Mobil

Berbekal Mesin dan CVT Baru, Segini Konsumsi BBM All New Honda BR-V

Solo — Setelah menjadi saksi seremoni penyerahan perdana All New Honda BR-V kepada konsumen beberapa hari lalu, awak media pun kemudian berkesempatan merasakan impresi berkendara, terutama mengetahui kisaran konsumsi BBM low SUV ini.

Test drive All New Honda BR-V

(Foto: HPM)

Tak tanggung-tanggung, uji berkendara pun terangkum dalam acara Media Test Drive All New Honda BR-V selama dua hari, Selasa-Rabu (12-13/1/2022).

Test drive pun dimulai dari Dreams Cafe – Senayan Park, Jakarta menuju Honda Service Solo Baru dengan total jarak tempuh 535 km dalam 8 jam perjalanan.

Dapat dikatakan, test drive All New BR-V ini menjadi simulasi mudik hari raya nantinya.

Beberapa aspek menjadi perhatian, salah satunya yang paling menjadi sorotan adalah konsumsi BBM-nya.

Dengan rata-rata kecepatan 65 km/jam (kombinasi dalam kota dan luar kota/tol) di akhir destinasi, MID menunjukkan rata-rata konsumsi BBM All New Honda BR-V berada di angka 17,2 km/liter.

Sebagai gambaran, mobil pun ditumpangi oleh tiga orang jurnalis dan beberapa barang bawaan kami.

Hasil rata-rata konsumsi BBM All New Honda BR-V ini cukup menggembirakan mengingat tenaga mesinnya adalah yang terbesar di antara pesaing terdekatnya; All New Toyota Veloz dan Mitsubishi Xpander Cross.

Di atas kertas, All New Honda BR-V menggendong mesin 1.500 cc empat silinder i-VTEC DOHC dengan hasilan tenaga 119 hp pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

Test drive All New Honda BR-V

(Foto: HPM)

Perbandingan Spesifikasi Mesin Honda BR-V dan Kompetitor

All New Honda BR-VMitsubishi Xpander Cross
All New Toyota Veloz
Jenis Mesin1.500 cc DOHC i-VTEC1.500 cc DOHC MIVEC
1.500 cc DOHC, Dual VVT-i
Tenaga Maksimum119,3 hp @ 6.600 rpm103,5 hp @ 6.000 rpm
104 hp @ 6.600 rpm
Torsi Maksimum145 Nm @ 4.300 rpm141 Nm @ 4.000 rpm
137 Nm @ 4.200 rpm
Sistem PenggerakFront Wheel Drive (FWD)Front Wheel Drive (FWD)
Front Wheel Drive
TransmisiCVT / MT 6-percepatanCVT / MT 5-percepatan
CVT / MT 5-percepatan

Peran Besar CVT

Seperti diketahui bersama, sistem transmisi CVT All New Honda BR-V juga mendapat pengembangan dan disebut-sebut membantu konsumsi BBM jadi lebih irit.

Menurut paparan Mr. Yoshihiko Eguchi, Product Planning & Development Senior Manager R&D Honda Asia Pasific, transmisi CVT pada generasi terbaru BR-V ini kini lebih minim friksi.

“Kami telah melakukan pengembangan pada CVT yang lebih sedikit friksi (gesekan) sehingga membantu tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar All New Honda BR-V” katanya saat sesi jumpa pers secara virtual.

Transmisi CVT Honda BR-V (Foto: Carmudi)

Pengurangan gesekan ini sendiri terjadi berkat dukungan poros sekunder, yang mana diubah dari rol tirus menjadi bantalan bola.

Ubahan ini nyatanya memang sangat terasa pada sesi test drive yang mayoritas melaju di jalan tol lurus.

Pada kecepatan rendah ke medium, putaran mesin yang disalurkan transmisi sangat terasa konstan dalam mempertahankan kecepatan. Hingga saat menuju kecepatan tinggi, di atas 90 km/jam, perpindahan transmisi demi menunjang akselerasi yang lebih cepat berubah secara halus dengan diiringi raungan mesin bernuansa sport.

Hasillnya, All New Honda BR-V pun kami nilai benar-benar punya karakter fun to drive yang kuat di kelasnya.

Simak juga video review All New Honda BR-V berikut ini:

Penulis: Dimas Hadi

Dimas Hadi

Menjadi jurnalis dan merangkap sebagai penulis konten otomotif di Carmudi sejak 2016. Masih terobsesi Toyota Starlet meski lebih sering mengemudikan Suzuki Ertiga karena cinta keluarga. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *