Berbekal Mesin dan CVT Baru, Segini Konsumsi BBM All New Honda BR-V

Solo — Setelah menjadi saksi seremoni penyerahan perdana All New Honda BR-V kepada konsumen beberapa hari lalu, awak media pun kemudian berkesempatan merasakan impresi berkendara, terutama mengetahui kisaran konsumsi BBM low SUV ini.
Tak tanggung-tanggung, uji berkendara pun terangkum dalam acara Media Test Drive All New Honda BR-V selama dua hari, Selasa-Rabu (12-13/1/2022).
Test drive pun dimulai dari Dreams Cafe – Senayan Park, Jakarta menuju Honda Service Solo Baru dengan total jarak tempuh 535 km dalam 8 jam perjalanan.
Dapat dikatakan, test drive All New BR-V ini menjadi simulasi mudik hari raya nantinya.
Beberapa aspek menjadi perhatian, salah satunya yang paling menjadi sorotan adalah konsumsi BBM-nya.
Dengan rata-rata kecepatan 65 km/jam (kombinasi dalam kota dan luar kota/tol) di akhir destinasi, MID menunjukkan rata-rata konsumsi BBM All New Honda BR-V berada di angka 17,2 km/liter.
Sebagai gambaran, mobil pun ditumpangi oleh tiga orang jurnalis dan beberapa barang bawaan kami.
Hasil rata-rata konsumsi BBM All New Honda BR-V ini cukup menggembirakan mengingat tenaga mesinnya adalah yang terbesar di antara pesaing terdekatnya; All New Toyota Veloz dan Mitsubishi Xpander Cross.
Di atas kertas, All New Honda BR-V menggendong mesin 1.500 cc empat silinder i-VTEC DOHC dengan hasilan tenaga 119 hp pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.
Perbandingan Spesifikasi Mesin Honda BR-V dan Kompetitor
All New Honda BR-V | Mitsubishi Xpander Cross |
All New Toyota Veloz
|
|
Jenis Mesin | 1.500 cc DOHC i-VTEC | 1.500 cc DOHC MIVEC |
1.500 cc DOHC, Dual VVT-i
|
Tenaga Maksimum | 119,3 hp @ 6.600 rpm | 103,5 hp @ 6.000 rpm |
104 hp @ 6.600 rpm
|
Torsi Maksimum | 145 Nm @ 4.300 rpm | 141 Nm @ 4.000 rpm |
137 Nm @ 4.200 rpm
|
Sistem Penggerak | Front Wheel Drive (FWD) | Front Wheel Drive (FWD) |
Front Wheel Drive
|
Transmisi | CVT / MT 6-percepatan | CVT / MT 5-percepatan |
CVT / MT 5-percepatan
|
Peran Besar CVT
Seperti diketahui bersama, sistem transmisi CVT All New Honda BR-V juga mendapat pengembangan dan disebut-sebut membantu konsumsi BBM jadi lebih irit.
Menurut paparan Mr. Yoshihiko Eguchi, Product Planning & Development Senior Manager R&D Honda Asia Pasific, transmisi CVT pada generasi terbaru BR-V ini kini lebih minim friksi.
“Kami telah melakukan pengembangan pada CVT yang lebih sedikit friksi (gesekan) sehingga membantu tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar All New Honda BR-V” katanya saat sesi jumpa pers secara virtual.
Pengurangan gesekan ini sendiri terjadi berkat dukungan poros sekunder, yang mana diubah dari rol tirus menjadi bantalan bola.
Ubahan ini nyatanya memang sangat terasa pada sesi test drive yang mayoritas melaju di jalan tol lurus.
Pada kecepatan rendah ke medium, putaran mesin yang disalurkan transmisi sangat terasa konstan dalam mempertahankan kecepatan. Hingga saat menuju kecepatan tinggi, di atas 90 km/jam, perpindahan transmisi demi menunjang akselerasi yang lebih cepat berubah secara halus dengan diiringi raungan mesin bernuansa sport.
Hasillnya, All New Honda BR-V pun kami nilai benar-benar punya karakter fun to drive yang kuat di kelasnya.
Simak juga video review All New Honda BR-V berikut ini:
Penulis: Dimas Hadi