Berita Mobil Produk Sumber informasi

Kini Giliran Yaris dan Vios Kena Recall Masalah Airbag Takata

Jakarta – Kasus recall, baru-baru ini terjadi pada produsen asal Jepang, Toyota. Kali ini menimpa varian Yaris dan Vios yang kena recall di negara Vietnam. Model Yaris yang di-recall tercatat mencapai 1.877 unit, produksi antara 1 September 2009 hingga 31 Agustus 2012.

Sementara untuk Toyota Vios yang kena recall di Vietnam jumlahnya lebih banyak dibanding Yaris. Yaitu sekitar 18 ribu unit. Dengan tahun produksi antara 1 Januari 2009 hingga 29 Desember 2012.

Toyota Yaris dan Vios  ini merupakan produksi Indonesia untuk pasar otomotif Vietnam. Alasan program recall ini terjadi karena buntut dari permasalahan airbag merek Takata yang terjadi secara massal.

Pasalnya kantung udara buatan Takata ini ditemukan memiliki potensi serpihan logam akan terlontar saat airbag mengembang. Keadaan ini dapat menyebabkan cedera serius bahkan kematian pengendara.

Bagaimana nasib mobil-mobil Toyota di Tanah Air?

Nah untuk keadaan di industri otomotif Tanah Air, Toyota Indonesia mengumumkan secara resmi program recall ini. Recall atau penarikan mobil ini di tempatkan pada Special Service Campaign (SSC). Sebenarnya recall yang disebabkan airbag bukan lagi hal yang baru bagi Toyota.

Melihat hal ini, Toyota tak tinggal diam. Secara berkala melakukan perbaikan kepada mobil-mobil yang bermasalah. Kerennya, perbaikan ini dilakukan Toyota mulai dari tahun lalu. Dalam catatan, Toyota Vios dan Yaris di Indonesia, kira-kira ada sekitar 8-9 ribu unit yang terkena dampak kasus airbag Takata ini.

Adapun enam tipe mobil yang kena program recall sebagai berikut:

  • Yaris (rakitan 2006 – 2012)
  •  Vios (rakitan 2006 – 2012)
  •  Nav1 (rakitan 2012)
  • Alphard (rakitan 2010 – 2012)
  • Camry (rakitan 2002 – 2004)
  • Corolla (rakitan 2001 – 2012)

Bagi Anda pemilik Mobil Toyota dengan varian di atas, untuk lebih meyakinkan pastikan mobil Anda termasuk di-recall atau tidak. Caranya, kunjungi website resmi www.toyota.astra.co.id masuklah pada kolom Special Service Campaign. Isi 17 digit nomor rangka mobil Anda.

Jika ternyata mobil Anda termasuk dalam program recall, langsung saja datang ke bengkel resmi Toyota dan mintalah perbaikan side airbag. Untuk biaya yang harus ditanggung adalah Rp 0 alias gratis. Dalam program ini Toyota tak membatasi periode waktu tertentu untuk melakukan perbaikan. 

Penulis: Rezky Amelia

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts