Reviews

Komparasi Kia Grand Carnival Vs Hyundai Staria, Mana yang Lebih Oke?

Kali ini kami akan melakukan komparasi antara Kia Grand Carnival dengan Hyundai Staria karena di atas kertas keduanya sama-sama berkompetisi di segmen MPV mewah.

Dengan hadirnya dua MPV mewah ini, konsumen di Indonesia akan memiliki lebih banyak pilihan. Toyota Alphard seakan langsung memiliki kompetitor terdekat dan berbagi ‘kue’ dengan kedua mobil baru ini.

Hyundai Staria meluncur secara resmi di Indonesia pada bulan Agustus 2021, sedangkan Kia Grand Carnival hadir pada ajang GIIAS 2021 yang baru saja berlalu.

kia grand carnival hyundai staria

Kehadiran Kia Grand Carnival menggantikan Grand Sedona yang sebelumnya mengaspal. Baik Grand Carnival dan Staria sama-sama memiliki fitur yang cukup bersaing.

Namun jika dilakukan komparasi, mana yang lebih baik antara Kia Grand Carnival vs Hyundai Staria? Carmudian yang ingin membeli bisa melihat perbandingan kedua mobil ini di sini.

Varian dan Harga Kia Grand Carnival Vs Hyundai Staria

Kia Grand Carnival

PT Kreta Indo Artha (KIA) menawarkan Grand Carnival dalam dua varian. Varian pertama merupakan Dynamic yang dijual seharga Rp786 jutaan on the road Jakarta.

kia grand carnival hyundai staria

Lalu varian kedua yang ditawarkan adalah Premiere yang dijual Rp886 jutaan. Jika dilihat, selisih harga yang ditawarkan mencapai lebih kurang Rp100 jutaan.

Harga Kia Grand Carnival 2021

Dynamic Rp786 juta
Premiere Rp886 juta

Hyundai Staria

Lalu bagaimana dengan harga dan varian Hyundai Staria? Sama seperti Grand Carnival, Staria di Indonesia hanya ditawarkan dalam dua varian saja.

Varian pertama adalah Signature 9 yang dijual seharga Rp888 jutaan. Lalu varian kedua yang juga merupakan varian tertinggi adalah Signature 7 yang dijual Rp1,020 miliar (OTR Jakarta).

kia grand carnival hyundai staria

Jika melihat perbandingan harga, Hyundai Staria varian teratas tentunya memiliki harga yang jauh lebih mahal dibanding Grand Carnival.

Eksterior Kia Grand Carnival Vs Hyundai Staria

Ini yang cukup menarik untuk dibahas. Tampilan Kia Grand Carnival terlihat lebih elegan dan mewah. Berbeda dengan Hyundai Staria yang tampilannya terlihat sangat futuristis.

Untuk Grand Carnival fascia depannya mengusung bahasa desain yang disebut oleh Kia “tiger nose”. Bahasa desain ini dikombinasikan dengan gril modern serta lampu LED yang dibuat berlekuk sedikit ke atas.

Jika dilihat dari depan, mobil dengan kapasitas maksimal 11 penumpang ini terlihat sangat keren dan elegan.

Berbeda dengan Hyundai Staria yang jika dilihat dari depan sangat futuristis berkat penggunaan LED yang memanjang di atas gril. Lampu utama LED diposisikan agak di bawah dari sisi kanan dan kiri gril.

kia grand carnival hyundai staria

Secara tampilan Staria termasuk ke dalam salah satu mobil yang sangat nyentrik ketika melenggang di jalan.

Bagaimana dengan dimensi kedua mobil ini? Berikut data spesifikasi antara Kia Grand Carnival vs Hyundai Staria.

Kia Grand Carnival

VS

Hyundai Staria

Panjang 5.155 mmPanjang 5.253 mm
Lebar 1.995 mmLebar 1.997 mm
Tinggi 1.775 mmTinggi 1.990 mm
Wheelbase 3.090 mmWheelbase 3.273 mm

Jika mementingkan desain konvensional dan mature, saran kami Kia Grand Carnival lebih layak dibeli. Namun jika Anda mementingkan desain yang unik dan antimainstream, Hyundai Staria lah yang layak menjadi pilihan utama.

Interior Kia Grand Carnival Vs Hyundai Staria

Sekarang kita akan mengupas interior dari masing-masing mobil. Kia Grand Carnival menurut kami memiliki desain interior yang jauh lebih mewah dan elegan ketimbang Staria.

