Home » Komunitas » Komunitas Toyota Avanza Veloz Peduli Satwa dan Zoo Keeper

Komunitas Toyota Avanza Veloz Peduli Satwa dan Zoo Keeper

Veloz Community (Velozity) mengadakan bakti sosial peduli satwa ke kebun binatang (Foto: Dok Veloz Community)

Jakarta – Tak lama setelah pandemi virus corona (Covid-19), sejumlah tempat rekreasi keluarga seperti kebun binatang ditutup. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi kerumunan orang yang bisa menyebabkan penularan penyakit virus corona. Sampai sekarang kebun binatang pun masih tutup. Kekhawatiran akan satwa yang berada di sana kelaparan pun muncul karena pengelola tidak mendapatkan pemasukan seperti sebelum pandemi.

Mengatisipasi terjadinya hal tersebut, para pecinta sekaligus pengguna mobil Toyota Avanza Veloz yang tergabung dalam komunitas Velozity (Veloz Community) berinisiatif mengadakan bakti sosial (baksos) ke kebun binatang. Mengusung tagline “Velozity Peduli Satwa dan Zoo Keeper”, baksos kali ini bertujuan untuk memastikan kondisi satwa di kebun binatang dalam keadaan baik-baik saja. Harapan lainnya juga bisa memberikan semangat kepada petugas pemeliharaan satwa kebun binatang.

Berdasarkan hasil diskusi antara ketua dengan anggota Velozity, maka ditetapkan 11 kebun binatang yang menjadi sasaran penyerahan donasi. Adapun ke-11 kebun binatang tersebut yaitu Taman Burung TMII, Jakarta; Penangkaran Buaya, Cikarang, Bekasi; Taman Safari Bogor; Bandung Zoological Garden (BaZoGa); Taman Safari Batang; Taman Satwa Taru Jurug, Solo; Taman Ndayu, Sragen; Taman wisata Lembah Hijau, Lampung; Taman Rimbo Jambi; Taman Buaya Asam Kumbang, Medan; dan Kebun Binatang Mata Kucing, Sekupang, Batam.

Donasi yang diberikan untuk satwa berupa pakan dan vitamin. Selain itu diserahkan juga Alat Pelindung Diri (APD) dan sembako kepada petugas pemeliharaan hewan kebun binatang.

Velozity bakti sosial di Taman Burung TMII, Jakarta (Foto: Dok Veloz Community)

Bambang Bangun Wibowo selaku Ketua Umum Velozity dalam keterangan resminya mengatakan sejumlah titik lokasi dan bantuan pakan hewan satwa yang diberikan sudah tepat sasaran. Sebelumnya beberapa orang perwakilan Velozity dari berbagai chapter telah melakukan survei terlebih dahulu ke sejumlah lokasi yang telah ditentukan dan disepakati.

“Kami sudah melakukan survei dan berkomunikasi dengan Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) menanyakan apa saja keperluan yang dibutuhkan dan memberikan bantuan sesuai yang dibutuhkan dengan mempertimbangkan kekuatan dana yang ada”, ujar Bambang.

Open Donasi

Jauh hari sebelum kegiatan berlangsung serempak pada akhir pekan lalu, komunitas Veloz terlebih dahulu menggalang donasi selama lima hari. Hasilnya ditambah dengan dana dari uang kas pusat Velozity.

Velozity berharap bantuan pakan satwa, vitamin, APD, serta sembako bisa mengurangi beban operasional manajemen kebun binatang dan memberikan kebahagiaan untuk para satwa dan zoo keeper.

Kegiatan ini pun terlaksana berkat dukungan Auto2000 dan PT Toyota Astra Motor (TAM) serta para pengurus Toyota Owner Club (TOC).

Penyerahan donasi bakti sosial untuk satwa ke kebun binatang oleh Velozity. (Foto: Dok Veloz Community)

Velozity adalah komunitas resmi pengguna khusus Toyota Avanza Veloz yang menjadi bagian dari TOC. Komunitas ini pun berada di bawah naungan PT TAM. Saat ini anggota yang terdaftar resmi sudah mencapai 2 ribuan anggota ber-ID dan 11 ribuan anggota di Group Facebook. Semua anggota tersebar di 24 chapter nasional.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Penjualan Suzuki APV Difokuskan untuk Tim Medis Covid-19

Pabrik Toyota di Thailand. (Foto: wardsauto)
Previous post
Pabrik Mobil Toyota Hilux dan CH-R Beroperasi Kembali
Lokasi sim keliling di Jakarta
Next post
Sempat Ditangguhkan, Pelayanan SIM, STNK, dan BPKB Resmi Dibuka