HomeSepeda motorKnalpot Motor Keluar Air Saat Dipanaskan Pagi Hari, Apakah Bahaya?

Knalpot Motor Keluar Air Saat Dipanaskan Pagi Hari, Apakah Bahaya?

Knalpot racing, mampu menambah performa. photo: scootracing.com
Air bisa menetes keluar lewat knalpot motor saat dipanasi pagi hari photo: scootracing.com

Jakarta – Kegiatan memanasi motor di pagi hari sudah menjadi rutinitas bagi sebagian orang sebelum memulai aktivitas. Kadang, kita mendapati di kolong motor keluar tetesan air dari knalpot saat dipanaskan. Lantas, apakah itu berbahaya bila ada air yang keluar?

Untuk mengetahui bahaya atau tidak, kita juga harus tahu dulu riwayat pemakaian motor. Apabila motor sebelumnya sempat diajak banjir-banjiran jelas cukup bahaya karena air tadi bisa saja sisa banjir yang mengendap di dalam knalpot atau bahkan masuk ke mesin.

Penyebab lain masuknya air secara tidak sengaja ke dalam knalpot dapat disebabkan oleh karena cipratan air, air banjir atau bisa juga tidak sengaja masuk saat mencuci sepeda motor. Namun, apabila motor digunakan sewajarnya dan tidak pernah dipakai menerjang banjir, maka itu tidak berbahaya.

Knalpot bisa saja keluar air sekalipun motor tidak habis dicuci atau melalui genangan air. Untuk kondisi mesin motor yang sehat dengan perbandingan komposisi bensin dan udara yang tepat, maka akan menghasilkan embun dan tetesan air saat pertama kali dihidupkan.

Keluarnya air dari dalam knalpot yang menunjukkan pembakaran sempurna. Kalian tidak usah khawatir karena biasanya hanya terjadi dalam tempo sesaat dan berupa tetesan-tetesan air saja.

Dari hasil diskusi di forum otomotif Seraya Motor, proses pembakaran yang baik itu menghasilkan air. Bensin itu dibakar dengan oksigen yang menghasilkan persamaan kimia sebagai berikut:

CxHy (bensin) + O2 + N2 = CO2 + CO + NOx + HC + H2O (air)

Inilah alasan mengapa ada air di knalpot, dan memang air bakal paling banyak ketika di pagi hari. Penjelasan logis lainnya yaitu karena suhu udara yang dingin pada pagi hari jadinya H2O yang keluar bukan berupa uap tapi cair.

Air yang Keluar dari Knalpot Motor Adalah Embun

Knalpot Vixion Ngebul

Penjelasan sederhana tetesan air dari lubang di bawah knalpot motor ini sebenarnya adalah embun. Embun ini disebabkan oleh udara suhu dingin di lingkungan sekitar di mana motor diparkir.

Ketika suhu motor meningkat karena mesin dinyalakan, hasilnya embun berubah menjadi air dan terdorong keluar dari knalpot. Kondisi ini pada motor injeksi, kemungkinan lebih sering terjadi. Knalpot lebih sering keluar air karena proses pembakaran mesin diatur secara presisi mendekati sempurna oleh pabrikan.

Selain mengeluarkan air, mesin motor dalam kondisi dingin kadang juga bisa mengeluarkan asap putih dan hilang saat sudah mencapai suhu optimal. Ini juga sebenarnya bukan melulu asap, tapi bisa juga tekanan uap air dari dalam yang terdorong keluar.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Waspadai Risiko Membeli Motor Tanpa BPKB, Banyak Ruginya

Previous post
Perkiraan Jadwal Peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R di Indonesia
Busi
Next post
Penyebab Elektroda Busi Hitam dan Basah, Ada Apa?