Home » Berita » Klub Mobil Daihatsu Gran Max dan Luxio Ajak Anggotanya Ikut Program Recall

Klub Mobil Daihatsu Gran Max dan Luxio Ajak Anggotanya Ikut Program Recall

recall Daihatsu
Press conference recall Daihatsu Gran Max dan Luxio. (Foto: Carmudi/Yongki)

Jakarta – Sandi selaku Sekretaris Jendral dari klub Gran Max Luxio Club Indonesia (MAXXIO) menyerukan kepada para anggotanya supaya melakukan perbaikan dan pergantian komponen connecting rod atau setang seher yang bermasalah. Selain mengajak para anggotanya, MAXXIO juga aktif mengajak rekan-rekan mereka di luar klub yang menggunakan Gran Max 1.5L dan Luxio agar ikut berpartisipasi dalam program recall (penarikan kembali) Daihatsu.

“Dari 4.500 anggota member MAXXIO, terdapat 120 unit terdeteksi untuk di-recall. Sekira 28 unit di antaranya sudah dilakukan perbaikan, sedangkan 92 unit sisanya masih dalam proses follow up untuk dapat segera memperbaiki dengan mengunjungi bengkel resmi Daihatsu terdekat,” ungkap Sandi, dalam keterangan resminya, Senin (20/7/2020).

Sementara itu, Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM, mengucapkan terima kasih kepada para pengguna mobil Gran Max 1.5L dan Luxio yang telah mengikuti program recall. Terlebih bagi MAXXIO yang turut membantu Daihatsu dalam memberikan sosialisasi terkait recall.

“Daihatsu bekerja sama dengan MAXXIO akan terus meningkatkan jumlah unit recall agar pelanggan mendapat perbaikan unit dan dapat kembali beraktivitas dan berbisnis kembali dengan lebih aman dan nyaman,” ujar perempuan yang akrab di sama Amel itu.

Tanggung Jawab Daihatsu

Adapun Gran Max 1.5L dan Luxio yang terindikasi bermasalah keluaran Maret 2018 sampai April 2019. Recall ini dilakukan karena connecting rod yang terpasang di kedua mobil rentan patah karena tekanan berlebih saat proses pengepresan.

Berdasarkan data terakhir per Juni 2020, sekira 9.043 unit atau sekitar 24% telah selesai diperbaiki dari total 36.915 unit. Pencapaian ini cukup baik, mengingat target dari program ini adalah 30% sampai dengan akhir 2020.

Connecting rod
Connecting rod menjadi penyebab recall Daihatsu Gran Max 1.5 dan Luxio. (Foto: Carmudi/Yongki)

“Secara nasional perbaikan yang sudah kami lakukan terhadap model Gran Max 1.5L dan Luxio mencapai 24 persen. Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jakarta itu merupakan area yang paling tinggi jumlah perbaikannya. Di luar itu seperti Sumatera, Kalimantan bahkan Indonesia Bagian Timur (IBT) capaian perbaikannya rendah, ” ungkap Bambang Supriyadi, Head Product Improvement PT ADM, di Jakarta saat video conference bersama rekan-rekan media dan klub mobil Daihatsu, Jumat (17/7/2020).

Bambang menambahkan rendahnya pemilik mobil yang ikut program recall Daihatsu khususnya yang berdomisili di luar Jawa itu dikarenakan lokasi tempat tinggal dengan bengkel resmi cukup jauh. Beda halnya dengan di Jawa, di mana lokasi bengkel resmi mudah dijangkau dan jumlahnya banyak.

Seperti diketahui, program recall penggantian komponen connecting rod diberikan secara gratis. Daihatsu juga memberikan kompensasi berupa paket ganti oli mesin dan jasa service gratis untuk periode service berikutnya.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Penanganan Luka Jatuh Dari Motor, Begini Caranya
Hyundai Kona Electric
Next post
Bakal Masuk Indonesia, Penjualan Hyundai Kona Electric Sudah Lebih 100 Ribu Unit