Konsumen Protes Tulis Kalimat “Toyota Saya Menyebalkan”
Penulis: Santo Evren Sirait
Jakarta – Seperti kita ketahui kemunculan Toyota all new Fortuner di awal 2016 mendapat sambutan yang positif dari konsumen. Namun sayangnya mobil jenis sport utility vehicle (SUV) yang diluncurkan Toyota Astra Motor (TAM) sedikit tercoreng setelah 10 bulan peluncurannya.
Pasalnya ada beberapa orang pemilik mobil yang mengeluhkan kerasnya tuas transmisi ketika ingin dipindahkan dari posisi P ke R. Tidak cuma di Indonesia saja, konsumen di Filipina juga mengeluhkan hal yang sama.
Beruntung saat itu TAM langsung turun tangan mendengarkan keluhan dari palanggannya. Bahkan pihak Toyota Jepang juga sudah mengetahui hal tersebut. Meski sudah mengetahui produk racikan Karawang, Jawa Barat itu memiliki masalah, Toyota tidak melakukan penarikan atau recall.
Tak butuh waktu lama, masalah transmisi keras pada Toyota all new Fortuner dianggap sudah selesai. Namun, selang satu tahun setelah masalah transmisi, All New Fortuner kembali dikeluhkan oleh penggunannya. Kali ini dengan masalah yang berbeda yaitu pada sistem pengereman.
Baru-baru ini pemilik All New Fortuner tipe VRZ yang tidak diketahui namanya itu mengungkapkan kekecewaan dan keluhan dengan cara yang cukup ekstrem. Berbeda dengan masalah yang dihadapi oleh pelanggan lain sebelumnya.
Entah mau cari sensasi atau memang sudah kesal karena ketidakjelasan nasib dari mobilnya, maka si pemilik mobil meluapkannya dengan caranya. Pada bagian belakang, pemilik mobil berkelir silver metalik itu menuliskan kalimat keluhan dengan menggunakan stiker.
Dalam bahasa Inggris pemilik mobil menuliskan “My Toyota Sucks” (Toyota saya menyebalkan), “Brakes Problem (masalah rem), selain itu dituliskannya juga no solution (tidak ada solusi), dan no response (tidak ada tanggapan) from (dari) TAM.
Karena mobil ini di pakai si “empunya” di jalanan umum otomatis mengundang perhatian pengguna jalan. Tulisan yang berada di belakang mobil tersebut mendadak viral di media sosial.
Toyota Prihatin Terhadap Pemilik Kendaraan
Toyota rupanya sudah mengetahui foto All New Fortuner yang beredar di media sosial itu. Pihak Toyota merasa prihatin terhadap masalah yang dihadapi olehsalah satu konsumennya yang menggunakan Fortuner.
“Saya kebetulan sudah dapat info-nya dari beberapa sumber.
Tentunya, kami prihatin terhadap situasi yang terjadi pada kendaraan tersebut, apalagi penggunanya sampai mengekspresikan kekecewaannya,. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kekurangnyamanan tersebut,” ujar Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM dalam keterangannya melalui pesan.
Mengenai masalah pada rem yang dikeluhkan pemilik mobil, pria yang akrab disapa Soerjo itu mengaku bahwa pihaknya saat ini tengah mencari tahu. Terkait keluhan sekaligus indentitas kendaraan melalui dealer.
“Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan diler kami untuk mendapatkan detail kendaraan dan pemiliknya. Serta mengenai permasalahannya sehingga dapat melakukan quick action untuk mengatasi ketidaknyamanan pelanggan saat mengendarai kendaraan tersebut,” pungkas Soerjo.