Home » Tips dan Trik » Jangan Panik Dulu, Kenali Kedipan Kode Kerusakan Yamaha Vixion

Jangan Panik Dulu, Kenali Kedipan Kode Kerusakan Yamaha Vixion

Simak arti kode kerusakan pada Yamaha Vixion.
Simak arti kode kerusakan pada Yamaha Vixion.

Jakarta – Yamaha Vixion merupakan salah satu sepeda motor bergenre sport yang dijual secara resmi oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Sepeda motor ini juga sempat menjadi salah satu model yang cukup populer di Indonesia. Selain punya bentuk atau desain yang sporty, Yamaha Vixion juga dikenal punya performa yang cukup oke untuk dipakai harian, terutama di kota padat lalu lintas seperti Jakarta. Namun, ada beberapa hal yang terkadang membuat bingung para pemiliknya.

Yamaha Vixion dikenal kerap mengalami beberapa kerusakan. Kerusakannya terkadang menjadi salah satu momok yang dapat membuat pemiliknya panik dan bingung. Karena kerusakan pada Yamaha Vixion bisa disebut layaknya sebuah mobil. Jika sudah rusak, Yamaha Vixion biasanya akan memunculkan kode kedipan pada instrument cluster yang ada di bagian setang. Yang cukup membingungkan, kerusakan ini terdiri dari beberapa macam potensi.

Simak arti kode kerusakan pada Yamaha Vixion.
Simak arti kode kerusakan pada Yamaha Vixion.

Tanda kerusakan biasanya akan ditandai dengan lampu menyala berwarna merah di bagian speedometer. Bagi sang pemilik, tentunya hal ini akan cukup mengagetkan sekaligus membuat bingung. Tapi bagi mekanik, lampu indikator yang menyala kuning ini biasa disebut dengan Malfunction Indicator Light (MIL). Ada juga beberapa orang yang menyebutkan jika indikator yang menyala ini menandakan kondisi “check engine”. Dalam kondisi normal, lampu-lampu ini akan menyala selama beberapa saat setelah kunci kontak posisi ON. Setelah itu, lampu akan mati dan tidak menyala lagi.

Beda cerita dengan lampu yang menyala terus menerus. Bahkan, terkadang ditemui adanya lampu menyala berkedip-kedip yang menandakan adanya eror pada kelistrikan mesin. Jika Carmudian menemui hal seperti itu, tak perlu khawatir. Karena ini masih bisa dilakukan identifikasi. Normalnya, lampu akan menyala setiap interval yang berbeda tergantung kode kerusakannya. Kira-kira kode kerusakan apa saja yang kerap ditemui di Yamaha Vixion?

Simak arti kode kerusakan pada Yamaha Vixion.
Simak arti kode kerusakan pada Yamaha Vixion.
  • Kode 12

Pada tabel kerusakan Yamaha Vixion, terdapat beberapa kode yang cukup sering ditemui. Salah satunya adalah kode 12. Kode 12 ini berarti adanya kerusakan pada bagian crankshaft position sensor Yamaha Vixion. Jika bagian ini mengalami kerusakan, maka akan menyala kedipan lampu selama 1 detik sebanyak 1 kali, dan menyala selama setengah detik sebanyak 2 kali. Bisa saja kerusakan tersebut disebabkan adanya kerusakan pada sensor atau salah satu kabel ada yang terputus.

  • Kode 13

Jika tanda berkedip dengan lama interval lampu menyala selama 1 detik 1 kali dan setengah detik sebanyak 3 kali, itu berarti ada kerusakan di bagian kode 13. Kode 13 ini menandakan adanya sesuatu yang tidak beres pada bagian intake air pressure sensor.

Simak arti kode kerusakan pada Yamaha Vixion.
Simak arti kode kerusakan pada Yamaha Vixion.
  • Kode 14

Sedangkan jika Yamaha Vixion memunculkan lampu berkedip 1 detik sebanyak 1 kali dan menyala setengah detik sebanyak 4 kali, itu berarti kerusakan terjadi pada saluran intake air pressure sensor. Untuk memastikannya, harus dicek bagian ini secara detail dan saksama.

  • Kode 16

Pada kode 16, indikator akan menyala selama 1 detik sebanyak 1 kali ditambah dengan kedipan lampu yang menyala setengah detik sebanyak 6 kali. Kerusakan yang terjadi jika menyala seperti ini terjadi di bagian throttle position sensor yang mengalami kemacetan. Lakukan pembersihan atau perbaikan pada komponen ini jika benar kode 16 menyala.

Yamaha Vixion Gen 1
  • Kode 21

Pada kode 21, tanda kerusakan mengarah ke coolant temperature sensor yang terletak di dekat bagian radiator. Ciri-ciri dari kerusakan ini adalah adanya kedipan lampu selama 1 detik sebanyak 2 kali dan kedipan lampu selama setengah detik sebanyak 1 kali. Cek seluruh bagian sensor yang ada di radiator. Jika sudah jelek kondisinya, kamu bisa menggantinya dengan yang baru.