Hal tersebut dapat dilihat dari penyematan head unit berukuran 12,3 inci untuk varian Premiere dan 8 inci untuk varian Dynamic.

harga dan spesifikasi kia grand carnival

Pengaturan pada Grand Carnival menggunakan paduan touch screen dan tombol yang ada di bagian tengah. Di bagian kiri dan kanan setir juga terdapat tombol pengaturan yang cukup mudah dioperasikan.

Sedangkan Hyundai Staria memiliki desain interior yang terlihat lebih simpel. Head unit di tengah memakai model floating dengan tombol pengaturan yang terdapat di bawahnya.

Di depan setir terdapat layar instrumen cluster TFT dengan detail yang cukup tajam. Bahkan di setirnya pun sama-sama memiliki tombol pengaturan di sisi kiri dan kanan.

Walaupun instrumen cluster Grand Carnival masih memakai model analog, tetapi menurut kami desain interiornya lebih baik dibanding Staria. Oh iya, persneling yang digunakan oleh Grand Carnival menggunakan model kenop putaran mirip Jaguar dan Range Rover.

Sedangkan persneling pada Staria sudah menggunakan model tombol yang hanya perlu ditekan. Dan bagian tengah antara jok depan Staria tidak terpasang konsol, sehingga kaki lebih leluasa bergerak.

Mundur sedikit ke belakang, Grand Carnival dan Staria sama-sama dibekali dua buah sunroof. Bedanya, kedua sunroof milik Grand Carnival bisa dibuka untuk menikmati udara.

Sedangkan sunroof Hyundai Staria yang bisa dibuka hanya bagian depannya saja. Sunroof belakang dibuat permanen, namun dilengkapi krey yang bisa dibuka dan ditutup.

Mesin

Kedua mobil ini sama-sama dibekali dengan mesin Diesel. Lantas, mana yang performanya lebih baik?

Kia Grand Carnival

VS

Hyundai Staria

Kapasitas 2.151 ccKapasitas 2.199 cc
Jumlah silinder4 silinderJumlah silinder4 silinder
Bahan bakarDiesel, Smartstream engineBahan bakarDiesel
Teknologi CRDi, DOHCTeknologi CRDi
Tenaga 199 hp @3.800 rpmTenaga 174 hp @3.800 rpm
Torsi 441 Nm @1.750-2.750 rpmTorsi 430 Nm @1.500-2.500 rpm
Transmisi Otomatis 8 percepatanTransmisi 8 percepatan shift by wire
Penggerak Roda depanPenggerak Roda depan
Kapasitas tangki BBM80 literKapasitas tangki BBM75 liter

Berdasarkan data di atas, harus diakui jika performa mesin Kia Grand Carnival jauh lebih unggul dibanding Hyundai Staria. Melihat tenaga dan torsinya, Grand Carnival memiliki mesin yang bisa diandalkan.

Fitur Kia Grand Carnival Vs Hyundai Staria

Baik Grand Carnival dan Hyundai Staria sama-sama dibekali dengan fitur yang banyak. Kira-kira mana yang lebih unggul? Kita kupas satu per satu, ya.

Fitur unggulan yang diberikan oleh Kia di antaranya ada jok depan yang dilengkapi ventilasi sehingga bisa mengeluarkan AC ataupun penghangat, speaker Bose 6 titik, dan wireless charging di konsol depan.

Lalu ada juga forward collision avoidance assist (FCA), junction turning, blind spot collision avoidance assist (BCA), smart cruise control (SCC), blind spot view monitor (BVM), serta lane following assist (LFA).

Selain itu masih ada juga surround view monitor (SVM), parking distance warning (PDW), lane keeping assist (LKA), airbag 7 titik, hill start assist control (HAC), pengaturan AC Tri-zone, dan USB charger di setiap baris jok.

Sementara Hyundai Staria memiliki bekal 6 buah airbag, LKA, FCA, BVM, manual speed limit assist, rear cross traffic collision avoidance assist, surround view monitor, safe exit assist, dan driver attention warning.

Selain itu Staria juga dibekali jok ventilated dengan AC dan pemanas, push start button, ambient mood lamp di konsol tengah, dan speaker Bose 12 titik.

Kekurangan dan Kelebihan

Baik Hyundai Staria maupun Kia Grand Carnival sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan. Jika ingin membeli sebuah mobil keluarga yang berdesain elegan, mewah, dan punya nilai gengsi lebih tinggi kami sarankan memilih Grand Carnival.

Kabin Kia Carnival 2021 (Foto: Kia Global)

Sedangkan Staria sendiri menurut kami lebih cocok dibeli oleh mereka yang menginginkan mobil berdesain unik. Fiturnya pun bisa dibilang tak jauh berbeda antara Staria dan Grand Carnival.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts