Produk

Bagaimana Klaim Asuransi Kecelakaan Tapi Pengemudi Bukan Pemilik Mobilnya?

Jakarta – Pemilik mobil umumnya langsung mengasuransi kendaraannya begitu lunas. Hal itu untuk mencegah terjadinya peristiwa tidak terduga seperti kecelakaan, dan hilang karena dicuri. Seumpamanya ada kasus mobil terlibat kecelakan di jalan raya, tapi pengemudinya bukan si pemilik kendaraan atau dalam arti singkat mobil tengah dipinjamkan ke kerabat terdekat, lantas bagaimana dengan klaim asuransinya masih berlaku atau tidak?

Bagi pemilik mobil yang kebetulan mengalami kasus tersebut tidak perlu khawatir. Segala kerusakan akibat kecelakaan walaupun pengemudinya bukan orang yang mengajukan asuransi, klaim masih tetap berlaku.

“Tidak masalah sama sekali,” ungkap Tanny Megah Lestari, selaku Business Development Division Head PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance), di Jakarta Selasa (20/8/2019).

Aplikasi Klaim Asuransi Kecelakaan Praktis

Dijelaskannya, kapanpun, di manapun, oleh siapapun klaim asuransi kecelakaan bisa dilakukan. Apalagi sekarang ini Adira Insurance punya aplikasi Autocillin Mobile Claim (AMC) yang mempermudah nasabah melakukan klaim asuransi kendaraan hanya dengan satu jari di smartphone pelanggan.

“Aplikasi AMC ada fitur klaim. Nasabah cukup memberitahu nama si pengemudi mobil. Yang terpenting masih dalam masa laporan klaimnya yaitu 5×24 jam, prosedurnya seperti itu, laporan klaim harus dilaporkan ke kami. Di AMC ada fitur registrasi jika pelanggan sudah pernah masuk atau pernah registrasi maka tidak perlu masukan dokumen pendukung. Karena seluruh dokumen sudah ada di data kami. Pelanggan cukup menginformasikan kronologis saat klaim terjadi. Itu kemudahannya,” terang Tanny.

Pelanggan Bisa Tahu Lama Perbaikan Mobil yang Rusak

Aplikasi AMC diciptakan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan. Tidak hanya sekadar melaporkan klaim, tapi aplikasi tersebut terhubung dengan bengkel rekanan Adira Insurance yang dikenal dengan nama Autocillin Garage.

Adira Insurance luncurkan aplikasi Autocilin Mobile Claim. (Foto: Carmudi/Santo)

“Bengkel rekanan telah distandarisasi sehingga pelanggan merasakan pengalaman yang sama saat ke Adira Insurance, yang apabila mengalami kerusakan ringan dengan batasan 3-4 panel dapat diberikan pelayanan same day repair. Tentu sangat menarik untuk milenial yang memiliki mobilitas tinggi dan senang dengan berbagai hal yang praktis,” kata Wayan Pariaman Chief Marketing Officer Director Adira Insurance, pada kesempatan yang sama.

Kelebihan lain yang bisa dirasakan pelanggan yang sudah mempunyai aplikasi AMC yaitu bisa mengetahui proses perbaikan mobil. Sehingga pelanggan tidak perlu rutin menanyakan seberapa jauh perkembangan perbaikan mobil kepada pihak bengkel.

“Setelah kendaraan ada di bengkel nanti ada notifikasi ke dalam aplikasi AMC yang menyatakan bahwa status pengerjaan mobil sudah berjalan sekian persen. Ada indikatornya. Kami sudah jalankan prosedur itu di beberapa Autocillin Garage. Seperti di Jakarta ada di bengkel Metro Motor. Nanti secara harian semua proses perbaikan mobil langsung diinformasikan oleh bengkel. Sehingga konsumen tidak perlu tanya lagi kapan mobil selesai diperbaiki,” tambah Tany.

Berdasarkan data Adira Insurance, sepanjang 2019 laporan klaim yang masuk menggunakan aplikasi AMC sudah lebih dari 4 ribu setiap bulannya atau lebih dari 95 persen total klaim kendaraan roda empat.

Baca juga:

Alasan Pemilik Sepeda Motor Ogah Punya Asuransi

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts