Sumber informasi

Kisaran Biaya Servis Toyota Alphard 2022, Cek Dulu Sebelum Beli

Toyota Alphard merupakan salah satu mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) mewah yang banyak diminati konsumen di kalangan atas. Ditawarkan dengan harga tinggi, biaya servis Toyota Alphard sendiri nyatanya juga cukup mahal.

Mobil ini menawarkan berbagai keunggulan bagi konsumen sebagai MPV premium. Tak hanya memiliki eksterior yang terlihat mewah, interiornya pun juga tidak kalah mewah dengan ruang kabin luas agar pengemudi serta para penumpang dapat bergerak dengan leluasa selama berkendara.

Toyota Alphard. (Foto: TAM)

Mengenai ukuran dimensi, mobil ini memiliki panjang yang mencapai 4.945 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.895 mm.

Pada 2021 lalu, Alphard mendapat penyegaran pada bagian fitur, di mana fitur keselamatan mobil ini disempurnakan sehingga mobil tersebut diklaim semakin unggul di kelasnya.

>>>>> Beli mobil Toyota Alphard baru maupun bekas terbaik di sini!

Interior Toyota Alphard. (Foto: Toyota)

Untuk eksterior dan interiornya sendiri, masih sama dengan model sebelumnya. Bagi konsumen di Tanah Air, Toyota Alphard ditawarkan dalam tiga tipe dengan harga Rp1,133 miliar untuk tipe terendah dan Rp1,561 miliar untuk tipe tertinggi On The Road (OTR) Jakarta.

Biaya Servis Toyota Alphard 2022

Biaya servis Toyota Alphard 2022. (Foto: Istimewa)

Berdasarkan penelusuran Carmudi, biaya servis Alphard memang terbilang cukup mahal, di mana para penggunanya harus menyiapkan bujet untuk servisnya mulai sekitar Rp770 ribuan sampai 4,6 jutaan.

Bukan tanpa alasan, biaya servis Alphard ini dipengaruhi oleh cukup banyaknya komponen yang harus dicek dan diganti.

Oleh karena itu, Carmudian yang ingin membeli Alphard bukan hanya harus mempersiapkan bujet untuk membeli mobil tersebut, tapi juga perlu persiapkan bujet untuk servisnya.

Berikut ini Carmudi telah rangkum biaya servis Toyota Alphard dari 10 ribu hingga 100 ribu km sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

>>>>> Beli mobil Toyota Alphard baru maupun bekas terbaik di sini!

Biaya Servis 10.000 Km

Untuk biaya servis di 10 ribu km, pengguna Alphard perlu mengeluarkan bujet cukup banyak, sekitar Rp782 ribu. Pada servis ini, biasanya dilakukan penggantian oli mesin, serta pengecekan performa mesin mobil, sistem rem, tekanan ban, hingga balancing roda depan.

Biaya Servis 20.000 Km – 30.000 Km

Pada servis 20 ribu sampai 30 ribu km untuk Alphard, dilakukan pengecekan sistem fuel supply, sistem kemudi, suspensi kendaraan, serta penggantian oli mesin. Tak lupa, ada juga dilakukan pengecekan sistem rem dan ban mobil.

Untuk biaya servisnya pun lebih murah sedikit dibanding km sebelumnya, yaitu sekitar Rp772 ribu.

Biaya Servis 40.000 Km

Di km selanjutnya, biaya servis Alphard mengalami kenaikan yang signifikan dibanding km sebelumnya, naik hingga sekitar 490 ribuan.

Pada servis 40 ribu km, juga dilakukan penggantian yang lebih banyak, mulai dari ganti oli, busi, minyak rem, saringan udara, dan saringan bahan bakar.

Tak ketinggalan, turut dilakukan pengecekan pada beberapa komponen Alphard. Biaya yang harus dikeluarkan pengguna mobil tersebut untuk servis 40 ribu km adalah sekitar Rp1,27 juta.

Biaya Servis 50.000 Km

Sama seperti servis 20 ribu dan 30 ribu km, servis 50 ribu km ini perlu dilakukan pengecekan sistem fuel supply, sistem kemudi, suspensi kendaraan, hingga pengecekan sistem rem dan ban mobil.

Biaya servisnya pun sama dengan servis 20 ribu-30 ribu km, yakni sekitar Rp772 ribu.

Biaya Servis 60.000 Km

Pada servis Alphard di 60 ribu km, pemilik mobil ini harus menyiapkan bujet yang lebih banyak. Untuk servis ini, dibutuhkan biaya hingga sekitar Rp1,92 juta di mana akan dilakukan pengecekan sistem fuel supply, sistem kemudi, serta suspensi mobil.

Biaya Servis 70.000 Km dan 90.000 Km

Biaya servis Alphard pada 70.000 dan 90.000 km hampir sama, yaitu sekitar Rp1,79 juta.

Pada servis ini, biasanya ada tambahan ganti oli mesin, serta pengecekan performa mesin mobil, sistem rem, dan ban seperti tekanan, hingga balancing roda depan.

