Berita

Kia Recall Seltos karena Berisiko Terbakar

Washington –Kia Seltos dan Soul yang beredar di Amerika Serikat (AS) terpaksa ditarik kembali atau recall, karena berpotensi menyebabkan mesin mati dan berisiko terbakar.

Berdasarkan dokumen National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) tercatat total Kia Seltos dan Soul yang terkena recall berjumlah 147.249 unit.

Kia Recall Seltos

Kia Seltos recall (Foto: Indianautosblog)

Hanya mobil dengan mesin natural aspirated 2.0 liter empat silinder dan tahun produksi 2020 sampai 2021 yang bermasalah.

Diberitakan Indianautosblog, Rabu (21/4/2020), terdapat masalah pada ring oli di piston kedua mobil tersebut. Sehingga bisa menyebabkan mesin mobil mati secara tiba-tiba ketika sedang dikendarai.

Tak cuma itu, olinya juga berpotensi bocor dan terkena komponen knalpot yang dapat menimbulkan kebakaran.

Tanda-tanda mobil bermasalah bisa diketahui langsung oleh pemilik jika melihat lampu peringatan tekanan oli menyala. Selain itu, keluar suara tidak normal dari mesin dan terjadi peningkatan konsumsi oli.

Sejauh ini, pabrikan asal Korea Selatan itu belum mendapatkan laporan adanya korban jiwa dan mobil terbakar. Mereka memperkirakan hanya 1% dari semua kendaraan yang ditarik benar-benar terpengaruh oleh masalah tersebut.

Apabila mobil pelanggan terdeteksi mengalami masalah, maka Kia akan mengganti komponennya. Kia akan menanggung semua biaya pemeriksaan dan suku cadang, sehingga tidak memberatkan pelanggan.

Kia Recall Seltos

Kia Seltos dan Soul recall di Amerika Serikat (Foto: Indianautosblog)

Mobil milik pelanggan yang terindikasi bermasalah akan diberi tahu oleh Kia melalui diler pada awal Juni mendatang.

Sebelumnya, Kia juga melakukan recall Seltos bermesin diesel di India. Kia terpaksa melakukan recall, karena menemukan beberapa masalah pada bagian pompa bahan bakar mobil.

Kia Pernah Recall 295 Ribu Mobil

Desember tahun lalu Kia pernah melakukan recall terhadap 295 ribu mobil di AS, karena berpotensi terbakar pada ruang mesin.

Recall tersebut mencakup beberapa model dengan tahun produksi 2012-2013 untuk Kia Sorento, Forte dan Forte Koup 2012-2015, Optima Hybrid 2011-2013, Soul 2014-2015, dan Sportage 2012.

Kia Recall

Kia Forte kena Recall (Foto: Reuters)

Kia telah menunjuk semua diler resminya di sana untuk melakukan pemeriksaan terhadap ruang mesin dari kebocoran bahan bakar atau oli.

Selain itu, melakukan pengujian mesin dan perbaikan apa pun termasuk penggantian mesin, jika diperlukan. Kia mengatakan saat ini sedang mengembangkan pembaruan perangkat lunak Knock Sensor Detection System.

Simak juga video review Kia Seltos berikut ini:

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *