.

Selisih harga ini terbilang cukup banyak. Mungkin bagi sebagian orang selisih harga ini dinilai menjadi kekurangan, tetapi jika dilihat paket yang didapatkan rasanya akan sepadan dengan apa yang dibeli.

Spesifikasi Mesin

Seluruh varian Xpander Cross dibekali dengan mesin berkode 4A91 berkapasitas 1.499 cc, 4 silinder, DOHC, MIVEC. Di atas kertas tenaga yang dihasilkan mencapai 102 hp @6.000 rpm dengan torsi maksimal 141 Nm @4.000 rpm.

Xpander Cross edisi spesial ini hanya dijual dengan pilihan transmisi otomatis 4 percepatan. Sedangkan untuk versi standard tersedia versi transmisi manual 5 percepatan.

Spesifikasi Mesin Mitsubishi Xpander Cross

Jenis mesin4 silinder segaris
Kapasitas 1.498 cc
Teknologi mesinDOHC, MIVEC
Tenaga maksimal102 hp @6.000 rpm
Torsi maksimal141 Nm @4.000 rpm
Transmisi Otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan
Konsumsi BBM 13-15 km/liter

Untuk ukuran mobil keluarga dengan kapasitas 7 penumpang, performa mesin Xpander terasa cukup baik. Putaran mesin bawah hingga tengah terasa cukup agresif. Cocok untuk karakter orang Indonesia yang punya gaya mengemudi agak urakan.

Ditambah konsumsi BBM Xpander juga terbilang irit buat dipakai di kota macet seperti Jakarta.

Kesimpulan

Pembeli Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition memang harus mengeluarkan kocek lebih dalam, sebab harganya terbilang cukup tinggi.

Akan tetapi, menurut kami hal tersebut diimbangi dengan penambahan fitur penting dan paket perawatan yang hanya bisa didapatkan di edisi spesial. Pembeli Xpander Cross versi standard tak akan bisa mendapatkan privilege seperti pemilik Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition.

Aksesori Xpander Edisi Spesial

Aksesori Mitsubishi Xpander tidak dijual terpisah (Foto: Carmudi)

Mobil keluarga berkapasitas 7 penumpang ini juga punya tampilan yang gahar. Banyak bagian bodi yang dibuat hitam sepenuhnya, bahkan interiornya pun dibuat hitam.

Ditambah lagi kualitas audionya mampu memanjakan telinga berkat adanya DSP serta subwoofer 10 inci di bagian belakang. Pengemudi bisa menikmati berbagai lagu kesukaan selama di perjalanan.

Namun, mobil ini tak cocok bagi mereka yang suka dengan mobil berwarna monoton dan gelap karena tampilan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition didominasi hitam. Hanya ada aksen silver di bagian molding samping bawah pintu.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts