Reviews

Komparasi Toyota Yaris vs Honda City Hatchback, Mana yang Lebih Menarik Dimiliki?

Komparasi Toyota Yaris vs Honda City Hatchback menarik untuk disimak dari berbagai sisi. Baik terkait eksterior, interior, fitur, mesin, dan harga. Keduanya adalah pemain utama di segmen hatchback Tanah Air yang selalu ramai peminat.

Komparasi Toyota Yaris vs Honda City Hatchback

Ada beberapa alasan bagi seorang konsumen untuk memilih mobil hatchback. Salah satunya dimensi bodi yang kompak sehingga mobil lebih ringkas untuk digunakan. Poin ini membuat mobil hatchback menjadi banyak pilihan di daerah-daerah perkotaan.

Di samping itu, faktor konsumsi bahan bakar yang irit juga kerap mendorong seseorang melirik mobil yang sebenarnya adalah sedan tanpa bagasi ini.

Di antara sekian banyak pilihan model, Toyota Yaris dan Honda City Hatchback cukup pantas disandingkan.

Honda City Hatchback yang merupakan pengganti Honda Jazz tergolong sebagai pendatang anyar. Pabrikan baru memperkenalkannya di Indonesia pada 3 Maret 2021 lalu. Beda hal dengan Toyota Yaris yang namanya sudah cukup lama melekat di hati konsumen.

Komparasi Toyota Yaris vs Honda City Hatchback

Walau demikian Honda City Hatchback memiliki banyak modal untuk bersaing dengan rivalnya. Oleh karena itu Carmudi mengajak Anda melihat komparasi Toyota Yaris vs Honda City Hatchback sebagai referensi.

Eksterior Toyota Yaris & Honda City Hatchback

Hal yang dirasa perlu menjadi perhatian pada sisi eksterior adalah soal dimensi kendaraan.

Honda City Hatchback tergolong besar untuk mobil sejenisnya. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.349 mm, lebar 1.748 mm, tinggi 1.488 mm dengan wheelbase 2.600 mm.

Harga City Hatchback Naik

Honda City Hatchback RS, mobil baru yang meluncur diawal Maret 2021 (Foto: Carmudi)

Dengan bodi lebar dan panjang logikanya kabin mobil ikut menjadi lebih lega. Akan tetapi konsumen juga perlu mempertimbangkan ketersediaan lahan parkir yang ada di tempat tinggalnya.

Kalau dibandingkan dengan Toyota Yaris perbedaannya cukup terlihat. Wakil Toyota ini punya dimensi panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.500 mm dengan wheelbase 2.550 mm.

Toyota Yaris unggul dimensi ke atas yang seharusnya dapat menghasilkan headroom lebih memadai.

Sebaliknya, dilihat sekilas Honda City Hatchback nampak memiliki bodi yang rendah dan terkesan lebih aerodinamis.

Kedua mobil sudah menggunakan lampu depan LED. Sektor kaki-kakinya semua menggunakan pelek berukuran 16 inci, namun beda ukuran ban.

Harga Toyota Yaris GR Sport

Toyota Yaris GR Sport (Foto: TAM)

Toyota Yaris menggunakan ban berukuran 195/50R16. Sedangkan Honda City Hatchback dibekali ban dengan profil dinding lebih tipis dan tapak lebih lebar, yakni 185/55R16.

Interior Toyota Yaris & Honda City Hatchback

Kedua mobil sama-sama memiliki kapasitas bangku 5-seater. Semua bangku sudah dilengkapi sabuk pengaman tiga titik dan adjustable headrest.

Hal menarik yang dimiliki Honda City Hatchback ialah tersedianya pengaturan lingkar setir tilt (atas bawah) dan telescopic (maju mundur). Di samping itu, interior mobil ini juga membawa fitur Ultra Seat seperti halnya yang dimiliki Honda Jazz dulu.

Ultra Seat Honda City Hatchback

Fitur Ultra Seat menyediakan beberapa mode pengaturan bangku, meliputi refresh mode, tall mode, long mode, dan utility mode. Hal ini membuat Honda City Hatchback sangat superior terutama terkait akomodasi.

Bahkan pelipatan bangku belakang mobil ini juga bisa menghasilkan bagasi dengan lantai yang rata.

Nah, disinggung di awal Honda City Hatchback punya dimensi yang lebar dan panjang. Hal ini pada akhirnya membuat legroom yang lega terutama di area bangku baris kedua.

Tapi sayangnya desain atap yang rendah membuat akses masuknya terbatas karena badan harus lebih menunduk. Di samping itu headroom juga menjadi sangat terbatas.

Interior Yaris

Pada sisi inilah Toyota Yaris terlihat lebih unggul. Headroom lebih memadai dan akses keluar masuk bagi penumpang belakang lebih enak.

Tak ketinggalan, Toyota Yaris memiliki lantai yang rata pada area bangku baris kedua. Dengan begitu penumpang belakang terutama yang duduk di tengah bisa mengistirahatkan kakinya dengan lebih nyaman.

Fitur Toyota Yaris & Honda City Hatchback

Komparasi Toyota Yaris vs Honda City Hatchback kali ini tentunya juga akan membahas fitur-fitur yang dimiliki kedua mobil. Faktanya persaingan pada sektor ini sangat ketat.

Pertama-tama untuk fitur keselamatan aktif. Kedua mobil sama-sama memiliki ABS + EBD + BA ditambah Hill Start Assist (HSA) dan kontrol stabilitas. Honda City Hatchback unggul tipis karena turut dilengkapi kontrol traksi.

