Komunitas

Komunitas Velozity Dapat Kesempatan Uji Coba Bayar Tol Tanpa Berhenti

Jakarta – Komunitas mobil Toyota Avanza-Veloz yang tergabung dalam Veloz Community (Velozity) mendapat kesempatan melakukan uji coba bayar tol tanpa berhenti.

Bertempat di kantor pusat PT Jasa Marga, di Jakarta Timur sebanyak 70 kendaraan dari 70 member komunitas Velozity dari berbagai chapter menghadiri Kopdar Instan yang digawangi oleh Velozity chapter Bogor.

Pada kesempatan tersebut, sejumlah member mendapatkan stiker RFID (Radio Frequency Identification) FLO untuk ditempelkan di lampu utama sebelah kanan.

Komunitas Velozity Bayar Tol

Member Komunitas Velozity memasang stiker RFID FLO untuk uji coba bayar tol tanpa berhenti (Foto: Dok Velozity)

Stiker RFID FLO merupakan inovasi yang saat ini tengah dikembangkan oleh PT Jasamarga Tollroad Operator selaku anak perusahaan Jasa Marga. Pengunaan stiker tersebut memudahkan pengendara mobil saat melakukan transaksi di pintu tol tanpa membuka kaca dan berhentikan mobil.

“FLO bisa dikategorikan sebagai salah satu bentuk dan support dari PT Jasa Marga untuk memutus mata rantai Covid-19, karenakan tidak menyentuh Gardu Tol saat tapping. Ini juga bisa memberikan kemudahan dalam bertransaksi,” ujar Putri Kamaril, Bussiness & Marketing Let It Flo PT Jasa Marga.

Ajakan Jasa Marga untuk ikut serta melakukan uji coba bayar tol tanpa berhenti, disambut antusias oleh semua member yang hadir. salah satunya Vina Sasta selaku ketua Velozity chapter Bogor.

“Ternyata dengan FLO ini menjadi solusi untuk kendala yang saya atau mungkin banyak orang alami selama ini,” kata Vina.

Komunitas Velozity Bayar Tol

Pemasangan Stiker RFID FLO di mobil salah satu komunitas Velozity untuk uji coba bayar tol (Foto: Dok Velozity)

Masih Tahap Uji Coba

Belum lama ini beredar video yang memperlihatkan mobil melaju kencang saat melewati gerbang tol. Anehnya palang pintu tol terbuka otomatis begitu mobil mendekat.

Terkait video tersebut, Dwimawan Heru selaku Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga buka suara. Dirinya menyebutkan setidaknya ada dua video yang viral baru-baru ini. Satu video menggambarkan kejadian di wilayah Jasa Marga.

Dwimawan mengakui bahwa kejadian yang ada di dalam video merupakan bagian dari uji coba Let it Flo, sebuah aplikasi solusi transaksi tanpa sentuh Single Lane Free Flow (SLFF), berbasis teknologi RFID.

Aplikasi tersebut saat ini sedang dikembangkan oleh PT Jasamarga Tollroad Operator selaku anak perusahaan Jasa Marga.

Komunitas Velozity Bayar Tol

Stiker RFID FLO (Foto: Dok Velozity)

“Kami memahami antusiasme masyarakat dalam penerapan teknologi digital di jalan tol, sehingga kedua video tersebut menjadi viral. Membaca kebutuhan pelanggan dalam rangka peningkatan pelayanan transaksi, kami telah mengembangkan uji coba berbagai teknologi di jalan tol,” ungkap Dwimawan.

Uji coba bayar tol tanpa berhenti masih terus berjalan, bahkan Jasa Marga menggandeng sejumlah pihak untuk mencobanya secara langsung.

“Di antaranya ada beberapa BUMN dan komunitas otomotif yang kami ajak menguji keandalan sistem dan mendapatkan berbagai masukan dari mereka, dalam rangka pengembangan sistem transaksi,” tutur dia.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *