Home » Berita » Kia Seltos Laku Keras di India, Belum Setahun Puluhan Ribu Terjual

Kia Seltos Laku Keras di India, Belum Setahun Puluhan Ribu Terjual

Kia Seltos untuk Indonesia Impor dari India (Foto: Santo/Carmudi)

Mumbai – Kia Seltos resmi dirilis di India pada Agustus 2019. Sejak pertama kali hadir, Mobil Korea Selatan (Korsel) itu langsung diburu oleh konsumen. Terbukti belum lama diluncurkan ratusan unit Seltos sudah dipesan oleh konsumen. Momentum tersebut terus berlanjut sampai sekarang.

Berdasarkan data penjualan terakhir yang dikeluarkan oleh Kia India, Kini jumlah Setos yang dipesan konsumen mengalami peningkatan drastis mendekati angka 100 ribu unit.

Sebagaimana dilaporkan Indianautosblog, Kia Seltos sukses besar. Dalam jangka waktu tujuh bulan sejak pertama kali diluncurkan, mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) itu sudah terjual sebanyak 81.853 unit.

Melihat begitu besarnya antusias konsumen terhadap Seltos, Kia percaya diri bisa menjual mobil tersebut sebanyak 70 ribu unit di India. Pihaknya juga menargetkan akan mengekspor sebanyak 41 ribu unit.

Kia Seltos di India telah dibekali dengan berbagai fitur premium. Di antaranya lampu depan LED yang menyatu dengan lampu senja. Lalu lampu kabut LED, rem cakram di keempat roda, sensor parkir depan, 6 airbag, kamera 360 derajat, sistem infotainmen layar sentuh HD 10,25 inci, dan masih banyak lagi.

Selain fitur-fitur tadi, Kia juga menawarkan beberapa pilihan mesin untuk Seltos menjadikannya SUV yang menarik. Pembeli dapat memilih dari mesin bensin 1,5L MPI dengan kemampuan mengeluarkan daya sekuat 113 hp dan torsi 144 Nm, mesin bensin 1,4L turbocharged GDI bertenaga 138 hp dan torsi puncak 242 Nm, serta mesin diesel 1.5L turbocharged 113 dengan torsi 250 Nm. Mesin ini hadir dengan pilihan transmisi manual 6 percepatan, atau otomatis 7 percepatan.

Mobil ini dipasarkan dengan 18 varian. Harganya mulai dari 9,69 lakh atau setara dengan Rp190 jutaan. Sedangkan versi termahal 15,99 lakh atau sekira Rp316 jutaan.

Di Indonesia Kia Seltos Juga Mendapat Sambutan Positif

Hanya selang beberapa bulan setelah melcuncur di India, Setos hadir di Indonesia awal 2020. Rupanya mobil ini sudah dinanti-nanti keadirannya oleh konsumen di dalam negeri. Data terakhir yang Carmudi dapat, seminggu setelah diluncurkan total Seltos yang dipesan konsumen sebanyak 100 unit.

Kia Seltos (Foto: Rizen/Carmudi)

Kia Seltos yang dipasarkan di Indonesia dibawa dalam bentuk utuh atau Completely Build Up (CBU) dari pabrik Kia di India.Berbeda dari negara kelahirannya, mobil yang dipasarkan oleh PT Kreta Indo Artha (KIA) hanya tersedia dalam satu pilihan mesin saja yaitu 1,4 liter (1.353 cc) turbocharger.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 138 Hp (140 PS) di putaran mesin 6.000 Rpm dengan torsi maksimal 242 Nm di rentang 1.500-3.200 Rpm. Seluruh daya yang dihasilkan mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis kopling ganda (DCT) 7-percepatan.

Ada enam pilihan warna menarik yang ditawarkan, yaitu Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange.

Kia Seltos yang dipasarkan di Indonesia punya tiga varian. Harganya Rp295 juta untuk varian E, Rp320 juta untuk varian EX, dan Rp355 juta untuk varian tertinggi EX+ (OTR Jakarta).

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Gara-Gara Corona, Daihatsu Kurangi Produksi Mobil
Next post
Semakin Canggih, Simak Fitur-Fitur Mitsubishi Fuso Canter Terbaru