  • Kode 22

Pada kode 22, kerusakan yang terjadi ada di intake air temperature sensor. Sistem akan membuat kedipan selama 1 detik sebanyak 2 kali dan kedipan selama setengah detik sebanyak 2 kali. Kerusakan pada bagian ini biasanya akan membuat temperatur udara yang masuk ke dalam intake menjadi lebih panas.

  • Kode 30

Untuk kode 30, permasalahannya sedikit berbeda. Karena lampu indikator akan menyala selama 1 detik sebanyak 3 kali saja. Untuk kode 30, Carmudian tak perlu khawatir, karena biasanya motor hanya mengalami jatuh saja. Tidak ditemukan masalah yang cukup serius dan berarti pada kode 30 ini.

Yamaha Vixion Matte Black (Foto: Yamaha)
  • Kode 33

Lain lagi halnya jika kamu mengalami kedipan selama 1 detik sebanyak 3 kali ditambah kedipan setengah detik sebanyak 3 kali. Ini kode 33. Jika sudah menyala seperti ini, Yamaha Vixion tengah mengalami adanya indikasi kerusakan pada bagian primary ignition coil. Periksalah bagian tersebut atau pengapian secara detail dan saksama. Cek apakah ada kerusakan atau tidak.

  • Kode 39

Jika kamu menemukan kedipan selama 1 detik sebanyak 3 kali ditambah kedipan selama setengah detik sebanyak 9 kali, tandanya ada yang tidak beres di bagian fuel injector. Itu adalah kode 39, yang menandakan adanya kerusakan pada sistem kelistrikan fuel injector. Segera periksa komponen tersebut secara detail dan fokus, ya.

  • Kode 41

Jika Carmudian menemukan kedipan selama 1 detik sebanyak 4 kali ditambah kedipan selama setengah detik sebanyak 1 kali, ini berarti menandakan kerusakan pada kode 41. Kode 41 menunjukkan adanya kerusakan pada lean angle sensor. Lean angle sensor merupakan sensor yang terdapat pada bagian penyangga kaki satu sepeda motor. Cek saja bagian itu dengan saksama.

Vixion Jadi Motor Yamaha Terlaris (Foto: Yamaha)
  • Kode 44

Kedipan selama 1 detik sebanyak 4 kali ditambah kedipan selama setengah detik sebanyak 4 kali ini adalah kode 44. Biasanya ada kerusakan yang terjadi pada bagian proses pembacaan atau penulisan pada EPROM. EPROM sendiri merupakan alat untuk menyimpan kondisi mesin. EPROM juga berfungsi untuk mengatur settingan irit dan borosnya dari konsumsi bahan bakar yang diatur mesin.

  • Kode 46

Jika menemui kedipan lampu yang menyala selama 1 detik sebanyak 4 kali ditambah kedipan menyala selama setengah detik sebanyak 6 kali, itu tandanya terjadi malfungsi di bagian aliran listrik ke fuel injection. Aliran listrik ke sistem fuel injection ini biasanya tidak normal atau ditemukan kesalahan. Kode tersebut merupakan kode 46 yang dapat diidentifikasi.

  • Kode 50

Kode 50 merupakan salah satu kode yang cukup sering ditemui. Karena kode ini merupakan penanda kerusakan pada memori ECU. Ciri-cirinya adalah akan menyala kedipan lampu selama 1 detik sebanyak 5 kali. Tanda-tanda ini merupakan adanya kerusakan pada sistem memori ECU. Namun harus diingat, jika Carmudian merasa kurang yakin dengan hal tersebut, kamu bisa melakukan diagnosa melalui bengkel resmi Yamaha terdekat di Indonesia.

All New Vixion R Matte Red

Lampu Berkedip Cepat

Terkadang juga ditemui lampu MIL yang berkedip dengan cukup cepat. Biasanya hal ini menjadi salah satu indikasi kerusakan pada tegangan aki. Pada kondisi yang normal, lampu MIL akan berada dalam angka 12 volt. Namun jika tegangan turun hingga 10 volt, maka lampu MIL akan berkedip-kedip menandakan adanya kerusakan pada tegangan aki motor.

Lampu Menyala Terus Menerus

Jika lampu MIL menyala secara terus menerus, ada juga potensi kerusakan yang terjadi di bagian terminal ECU. ECU yang akan rusak tentunya akan mengirimkan sinyal-sinyal kerusakan dan menginformasikannya kepada lampu MIL. Nah, jika sudah begini ada baiknya kamu selalu rajin membawa Vixion kesayanganmu untuk servis rutin. Jika sewaktu-waktu lampu menyala seperti beberapa kode di atas, ada baiknya kamu langsung membawanya ke bengkel terdekat.

Bengkel resmi Yamaha tentunya sudah memiliki alat dan berbagai peralatan yang sangat mumpuni. Terlebih motor zaman sekarang juga cukup mudah melakukan deteksi, tinggal colok melalui komputer akan terlihat kerusakan di bagian mana saja.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas 

Baca Juga:

Motor ‘Arogan’ Meluncur, Apa Perbedaannya dengan Versi Lama?

Previous post
Lebih Dari 100 Unit Sepeda Motor Terjual Selama IIMS Motobike Expo 2019
Next post
Lulus Uji Tabrak, All New Suzuki Ertiga Dapat 4 Bintang