Home » Reviews » Komparasi VW Tiguan Allspace dan Peugeot 5008, Pertarungan SUV 7-Seater Eropa Tanggung

Komparasi VW Tiguan Allspace dan Peugeot 5008, Pertarungan SUV 7-Seater Eropa Tanggung

VW Tiguan Allspace
VW Tiguan Allspace ditengarai siap masuk pasar Indonesia.

Jakarta – Seperti diketahui, VW Tiguan memang disodorkan dalam dua varian; Short Wheel Base (SWB) dan Long Wheel Base (LWB) di pasar global. Sesuai namanya, varian pertama memiliki konfigurasi 5-seater dan 7-seater untuk varian selanjutnya dengan nama VW Tiguan Allspace. Di Indonesia, SUV ini memang masih belum diketahui kapan akan resmi dijual. Tapi dari informasi yang Carmudi terima, Tiguan Allspace sudah bisa dipesan di diler.

Pertarungan SUV 7-penumpang memang tengah memanas di pasar otomotif Indonesia, seiring mulai beralihnya minat konsumen dari segmen MPV. Meskipun banyak pemain dari produsen asal Jepang dan Tiongkok, merek-merek Eropa pun tetap berusaha menggedor pasar yang sama di kelas atasnya. Komparasi pun tak terhindarkan, VW Tiguan Allspace bisa dibilang akan berhadapan dengan Peugeot 5008.

Sebelumnya, Peugeot bisa dikatakan selangkah lebih dulu karena baru saja resmi diperkenalkan beberapa hari lalu. Tak hanya itu, impresi Peugeot 5008 pun sudah bisa dirasakan langsung oleh awak media melalui acara test drive-nya. Sedangkan VW Tiguan Allspace belum ada tanda-tanda apakah akan hadir dalam waktu dekat ini atau saat GIIAS 2019 pada 18-28 Juli mendatang.

Komparasi Eksterior VW Tiguan Allspace dan Peugeot 5008

Tampilan VW Tiguan Allspace

Desain wajah eksterior VW Tiguan Allspace kini berubah terutama di sisi bumper dan lekukan kapnya. Sebelumnya, tampilan depan memang lebih agresif, namun berkat pengurangan desain patahan di bumpernya tampang VW Tiguan Allspace pun jadi lebih kalem. Kondisi sebaliknya justru hadir di Peugeot 5008. SUV ini tak jauh berbeda dengan saudaranya, 3008 yang punya tampang lebih atraktif. Hanya saja, sentuhan akhir yang kurang maksimal membuatnya tidak lebih seperti pendahulunya. Nothing special.

Berkat platform MQB (Modular Transverse Matrix) rangkanya pun jadi lebih panjang menjadi 4.701 mm, kabin pun terasa jadi lebih luas. Penambahan bangku baris ke tiga pun akhirnya berimbas pada ukuran pintu belakangnya. Sekilas, tampilan belakang VW Tiguan Allspace mirip wagon dengan karakter lebih gagah ala SUV. Sedangkan Peugeot 5008 tampak lebih pendek lantaran ukuran panjangnya hanya mencapai 4.641 mm. Namun apresiasi layak diberikan untuk desain di bagian buritannya. Berkat desain yang mirip-mirip 3008, konsep desain Peugeot baru ini jadi lebih berkarakter. Apalagi bentuk stop lamp ala cakar singanya identik dengan Peugeot.

Komparasi Interior VW Tiguan Allspace dan Peugeot 5008

Interior Peugeot 5008 dengan segala fitur yang tersematkan. (Foto: Carmudi/Rizen)Masuk ke bagian kabin, kedua SUV ini sama-sama berkonfigurasi 7-seater. Namun lantaran sama-sama berada di kelas medium SUV, jok baris ke tiga sama-sama dinilai hanya diperuntukan anak-anak. Hal ini tidak aneh untuk ukuran mobil Eropa, karena memang konfigurasi 7-penumpang (bukan 5+2) hanya dimiliki full size SUV seperti Mercedes-Benz GLS dan BMW X7.

Dengan kondisi kursi terpakai seluruhnya, Tiguan Allspace memiliki kapasitas bagasi belakang sebesar 230 liter. Sementara bila kursi tengah dan belakang dilipat, volume bagasi meningkat menjadi 1.775 liter. Beda cerita untuk Peugeot 5008, karena di kondisi semua kursi terpakai bagasi memiliki kapasitas sebesar 166 liter. Tapi saat semua kursi baris belakang dan tengah dilipat semua, kapasitasnya jadi lebih besar hingga 2.150 liter.

Komparasi Mesin VW Tiguan Allspace dan Peugeot 5008

Sektor dapur pacu bisa dibilang jadi bagian vital sebuah SUV. Namun VW rupanya tidak melakukan perubahan apapun karena Tiguan Allspace masih memboyong mesin yang sama seperti generasi sebelumnya yaitu 1.4 TSi. Mesin ini diklaim mampu hasilkan daya hingga 152 HP dan torsi puncak 250 Nm. Mesin ini pun kemudian disandingkan dengan transmisi 6-percepatan dengan kopling ganda (DGS) plus triptronic.

Peugeot 5008 boleh lebih bangga lantaran punya kapasitas mesin yang lebih besar dibanding VW Tiguan Allspace. Peugeot membekali 5008 dengan mesin bensin 1.600 cc 4-silinder yang dipadukan transmisi otomatis 6-percepatan. Alhasil, keluaran tenaganya pun bisa mencapai 165 HP dengan torsi maksimal sebesar 240 Nm.

Mesin Peugeot 5008
Mesin Peugeot 5008. (Foto: Carmudi/Rizen)

Komparasi Harga VW Tiguan Allspace dan Peugeot 5008

Soal harga, Peugeot 5008 yang sudah diperkenalkan lebih dulu punya harga resmi Rp820 juta (OTR Jakarta). Sedangkan harga VW Tiguan Allspace belum ada tanda-tanda berada di kisaran berapa. Hanya saja, dari berbagai sumber yang dihimpun, kabarnya VW Tiguan Allspace akan dibanderol Rp680 – Rp750 jutaan.

Previous post
Harga Honda SH150i Naik Rp2 Juta, Apa Saja yang Berubah?
Peugeot 5008
Next post
Mencicipi Traksi Pasir Peugeot 5008, Sempat Alami Insiden Mengagetkan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *