Berita Mobil Sepeda motor Sumber informasi

Kisah Orang Indonesia Bekerja di Tesla hingga Sistem Kerja ABS Pada Sepeda Motor

Jakarta – Pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla Motor ternyata pernah memiliki pekerja asal Indonesia. Niko Questera, salah seorang berkewarganegaraan Indonesia turut andil dalam perkembangan mobil listrik Tesla. Carmudi secara eksklusif bertemu dengan Niko dan berbincang mengenai suka duka selama bekerja di perusahaan yang dpimpin oleh Elon Musk itu.

Selain kisah Niko, ada berita lainnya yang cukup menarik perhatian pembaca Carmudi dalam satu minggu ke belakang, satu di antaranya yaitu mengenai sistem kerja ABS pada sepeda motor.

Berikut ini rangkuman berita Carmudi sepekan ke belakang:

1. Cerita Orang Indonesia yang Bekerja di Tesla

Salah satu orang Indonesia yang bekerja di Tesla adalah Niko Questera. Pria kelahiran 25 Oktober 1989 ini sempat mengabdi di Tesla selama kurang lebih 3 tahun. Selama ia disana, Niko menjadi bagian dari tim yang menangani engineer yang kerap disebut ‘low voltage’.

Niko diterima bekerja di Tesla pada 2015 untuk posisi Process Engineer. Setelah bekerja selama satu tahun, ia pun dipindah tugas ke bagian manufacturing firmware pada 2016. Pada September 2018 lalu ia memutuskan untuk hengkang dari Tesla dan bekerja di Indonesia.

orang indonesia yang bekerja di tesla

Baca juga: Cerita Orang Indonesia yang Bekerja di Tesla Selama 3 Tahun

Salah satu pengalaman yang pria ramah ini rasakan saat bekerja di Tesla adalah mengerjakan Tesla Model S dan X. Proyek terakhir yang ia kerjakan adalah Model 3. Mobil yang cukup sering menjadi perbincangan satu tahun terakhir.

2. Bocor, Mitsubishi Delica Mirip Xpander

Mitsubishi Delica terbaru memiliki desain eksterior serba baru, begitu juga dengan interiornya. Bagian depan Mitsubishi Delica model 2019 sudah dirancang menggunakan bahasa desain Dynamic Shield. Jadinya mirip-mirip dengan Mitsubishi Xpander, Pajero Sport, Triton, dan lainnya.

Tampilan baru wajah Mitsubishi Delica dipertegas oleh LED sebagai lampu senja yang didesain ramping di bagian atas. Sedangkan lampu utama berada di bawahnya dengan mengusung pola vertikal, ditemani lampu kabut di bagian paling bawah.

Baca juga: Mitsubishi Delica Model 2019 Punya Wajah Mirip Xpander

Kisi-kisi depan, DRL dan lampu sein secara bersamana membentuk motif berbentuk X. Satu-satunya bagian dari mobil yang masih dipertahankan oleh Mitsubishi sampai sekarang adalah kaca segitiga (triangle-shaped glass) yang berada dekat dengan kaca spion.

Baca juga: Terungkap, Ternyata Ini Alasan Mitsubishi Berhenti Jual Delica di Indonesia

3. Tempat Pencucian Mobil Termahal di Indonesia

PT. V-Kool lndo Lestari selaku agen tunggal pemegang merek resmi kaca film V-Kool di Indonesia akan membuka layanan pencucian mobil di V-Kool Premium Outlet SCBD. Beda dari tempat cuci mobil lainnya, V-Kool akan membuat kendaraan jauh lebih bersih baik itu di bagian eksterior maupun interiornya.

Biasanya cuci di tempat pencucian mobil pinggir jalan biaya yang dikeluarkan hanya puluhan ribu saja, tapi di V-Kool Premium Outlet pelanggan harus mengeluarkan dana lebih bahkan sampai setengah juta. Tak heran jika perusahaan mengklaim bahwa ini akan menjadi tempat pencucian mobil termahal di Indonesia.

Ilustrasi mencuci mobil (Foto: Santo/Carmudi)

Baca juga: Ini Tempat Pencucian Mobil Termahal di Indonesia, Ini Bocoran Harganya

“Kisaran harganya kira-kira kurang lebih di angka Rp350 ribu sampai Rp500 ribu tergantung layanannya. Jadi nanti kami akan menyiapkan paket, kalau pelanggan mau mendapatkan layanan yang lebih mau lebih akan ada biaya tambahan, lalu pengguaan wax mau yang mana, bertahan sebulan dua bulan atau lebih itu juga ada tambahan pengeluaran,” ungkap Lianto Winata, Director of Bussiness Development V-Kool Indonesia.

4. Sistem Kerja ABS Pada Sepeda Motor

Pada awalnya sistem ABS hanya dapat kita dapatkan pada mobil saja, itupun dengan tipe yang menengah ke atas. Namun kini, seiring berjalannya waktu fitur ABS juga sudah mulai disematkan pada motor.

ABS merupakan fitur aktif keselamatan yang terpusatkan pada sistem pengereman. Tujuannya agar roda depan tidak terkunci dan menghindari kendaraan tergelincir ketika pengemudi melakukan pengereman secara mendadak.

Baca juga: Mengenal Sistem Kerja ABS Pada Sepeda Motor

Menurut Project Manager Chassis System Control Bosch Malaysia, John Chong secara keseluruhan pola kerja sistem ABS pada motor hampir sama dengan sistem kerja ABS pada mobil. Semua dikontrol oleh Wheel Speed Sensor.

“Pada sepeda motor, fitur ABS berupa ring yang terdapat di lingkaran cakram, nantinya ring inilah yang dikemudikan dan dikontrol oleh Wheel Speed Cencor,” jelas John Chong di sela ASEAN Automobile Safety Forum 2018.

Baca juga: Demi Kenyamanan Pengguna, Wuling Formo Punya Dua Fitur Ini

Kemudian Wheel Speed Sensor nantinya akan mengirim informasi ke modulator dan tentunya modulator tersebut yang akan memerintah pompa hidrolik untuk memberikan tekanan rem. Nantinya modulator itu sendiri akan menghitung seberapa besar tekanan yang harus diberikan oleh pompa hidrolik, sehingga akan terjadi proses tekan dan lepas rem untuk menyesuaikan tekanan yang dibutuhkan oleh rem.

5. Kelebihan Wuling Formo

PT SGMW Motors Indonesia (Wuling Motors) meluncurkan Wuling Formo untuk menyasar segmen komersial. Wuling Motor menjual Formo dalam tiga varian. Mulai dari Formo 1.2 Blind Van dibanderol Rp135,8 juta, Formo 1.2 Minibus (8 seater) Rp135,8 juta dan Formo 1.2 Minibus (7 seater) dijual seharga R136,8 juta.

Baca juga: Ini 8 Kelebihan Wuling Formo Dibanding Para Rival

Baca juga: Demi Kenyamanan Pengguna, Wuling Formo Punya Dua Fitur Ini

Selain harganya yang terjangkau, ada delapan kelebihan Wuling Formo yang bisa membuat usaha Anda semakin nyaman, seperti tagline yang diusung Wuling pada mobil ini. Adapun delapan kelebihan Formo di antaranya adanya fitur pendukung berkendara, baris kursi dan akses luas, kargo luas, memiliki desain eskterior modern, fitur utilitas pendukung, posisi mesin di depan, dukungan layanan purna jual, dan biaya perawatan murah.(dol)

 

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts