Mobil

Konsumsi BBM Daihatsu GranMax 1.5 Lebih Irit Pakai Mesin Baru

Jakarta — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan Daihatsu GranMax 1.5 yang kini menggunakan mesin 2NR-VE. Selain tenaganya bertambah, perubahan itu disebut berkontribusi terhadap konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) GranMax menjadi lebih hemat.

Konsumsi BBM Daihatsu GranMax

Selain tenaganya bertambah, perubahan mesin berkontribusi terhadap konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) GranMax menjadi lebih hemat. (Foto: Carmudi)

Informasi tersebut disampaikan oleh Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM di sela-sela acara peluncuran, Selasa (30/8/2022) di Jakarta.

Menurutnya, konsumsi BBM GranMax 1.5 bermesin 2NR-VE lebih hemat 5 persen dibandingkan model sebelumnya yang masih menggunakan mesin 3SZ.

“Dibandingkan mesin sebelumnya, 3SZ, mesin 2NR ini lebih hemat 5 persen,” katanya.

Angka tersebut didapat dari pengujian internal yang telah dilakukan oleh PT ADM terhadap model anyar ini.

Sebelumnya Bambang menjelaskan bahwa konsumsi BBM merupakan faktor yang sangat diperhitungkan oleh konsumen mobil ini. Di samping faktor performa utamanya terkait kekuatan kendaraan “menggendong” beban yang dibawa.

Untuk hal itu, PT ADM juga telah melakukan uji “nanjak” di fasilitas perusahaan dengan hasil dinilai memuaskan.

Sebagai informasi, mesin 2NR-VE bukanlah barang baru di lini produk Daihatsu. Mesin yang sama juga menjadi sumber tenaga Xenia, Terios, dan kembaran-kembarannya di Toyota.

Mesin Daihatsu GranMax 1.5 2NR-VE

Mesin 2NR-VE bukanlah barang baru di lini produk Daihatsu. Mesin yang sama juga menjadi sumber tenaga Xenia, Terios, dan kembaran-kembarannya di Toyota. (Foto: Carmudi)

Dalam keterangan resminya, Daihatsu menjelaskan mesin 2NR-VE yang digunakan GranMax 1.5 terbaru memiliki tenaga puncak 97 hp dan torsi tertinggi 134 Nm.

Konsumsi BBM Hemat dan Ramah Lingkungan

Penggunaan mesin baru bukan hanya membuat mobil niaga andalan Daihatsu ini memiliki konsumsi BBM lebih hemat, tapi juga ramah lingkungan dengan emisi yang lebih rendah.

“Hemat BBM tentu juga secara emisi dia (mesin 2NR-VE) akan jauh berkurang. Sama-sama Euro 4 (dengan mesin sebelumnya) seusai regulasi dari pemerintah kita. Namun, CO2 jauh lebih berkurang, separuh dari mesin sebelumnya,” sambung Bambang.

Terkait harga, pembaruan yang didapat GranMax 1.5 dibarengi dengan kenaikan banderolnya sekitar Rp2,5 juta.

Daihatsu Granmax 1.5 dilepas ke pasar dengan harga antara Rp150,5 juta – Rp213,8 juta on the road DKI Jakarta.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts