Berita

Kewajiban Daftar BBM Subsidi di Situs MyPertamina Berlaku Khusus Mobil

Jakarta — Pertamina telah memberlakukan kewajiban daftar di situs MyPertamina untuk beli Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi khusus para pengguna kendaraan roda empat (mobil).

Kewajiban daftar ini sudah berlaku mulai 1 Juli 2022. Bagi yang belum mendaftar, bisa melalui situsnya di sini.

“Pendaftaran dibuka hingga 30 Juli 2022. Masyarakat masih bisa tetap membeli solar maupun Pertalite dalam masa pendaftaran dan transisi. Kami pun tetap mendorong masyarakat agar tetap mendaftar di situs MyPertamina,” jelas Irto Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, dalam keterangan resminya.

Irto menegaskan bahwa masyarakat tidak wajib mempunyai aplikasi MyPertamina.

Namun, wajib daftar di situs MyPertamina khusus pengguna kendaraan roda empat.

Ia turut memastikan pendaftaran lewat situs ini bukan untuk menyulitkan masyarakat, tapi melindungi mereka yang berhak menikmati BBM bersubsidi.

Irto menyampaikan penyaluran BBM bersubsidi seperti solar dan Pertalite mempunyai beragam tantangan, salah satunya penyalurannya yang tidak tepat sasaran.

Masih ada pengguna kendaraan yang tidak berhak atas BBM bersubsidi mengkonsumsinya.

Tampilan aplikasi MyPertamina

Pertamina berlakukan kewajiban daftar di situs MyPertamina khusus pengguna kendaraan roda empat (mobil). (Foto: Carmudi)

“60 persen masyarakat yang mampu atau termasuk golongan terkaya mengkonsumsi hampir 80 persen dari total konsumsi BBM bersubsidi, sedangkan 40 persen masyarakat miskin hanya konsumsi 20 persen dari total konsumsi BBM ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Irto, diperlukan cara baru yang membuat BBM bersubsidi dapat benar-benar diterima oleh pengguna kendaraan yang berhak.

Hal ini penting mengingat Pemerintah sudah mengalokasikan dana hingga Rp520 triliun untuk subsidi energi pada 2022.

Di sisi lain, dipilihnya MyPertamina kini sebagai aplikasi untuk membeli BBM bersubsidi sesuai dengan Peraturan BPH Migas No. 06/2013 yang menyebutkan sistem teknologi IT dalam penyaluran BBM bisa digunakan.

Diberlakukan di 11 Daerah

Mengenal aplikasi MyPertamina

Beli BBM bersubsidi lewat aplikasi MyPertamina diwajibkan di 11 daerah di Indonesia per 1 Juli 2022. (Foto: detikfinance)

Berdasarkan situs resmi MyPertamina, ada 11 daerah yang diberlakukan aturan membeli BBM bersubsidi lewat aplikasi MyPertamina per 1 Juli 2022 sebagai berikut.

  • Kota Bukit Tinggi
  • Kabupaten Agam
  • Kabupaten Padang Panjang
  • Kabupaten Tanah Datar
  • Kota Banjarmasin
  • Kota Bandung
  • Kota Tasikmalaya
  • Kabupaten Ciamis
  • Kota Manado
  • Kota Yogyakarta
  • Kota Sukabumi

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts

/