Fitur Honda City Hatchback

Sementara untuk fitur keselamatan pasif Toyota Yaris dapat dikatakan lebih unggul terutama jika konsumen memilih varian yang dilengkapi 7 buah airbag. Di sisi lain Honda City Hatchback memiliki airbag berjumlah 6 buah untuk semua varian.

Patut diketahui juga sektor pengereman Toyota Yaris menggunakan rem cakram pada roda depan dan belakang. Bagi sebagian pengguna hal tersebut akan menambah rasa aman.

Lanjut menuju fitur bantuan berkendara. Kedua mobil sama-sama sudah dilengkapi paddle shift untuk tipe transmisi otomatisnya.

Pada Honda City Hatchback konsumen juga akan menjumpai cruise control. Fitur ini absen pada Toyota Yaris.

Walau demikian hal itu tak lantas membuat wakil Honda langsung unggul karena. Pasalnya Toyota Yaris memiliki tiga mode berkendara, yakni normal, eco, dan sport. Konsumen Honda City Hatchback hanya mendapat satu mode berkendara yaitu, ECON.

Fitur Toyota Yaris

Honda City Hatchback akan terlihat memiliki fitur-fitur yang lebih banyak kalau melihat ke sisi hiburan. Head unit layar sentuh 8 inci yang digunakannya sudah mendukung Apple Carplay dan Android Auto.

Di samping itu, head unit Honda City Hatchback juga bisa menampilkan visual kamera mundur dalam dua pilihan sudut pandang, yaitu normal dan wide.

Terakhir, Honda City Hatchback juga dilengkapi fitur menyalakan mobil dari jarak jauh bernama remote engine start. Dapat disimpulkan secara keseluruhan Honda City Hatchback punya fitur lebih lengkap dan modern.

Mesin Toyota Yaris & Honda City Hatchback

Berdasarkan data di atas kertas Honda City Hatchback menang dalam hal performa kendaraan. Mobil ini memiliki tenaga dan torsi lebih besar walaupun dicapai pada putaran mesin yang lebih tinggi.

Lebih detailnya, Honda City Hatchback dibekali mesin 1.500 cc 4-silinder i-VTEC dengan tenaga tertinggi 119,3 hp @ 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm @ 4.300 rpm. Mobil ini tersedia dalam pilihan transmisi manual 6-kecepatan dan otomatis CVT.

Di lain sisi, Toyota Yaris menggunakan mesin 1.500 cc 4-silinder Dual VVT-i yang bisa menghasilkan tenaga hingga 105,5 hp @ 6.000 rpm dan torsi tertinggi 140,2 Nm @ 4.200 rpm. Toyota Yaris tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-kecepatan atau otomatis CVT.

Data Teknis Komparasi Toyota Yaris vs Honda CIty Hatchback

Toyota YarisHonda City Hatchback
Mesin1.500 cc, 4-silinder, Dual VVT-i1.500 cc, 4-silinder, I-VTEC
Tenaga Maksimum105,5 hp @ 6.000 rpm119,3 hp @ 6.600 rpm
Torsi Maksimum140,2 Nm @ 4.200 rpm145 Nm @ 4.300 rpm
TransmisiMT 5-speed / CVTMT 6-speed / CVT
Panjang 4.145 mm4.349 mm
Lebar1.730 mm1.748 mm
Tinggi 1.500 mm1.488 mm
Wheelbase2.550 mm2.600 mm

Harga Toyota Yaris vs Honda City Hatchback

Cicilan murah mobil Toyota Yaris

(Foto: TAM)

Hal terakhir yang menjadi perbandingan tentunya adalah harga kedua mobil. Patut diketahui bahwa Toyota Yaris dipasarkan dengan pilihan tipe yang sangat banyak.

Varian G menjadi tipe terendah dan tersedia dalam pilihan transmisi manual dan otomatis. Berdasarkan pilihan transmisi tersebut konsumen bisa memilih varian dengan 3 airbag atau 7 airbag.

Hal yang sama juga berlaku untuk tipe tertinggi, yakni GR Sport. Dengan begitu secara total Toyota Yaris memilih 8 varian. Hal ini pada akhirnya menciptakan rentang harga yang sangat luas.

Berbeda terbalik dengan Honda City Hatchback yang hanya tersedia dalam dua varian berdasarkan transmisinya, yakni manual dan otomatis.

Daftar harga lengkap kedua mobil bisa Carmudian simak di bawah ini. Dirangkum dari situs web masing-masing brand pada 13 Oktober 2021. Harga bersifat on the road DKI Jakarta dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Harga Toyota Yaris

  • Toyota Yaris 1.5 G MT 3 AB – Rp248.300.000
  • Toyota Yaris 1.5 G MT 7 AB – Rp252.900.000
  • Toyota Yaris 1.5 G CVT 3 AB – Rp258.200.000
  • Toyota Yaris 1.5 G CVT 7 AB – Rp262.800.000
  • Toyota Yaris 1.5 GR Sport MT 3 AB – Rp268.800.000
  • Toyota Yaris 1.5 GR Sport MT 7 AB – Rp273.400.000
  • Toyota Yaris 1.5 GR Sport CVT 3 AB – Rp279.500.000
  • Toyota Yaris 1.5 GR Sport CVT 7 AB – Rp284.00.000

Harga Honda City Hatchback

  • Honda City Hatchback RS MT – Rp292.000.000
  • Honda City Hatchback RS CVT – Rp302.000.000

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts