HomeBeritaKia Diam-diam Recall Seltos Diesel

Kia Diam-diam Recall Seltos Diesel

Kia Seltos recall
Kia recall Seltos diesel (Foto: Carmudi/Santo)

Mumbai – Kia Motors India diam-diam melakukan penarikan kembali atau recall terhadap Seltos diesel. Menurut kabar yang beredar, Kia terpaksa melakukan recall karena menemukan beberapa masalah pada bagian pompa bahan bakar mobil.

Sampai saat ini perusahaan belum mengeluarkan pengumuman secara resmi ke publik. Tetapi berdasarkan dokumen perusahaan yang dikeluarkan pada 5 Oktober 2020 mengungkapkan bahwa Kia telah mengeluarkan surat recall untuk semua unit Seltos diesel-nya.

Dari dokumen tersebut terungkap pula Kia Seltos diesel yang mengalami masalah di pompa bahan bakar lansiran 1 Oktober 2019 sampai 13 Maret 2020. Dibeberkan juga prosedur pemeriksaan dan penggantian pompa bahan bakar jika ditemukan rusak. Demikian seperti dilansir dari Rushlane, Jumat (19/11/2020).

Mobil Bergetar

Sumber masalah pompa bahan bakar ada pada lubang di ujung bawah filter. Dalam kasus lain, bisa terjadi retakan pada plastik di kepala silinder filter.

Sebagai bentuk tanggung jawab, Kia akan mengganti pompa bahan bakar tanpa biaya tambahan. Apabila tidak ditemukan kerusakan, maka pompa bahan bakar tidak diganti.

Kia Seltos Recall
Kia Seltos diesel kena recall karena masalah pompa bahan bakar (Foto: Rushlane)

Pompa bahan bakar yang rusak dapat membuat mobil bergetar dan pengemudi akan mengalami kesulitan ketika ingin menyalakan mesin mobil.

Pemilik mobil Kia Seltos diesel melaporkan tidak ada informasi yang disampikan langsung dari pihak perusahaan. Umumnya mereka mengetahui hal ini melalui pelanggan yang sudah lebih dahulu menjalani prosedur pemeriksaan saat berkunjung ke bengkel resmi untuk melakukan perawatan rutin.

Untuk diketahui, Kia Seltos diesel dibekali mesin U2 CRDi 1,5 liter yang menghasilkan tenaga 113 hp dan torsi puncak 240 Nm. Mesin dikawinkan dengan transmisi manual atau otomatis enam percepatan.

Kia Seltos Diesel Belum Masuk Indonesia

PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Kia di Indonesia sudah mendaftarkan Seltos diesel dengan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) sebesar Rp424 juta. Data tersebut tercantum di info NJKB milik BPRD DKI Jakrta sejak awal tahun.

Kendati sudah didaftarkan, sampai sekarang Seltos diesel belum kunjung rilis di Indonesia.

Kia Seltos (Foto: Carsifu.my)

“Kami sedang pelajari (Kia Seltos Disel). Kalau mesinnya hanya bisa mengkonsumsi BBM jenis Pertamina Dex, maka akan menjadi kendala bagi kami. Dikhawatirkan Pertamina Dex tidak tersedia diluar kota. Kalau diisi bio solar nanti malah tersumbat atau lainnya. Kami juga lagi mempelajari mesin yang bisa minum bio solar. ” ungkap Ario Soerjo Marketing and Development Division Head PT KIA, belum lama ini.

Ario menambahkan, pihaknya tidak mau gegabah dalam mendatangkan Kia Seltos disel. Apalagi sekarang ini standar emisi Euro kendaraan diesel di Indonesia tertinggal jauh bila di dibandingkan negara tetangga.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: Harga Nyaris Rp300 Juta, Apa Istimewanya Kia Sonet?

Mobil Bensin dan Diesel
Previous post
Inggris Persempit Ruang Gerak Mobil Bermesin Bensin dan Diesel
Next post
Daftar Harga Servis Motor Honda di AHASS, Mulai dari Rp45 Ribu

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *