BeritaMobilSumber informasi

Keuntungan Bawa Barang Pakai Roof Box Saat Mudik Lebaran

Roofbox Whale Journey X (Foto: Istimewa)

Jakarta – Bila memutuskan untuk mudik lebaran ke kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi, selain periksa kondisi mobil, juga perhatikan barang bawaan.

Jika barang bawaan banyak maka efeknya adalah ruang labin terasa sesak dan penuh. Dengan begitu kenyamanan penumpang semakin berkurang.

Biasanya untuk mengakali bertumpuknya barang bawaan di kabin, kebanyakan dari pemilik mobil mengikatnya di atap, lalu di tutup oleh terpal. Sebenarnya cara tersebut tidak aman, risiko barang bawaan terlepas dan terjatuh karena terpaan angin saat berada di perjalanan sangat besar sekali.

Cara yang aman adalah dengan memasukkan barang bawaan ke dalam roof box. Untuk mendapatkan aksesori mobil tersebut tidaklah sulit, sekarang ini banyak penjual produk aftermarket terutama di kota-kota besar seperti Jakarta yang memasarkannya.

Membawa barang bawaan memakai roof box lebih banyak menguntungkan pemudik ketimbang menggunakan cara lama dengan mengikatnya di atap.

Ronny Alexander, Operational Manager PT Sole Indotrade selaku Distributor Utama Roofbox Whale, memaparkan terkait hal ini. Setidaknya ada banyak keuntungan bawa barang pakai roof box saat mudik lebaran.

Roofbox Whale Freeway X (Foto: Istimewa)

“Keuntungan pertama menggunakan roof box yang pasti kabin mobil menjadi nyaman dan lega. Di mana penambahan koper dan muatan, semuanya terakomodir di roof box,” ujarnya.

“Kedua lebih safety dalam arti sudah nyaman di kabin, kalau dibandingkan dengan produk roof rack yang pakai roof bag itu gampang sekali hilang atau lepas. Kalau pakai yang namanya roof box sudah pasti safety. Ketiga tampilan mobil menjadi lebih keren,” kata Ronny kepada Carmudi, Senin (21/5/2018).

Semua Mobil Bisa Dipasang Roof Box

Roof box bisa di pasang di atap mobil jenis apapun, mulai dari Low Cost Green Car (LCGC), Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), Sport Utility Vehicle (SUV), hingga sedan sekalipun. Banyak keuntungan bawa barang pakai roof box saat mudik lebaran.

Menurut Ronny setiap atap mobil sudah didesain sedemikian rupa sehingga mampu menahan beban yang cukup besar.

“Di tempat kami sudah pasang lebih dari 3.000 unit roof box di semua mobil. Sekarang ini roof box sedang banyak di pasang di mobil jenis SUV, pada awalnya bukan. SUV trennya masih baru, sebelumnya sudah pasang di mobil LCGC dan low MPV bahkan sedan Camry sudah pernah saya pasang,” terang Ronny.

Roofbox Whale Roadway (Foto: Istimewa)

Diakuinya untuk ukuran dan jenis roof box tentu akan berbeda tergantung dari ukuran atap mobil. Disamping itu lanjut dia model roof box yang dipasarkan cukup banyak sekali. Jadi pilihannya tergantung dari selera masing-masing konsumen.

“Misalkan mobil kecil pakai roof box yang besar nanti bukannya kelihatan keren malah jadi aneh,” tuturya.

Pemasangan roof box tidak membutuhkan waktu berhari-hari, hanya hitungan jam saja. Dengan begitu tidak menguras waktu konsumen sehingga pemasangan bisa dilakukan selepas pulang kantor atau saat akhir pekan.

Roofbox Whale tersedia dalam beberapa model pilihan. Setidaknya ada satu model yakni 550 liter yang saat ini paling banyak dibeli oleh konsumen. Model ini memiliki lima tipe seperti Bromo, Beachroad X, Freeway X, Journey X, dan Roadway.

Harga yang ditawarkan untuk semua model mulai dari model dengan ukuran 310 liter hingga 650 liter berkisar antara Rp4 juta hingga Rp7,2 juta.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts