Reviews

Kia Sorento 2009, SUV Penantang yang Sempurna

Makin maraknya persaingan di segmen SUV, membuat salah satu pabrikan otomotif asal Korea Selatan, Kia, kembali memerkenalkan salah satu produk andalan mereka untuk bertarung di segmen tersebut, Kia Sorento 2009. Sorento bisa dibilang merupakan kendaraan SUV berbadan sedang yang memiliki harga cukup terjangkau, dibandingkan dengan para pesaingnya di segmen yang sama.

Kia Sorento 2009

Kia Sorento 2009

Sorento dihadirkan sebagai SUV keluarga dengan kemampuan mumpuni dan memiliki harga yang relatif terjangkau. Dengan tingginya harga jual dari Ford Everest, Toyota Fortuner, dan Mitsubishi Montero Sport, maka tak ada salahnya melirik kemampuan SUV yang berasal dari Negeri Ginseng tersebut.

Ada satu hal yang cukup menarik mengenai orang-orang Korea. Mereka bersedia membeli mobil-mobil lokal, seperti Kia dan Hyundai, karena memiliki kepercayaan yang besar terhadap produk buatan negeri sendiri. Penjualan mobil-mobil tersebut terbilang cukup signifikan, dan bisa bersaing dengan produk-produk dari Jepang, Amerika, dan juga Eropa.

Desain Eksterior Kia Sorento 2009

Kia Sorento 2009

Kia Sorento 2009

Tampil dengan model yang sepenuhnya baru, Kia ingin mengubah Sorento menjadi SUV yang berbeda dibandingkan dengan para kompetitornya. Gril depan ditampilkan dengan kesan yang sangat agresif. Lanjut ke bagian lampu depan dan lampu untuk berbelok, yang disematkan di bagian pojok dari gril yang menyerupai sarang dengan balutan krom, sehingga menampilkan kesan yang agresif dan gagah.

Generasi kedua Sorento ini sudah meninggalkan model body-on-frame yang lama, dan sepenuhnya menggunakan model bodi monokok yang membuat bobotnya turun signifikan menjadi 215 kg dibandingkan model terdahulu. Selain itu, model bodi terbaru ini membuat kabin menjadi lebih lapang, lebih aman, nyaman, dan menambah keunggulan fitur-fitur teknis lainnya.

Uji Coba Kia Sorento 2009

Kia Sorento 2009

Kia Sorento 2009

Sorento edisi terbaru ini memiliki fitur-fitur layaknya kendaraan-kendaraan SUV lainnya. Gerakannya juga sangat gesit, khususnya ketika menikung saat harus mengganti arah dengan cepat. Tak hanya itu, karena konsumsi bahan bakarnya sudah semakin irit dibandingkan model sebelumnya. Untuk pengendaraannya juga sudah sangat nyaman seperti mengendarai mobil sedan.

Kia Sorento ditawarkan dalam dua versi, berpenggerak dua roda (2WD) atau empat roda (4WD), dengan pilihan enam buah mesin, dua transmisi, 11 warna eksterior, dan dua warna kombinasi interior. Kami pun berkesempatan untuk menguji coba Sorento bermesin V6 3.5 liter yang mampu menyemburkan tenaga hingga 273 dk dan mesin diesel berkapasitas 2.2 liter yang menghantarkan tenaga sebesar 194 dk. Keduanya dibekali dengan transmisi otomatis enam percepatan, dengan mesin diesel terbaru yang sudah memenuhi standar emisi gas buang Euro 4.

Inovasi Transmisi Otomatis 6-Percepatan

Kia Sorento 2009

Interior Kia Sorento 2009

Transmisi otomatis 6-percepatan ini menjadi senjata andalan Sorento edisi baru ini. Memiliki 62 bagian yang lebih sedikit dibandingkan dengan transmisi 5-percepatan, menjadikan inovasi transmisi enam percepatan ini menjadi yang paling kompak. Selain itu, girboksnya lebih pendek 54 mm dan lebih ringan 12 kg dibandingkan dengan girboks model lama, sehingga mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar menjadi sekitar 12 persen.

Jika melihat perubahan radikal yang terjadi hanya di bagian eksterior saja, maka Anda hanya bisa tercengang ketika sudah mengendarai Sorento terbaru ini. Pengendalian lebih cepat 13%, pengereman lebih mencengkram, suspensi double wishbone di bagian depan membuat bagian bawah semakin ringan, lebih kompak, dan suspensi belakang yang menggunakan model independent yang disematkan pada subframe membuat bodi menjadi lebih kuat dan tak membuat limbung.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Anda tak akan merasa rugi untuk memiliki Sorento edisi terbaru ini, meskipun agak banyak merogoh kocek. Dengan tampilan eksterior yang mengalami perubahan secara radikal, sistem keamanan, hingga desain interior yang sangat menawan, Kia benar-benar keluar dari zona nyaman mereka.

Sorento terbaru ini hadir untuk mereka yang tak ingin terlalu lama menunggu untuk mendapatkan kendaraan SUV yang tangguh dan nyaman. Semua hal yang ada pada para pesaing, dihadirkan juga pada Sorento. Dan bagi para pabrikan raksasa yang ingin memertahankan keunggulan mereka, maka Kia Sorento 2009 tampil untuk memberikan kejutan.

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: [email protected]

Related Posts