Biaya Servis 80.000 Km

Biaya servis di km ini, bisa dibilang biayanya paling besar di mana hampir mencapai Rp5 juta.

Pada servis ini, dilakukan penggantian busi, oli, minyak rem, saringan udara, saringan bahan bakar, dan pengecekan beberapa komponen dengan total biaya sekitar Rp4,6 juta.

Biaya Servis 100.000 Km

Pada servis 100 ribu km, biaya servisnya tidak jauh berbeda dari km sebelumnya. Biaya servis 100 ribu km sekitar Rp4,16 juta. Di servis ini, akan dilakukan tambahan pengecekan sistem fuel supply, sistem kemudi, serta suspensi mobil, mirip seperti servis 60 ribu km.

>>>>> Beli mobil Toyota Alphard baru maupun bekas terbaik di sini!

Daftar Servis Toyota Alphard

10.000 km Oli mesin, sistem rem, tekanan ban, balancing roda depan
20.000-30.000 km Pengecekan sistem fuel supply, sistem kemudi, suspensi kendaraan, penggantian oli mesin
40.000 km Ganti oli, busi, minyak rem, saringan udara, saringan bahan bakar
50.000 km Pengecekan sistem fuel supply, sistem kemudi, suspensi kendaraan, penggantian oli mesin
60.000 km Pengecekan sistem fuel supply, sistem kemudi, serta suspensi mobil
70.000 dan 90.000 km Pengecekan sistem rem, tekanan ban, balancing roda depan
80.000 km Penggantian busi, oli, minyak rem, saringan udara, saringan bahan bakar
100.000 km Pengecekan sistem fuel supply, sistem kemudi, suspensi mobil

Spesifikasi Toyota Alphard 2022

Toyota Alphard kini dibenamkan mesin handal bertipe 2AR-FE dengan kapasitas sebesar 2.494 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-I untuk tipe G dan X.

Untuk Alphard terbaru tipe Q sendiri, dibekali mesin tipe 2GR-FKS yang mempunyai kapasitas 3.456 cc, 6 silinder, DOHC, Dual VVT-i. Selain itu, ketiga tipe Alphard ini telah didukung dengan dua pilihan transmisi, yaitu CVT (tipe G dan X) dan 8 percepatan A/T (tipe Q).

Untuk mesin pada Alphard terbaru tipe G dan X, dapat mengeluarkan tenaga sebesar 177,5 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 234,3 Nm pada 4.100 rpm, sedangkan Alphard terbaru tipe Q punya tenaga 295,8 hp pada 6.200 rpm dengan torsi 360,8 Nm pada 4.700 rpm.

Di sisi lain, Alphard telah mempunyai tangki bahan bakar hingga 75 liter dengan sistem Electronic Fuel Injection (EFI) yang dapat membuat konsumsi bahan bakar mobil jadi lebih irit atau efisien.

Tampilan luar Alphard terbaru benar-benar terlihat memiliki kesan mewah yang kentara, sehingga sebagian konsumen di kalangan atas ingin membeli mobil ini sebagai kendaraan untuk sekedar pamer.

Di bagian depan mobil tersebut, terlihat adanya headlamp dan fog lamp (lampu kabut) yang didesain dengan ukuran cenderung kecil serta menyipit dengan aksen krom menarik.

Selain itu, disematkan gril berukuran besar di bagian tengah, beserta tepi garis tegas yang membuat Alphard kini tampak lebih gagah. Sebenarnya, desain mobil ini secara keseluruhan tidak mempunyai banyak lekukan sehingga memberi kesan sederhana namun eksklusif.

Interior Toyota Alphard 2022. (Foto: Toyota)

Beralih ke bagian interiornya, ruang kabin Alphard terbaru telah menggunakan bahan berkualitas yang diklaim dapat memberi kenyamanan maksimal bagi pengemudi maupun para penumpang.

Interior Toyota Alphard terbaru terkesan mewah sebagai mobil MPV premium. (Foto: TAM)

Di baris pertama, disematkan beberapa panel fungsional serta setir kemudi yang dapat dioperasikan pengemudi dengan mudah karena terdapat fitur steering switch untuk mengatur audio, MID, dan beberapa tombol lainnya.

Disematkan juga sunshade di kaca Alphard terbaru baris kedua dan ketiga agar penumpang tidak merasa kepanasan akibat terkena terik matahari dari luar.

Tak hanya itu, mobil tersebut turut disematkan fitur Adaptive Cruise Control (ACC) yang sudah mendapat penyempurnaan. Fitur tersebut bisa aktif pada kecepatan 0 km/h, dan sebelumnya Alphard terbaru harus melaju di kecepatan 50 km/h lebih dulu.

Penyempurnaan pada fitur ACC ini diklaim dapat memberi kenyamanan secara lebih pada pengguna Alphard terbaru sekaligus meningkatkan keselamatannya.

Sebagai informasi, fitur ACC termasuk bagian Toyota Safety Sense (TSS) yang sudah diaplikasikan pada Alphard sejak awal 2020 lalu.

>>>>> Beli mobil Toyota Alphard baru maupun bekas terbaik di sini!

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts